Diet Dan Suplemen Kesehatan

Diposting oleh karpetitem on May 1, 2009


Bila diet harian tidak mencukupi kebutuhan gizi kita, di saat stress fisik atau lingkungan meningkat (musim pancaroba), atau kondisi tubuh memerlukan vitamin / mineral lebih banyak seperti pada wanita hamil, menyusui, dan fase pemulihan, acapkali makanan suplemen dibutuhkan. Memilih suplemen kesehatan yang tepat dan mengkonsumsi obat suplemen sesuai kebutuhan menjadi syarat mutlak agar kita mendapat manfaat maksimal dan terhindar dari efek samping kelebihan makanan suplemen.
1. Perhatikan komposisi kandungan zat dari suplemen makanan kesehatan. Sebaiknya anda telah memiliki informasi yang cukup mengenai jenis suplemen nutrisi makanan yang anda butuhkan. Konsultasi dengan dokter, serta hasil pemeriksaan laboratorium kadang diperlukan dalam pemilihan suplemen makanan kesehatan yang tepatguna.

2. Perhatikan label dari Dep.Kes dan tanggal kadaluwarsa (expired date). Hal ini perlu agar
suplemen kesehatan yang kita pilih memenuhi standard kesehatan dari Depkes RI, terjamin kesegaran dan kualitas produk nutrisi makanan.

3. Simpanlah produk obat suplemen di tempat yang sejuk dan kering, tidak terpapar langsung dengan sinar matahari, dan tidak lembab. Jauhkan dari jangkauan anak-anak, terutama suplemen yang mengandung zat besi karena overdosis zat besi dapat mengakibatkan kematian pada anak-anak.
4. Tidak semua suplemen berkualitas baik dan bermanfaat bagi tubuh kita. Perhatikan efek pada tubuh pada saat dan setelah mengkonsumsi suplemen. Hasil pengamatan ini dapat menjadi acuan suplemen mana yang paling sesuai untuk kita.

5. Bagi ibu hamil, menyusui, penderita penyakit diabetes (kencing manis), hipertensi (tekanan darah tinggi), atau jantung sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi suplemen tertentu. Suplemen yang tidak tepat dapat berinteraksi ataupun mengganggu penyerapan obat-obat lain yang sedang dikonsumsi.

http://antin-kurniawan.com/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di
Makanan Suplemen - Makanan Kesehatan - Suplemen Kesehatan - Nutrisi Makanan - Obat Suplemen dan
Makanan Suplemen-Suplemen Kesehatan: Nutrisi Makanan-Obat Suplemen di 88db.com

{ 1 komentar ... read them below or add one }

obat diabetes said...

bagi penderita diabetas,konsultasikan ke dokter mengenai diet sehat karena penderita kencing manis perlu penanganan khusus