Kegunaan Survey Theodolite

Diposting oleh karpetitem on May 7, 2009


Ada beragam metode untuk menentukan arah kiblat. Guna mencari arah kiblat, diperlukan perhitungan alat survey dari penjual alat survey yang cermat dan sedetil mungkin, sehingga diperlukan data survey theodolite dari toko alat survey yang valid untuk dijadikan bahan hitungan. Beberapa data survey theodolite dari penjual alat survey yang diperlukan itu antara lain; arah utara selatan dan timur barat.

Untuk menentukan titik utara selatan terdapat beberapa cara, yaitu dengan menggunakan alat theodolite dari toko alat survey, alat survey tongkatistiwa (sundilan), teropong, kompas. Di antara cara-cara tersebut di atas, yang paling mudah, murah, dan memperoleh hasil yang teliti adalah dengan mempergunakan tongkat istiwa atau alat theodolite.

Caranya, tancapkan sebuat tongkat lurus atau theodolite pada sebuah pelataran datar yang berwarna putih cerah. Panjang tongkat theodolite sekitar 30 cm dan berdiameter satu cm. Ukurlah dengan lot dan waterpass sehingga pelataran betul-betul datar dan tongkat betul-betul tegak lurus terhadap pelataran. Lalu, lukislah sebuah lingkaran berjari-jari sekitar 20 cm yang berpusat pada pangkal tongkat tadi.

Kemudian, amati dengan teliti bayang-bayang tongkat beberapa jam sebelum tengah hari sampai sesudahnya. Semula, tongkat akan mempunyai bayang-bayang panjang menunjuk ke arah Barat. Semakin siang, bayang-bayang semakin pendek, lalu berubah arah sejak tengah hari. Kemudian semakin lama bayang-bayang akan semakin panjang lagi menunjuk ke arahTimur. Dalam perjalanan seperti itu, ujung bayang-bayang tongkat akan menyentuh lingkaran sebanyak dua kali pada dua tempat, yaitu sebelum tengah hari dan sesudahnya.

Selanjutnya kedua sentuhan itu kita beri tanda dan hubungkan antara keduanya dengan garis lurus. Garis ini merupakan arah Barat-Timur secara tepat. Lalu lukislah garis tegak lurus pada garis Barat-Timur tersebut, maka akan memperoleh garis Utara-Selatan yang persis menunjuk titik Utara sejati.

http://www.bakosurtanal.go.id/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Alat Survey ~ Jual Alat Survey ~ Toko Alat Survey ~ Survey Theodolite ~ Alat Theodolite ~ Theodolite dan Alat Survey:Jual Alat Survey & Toko Alat Survey Theodolite Bandung Jawa Barat di 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }