Cara Mengirim Barang Melalui Jasa Pengiriman

Diposting oleh malamjumat on May 11, 2009


Bagi anda yang mempunyai suatu usaha dan sering melakukan Pengiriman Barang ke luar daerah, sebetulnya saat ini tidak perlu repot-repot lagi dalam mengatur pengiriman barang tersebut karena saat ini sudah banyak sekali perusahaan jasa pengiriman barang logistic service yang baik dan mempunyai service yang bagus, baik dari segi kecepatan pengiriman maupun keamanan barang tersebut.

Pertimbangan yang umum dalam pengiriman suatu barang seperti
cargo logistic, freight logistic, dsb ke tepat lain adalah Harga, Kecepatan maupun Keamanan dari barang tersebut, disamping itu juga tentunya pelayanan dari perusahaan ekspedisi.

Pertimbangan dalam proses pengiriman barang:

Packing

Jenis packing maupun kekuatan packing sangat mempengaruhi apakah barang anda bisa selamat tiba tanpa kerusakan yang berarti.

Dalam proses packing ini perlu dilihat beberapa hal: Jenis barang (pecah belah, cairan, makanan, dan sebagainya) Beberapa ekspedisi
logistic service tidak mau mengangkut barang pecah belah jika packing yang kita buat tidak kuat. Untuk pecah belah biasanya dilakukan packing tambahan berupa packing kayu. Tentu hal ini akan berpengaruh terhadap harga packingnya. Perlu di-ingat dalam proses pengiriman barang cargo logistic, freight logistic, dll akan banyak dilakukan proses handling, mulai dari barang di ambil di tempat anda, di gudang ekspedisi, pada saat dimuat di kendaraan (truk) atau pada saat proses pemuatan di pesawat maupun setelah barang tiba di tujuan. Semakin banyak handling yang dilakukan maka semakin besar juga resiko kerusakan barang. Jadi jenis packing akan mempengaruhi barang tersebut rusak atau tidak

Pengiriman Melalui Udara

Jika anda mengirim barang melalui udara, sebaiknya tanyakan dulu ke perusahaan ekspedisi
logistic company tersebut seberapa besar / berat yang diperbolehkan. Karena untuk tujuan-tujuan tertentu kita tidak boleh mengirim berat barang lebih dari jumlah yang ditentukan. Misal hanya dibatasi per koli cuma 150 kg saja. Lebih dari 150 kg harus dibagi menjadi 2 koli. Hal ini dikarenakan memang aturan dari operator pesawat. Begitu juga dengan dimensi/ukuran barang.

Pengiriman Melalui Darat

Bisa menggunakan truk atau bis dan juga saat ini ada yang menyediakan “Wagon Bus” dimana bentuknya seprti Bis tetapi hanya untuk angkut barang saja. Carilah perusahaan ekspedisi
logistic company yang mempunyai jasa pengiriman yang sudah terjadwal setiap hari-nya. Memang cukup sulit mengetahui apakah suatu perusahaan ekspedisi itu mempunyai jadwal yang tetap atau tidak. Banyak juga perusahaan ekspedisi logistic service company yang menunggu memberangkatkan barang sampai mereka mendapatkan muatan penuh baru berangkat. Jadi tidak heran jika ekspedisi A bisa kirim 2 hari untuk JKT-Yogya sementara ekspedisi B bisa satu minggu.

Jika muatan anda banyak dan harus dimuat dalam 1 truk, maka sebaiknya anda charter saja truk tersebut. Ini lebih aman karena barang tidak naik dan turun antara tempat anda, gudang ekspedisi dan tempat tujuan.
Pengiriman Laut

Jika muatan anda banyak (misal 20 - 25 M3) sebaiknya anda booking saja 1 container 20 feet. Atau booking 1 truk dimana nantinya truk tersebut akan naik keatas kapal. Jika barang anda sedikit memang mau tidak mau barang anda harus digabung dengan barang-barang lain.

Lain-Lain

Tips-tips ini mungkin bisa bermanfa’at juga bagi anda.

Pakaian, jika anda kirim pakaian atau barang yang relative sensitip terhadap bau, maka packing dengan baik, rapat dan benar. Kedua, minta perusahaan ekspedisi (
freight logistic, cargo logistic service) anda untuk tidak mencampurkan barang anda dengan barang lain yang mungkin berbau menyengat.

www.belajarekspor.com

Temukan informasi lainnya mengenai
Logistic Service | Cargo Logistic | Freight Logistic | Logistic Company | Logistic Service Company | Freight Logistic Service | Cargo Logistic Service hanya di Logistic Service Company : Cargo Logistic Service & Freight Logistic Service pada 88db.com

{ 2 komentar ... read them below or add one }

NCT Cargo said...

info yang bagus bagi siapapun yang ingin mengirim barang...thanks

Anonymous said...

untuk pengiriman melalui Udara juga perlu diperhatikan, karena cargo pesawat ukuran sangat terbatas, jika barang yang akan dikirim dimensinya melebihi pintu pesawat maka kemungkinan besar barang tersebut tdk bisa dikirim via udara.

jasa pindahan rumah