Fungsi Ganda Sofa

Diposting oleh Wikey on May 26, 2009


Nyatanya, saking empuk dan nyamannya, sofa malah jadi berfungsi "ganda". Sofa sebagai tempat duduk sekaligus juga tempat tidur. Dan, meskipun kuantitas tidur di sofa tidak sebanyak di kasur, sofa juga kerap dijadikan sebagai "kasur" kedua.

Ya, Sofa Modern adalah tempat tidur "lain" dengan suasana yang juga lain. Saat mata sulit terpejam di tempat tidur, sofa kerap menjadi pelarian. Ketika pikiran penat dan kurang enak badan, sofa pun menjadi tempat pertama dituju untuk melepaskan semuanya. Saking nyamannya, duduk sebentar, lelaplah mata kemudian.

Tetapi, apakah semua sofa bisa begitu, mengeluarkan segenap "kemampuannya" untuk benar-benar menjadi tempat duduk penuh relaksasi? Simak tips berikut saat Anda akan memilih dan membeli sofa:

Bentuk & Postur Tubuh
Pengertian nyaman dan rileks pertama kali didapatkan dari sini, yaitu sesuainya bentuk Sofa dengan bentuk dan postur tubuh. Untuk membuktikan, misalnya, kaki tidak menggantung ketika duduk.

Selain itu, dudukan sofa pun begitu leluasa dan memberikan rasa bebas ketika ditempel oleh lutut hingga bagian pinggul. Sementara itu, konstruksi sandaran bagian atas juga mampu leluasa dibebani oleh pinggul, serta kepala yang menempel tepat di sandaran sofa.

Struktur
Struktur sofa harus tepat, yang biasanya terdiri dari pegas, busa, dan cushion. Dalam susunan konstruksi sofa, sistem pegas merupakan struktur paling dasar. Bagian dasar ini kemudian dilapisi dengan dakron atau busa. Sementara itu, lapisan paling terakhir membalut Sofa berupa kulit atau kain pelapis. Lihat Sofa Company

Sistem pegas berfungsi membuat sisi dudukan sofa tidak berguncang atau stabil ketika dudukan di sebelahnya tengah dibebani. Beberapa pabrikan sofa terkenal memberi pegas yang bisa ditarik luwes ke delapan sudut.

Lain halnya dengan cushion. Bagian inilah yang membuat sofa terasa empuk. Konstruksinya bervariasi, mulai dari cushion yang diisi dengan busa, dakron, atau bulu angsa. Tetapi, seperti halnya pada struktur dasar sofa, cushion pun ada yang memiliki sistem pegas dan inilah yang menjadikan kursi semakin empuk serta nyaman.

Konstruksi
Namun bisa dikatakan, sinergi antara pegas, busa dan cushion tadi tidak akan berjalan tanpa didukung konstruksi yang kokoh. Beberapa merek sofa terkenal dibuat dengan konstruksi konstruksi kayu yang solid tetapi mudah diolah menjadi aneka model. Lihat Sofa Company

Selain itu, sistem sambungan juga bisa didesain sekuat mungkin. Umumnya saat ini, konstruksi sambungan kayu dibuat saling mengait dan kemudian diperkuat lagi menggunakan lem.

Pelapis
Pelapis kain atau kulit, masing-masing bahan material pelapis tersebut punya kelebihan dan kekurangan. Kain misalnya, cenderung lebih tahan banting menghadapi perubahan suhu yang ekstrim sekalipun. Hanya saja, lebar pori-pori kain sangat mudah menyerap dan menyimpan noda kotor atau debu. Lihat Service Sofa

Sebaliknya, pelapis kulit agak rentan menghadapi perubahan suhu. Permukaannya mudah retak jika diterpa perubahan suhu ekstrem. Kendati demikian, kulit terkesan menampilkan sisi kemewahan dan keanggunan, apalagi jika pelapis Sofa Modern terbuat dari kulit asli (Service Sofa). Dan sebagai bagian yang bersentuhan langsung dengan pengguna, kualitas dan keawetan pelapis kulit bisa dilihat dengan jelas hanya dari hasil proses finishing-nya.

Sumber: properti.kompas.com

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Service Sofa ~ Sofa Modern ~ Sofa Company ~ Sofa dan Service Sofa : Service Sofa Modern – Service Sofa Company Jakarta di 88db.com



Pertanyaan & Pendapat
Ada pertanyaan dan pendapat, tambahkan disini!
Tanya & Balas

- Maksimal 5,000 karakter ( rata-rata 850 kata)
- Mohon untuk tidak mengirimkan spam atau pesan-pesan yang berupa kecurangan, penyerangan maupun bersifat pelecehan.

{ 0 komentar ... read them below or add one }