Bisnis Salon untuk Pemula

Diposting oleh Wike Furyandi on May 29, 2009


Membuka usaha atau Tempat Salon butuh perencanaan yang matang. Selain harus memiliki keahlian tentang seluk beluk Rias Make Up dan dunia kecantikan, calon pengusaha juga harus tahu segmen yang dipilihnya. hal ini berpengaruh besar terhadap masalah modal, peralatan yang dibutuhkan dan pelayanan yang diberikan.

1. Salon Panggilan (Individu)

Adalah Tempat Salon yang tidak membutuhkan tempat usaha karena aktivitasnya lebih banyak berada di kediaman pelanggan (Kursus Salon). Hal yang paling dibutuhkan oleh pengusaha salon jenis ini adalah alat transportasi, nomor telepon bisnis (HP), dan sedikit dana.

Hal-hal yang wajib diperhatikan:
- Modal : kurang dari 5 juta
- Alat : alat yang mudah dibawa antara lain : gunting rambut, krim untuk creambath, make up, dan baju sewaan.
- Perawatan : perawatan yang sederhana karena jenis pelayanannya biasanya sangat spesifik, seperti potong rambut, creambath, lulur. Atau jika bentuknya salon tradisional maka biasanya berupa Rias Make Up dan outset (sewa pakaian), misalnya untuk pernikahan (Salon Make Up).

2. Salon Rumahan (Usaha Pemula)

Biasanya sebelum menyewa ruko dipinggir jalan atau kios di mall, seseorang akan memulai usaha Salon Make Up dengan memanfaatkan ruangan di dalam rumahnya. Untuk kelas pemula, layanan yang diberikan biasanya perawatan wajah dan rambut. Lihat Class Make Up dan Make Up Kursus.

Hal-hal yang dibutuhkan untuk memulai usaha salon rumahan:- Modal : Antara Rp. 5- 15 juta dan dapat merekrut 2 orang tukang stylish Rias Salon dan tukang cuci rambut dengan kapasitas 5 pelanggan yang sudah memiliki sertifikat dari tempat Kursus Salon. Namun bila anda mempunyai keahlian, cukup dengan menambah 1 atau 2 asisten saja. Klik Class Make Up dan Make Up Kursus

Alat :
* Untuk perawatan wajah anda perlu Bed Facial, peralatan fasial, steam, baskom, masker, scrub, dan lap.
* untuk perawatan rambut anda perlu Hair dryer, pengering rambut, rak plastik, gunting, sisir, shampo dan kondisioner.
*Untuk perawatan tubuh sediakan bahan luluran
*Untuk perawatan kuku, sediakan peralatan manicure-pedicure dan celemek.

Adapun jenis perawatan yang dapat kita berikan antara lain:

*wajah : fasial, masker dan scrub
*rambut : potong rambut dan creambath
*kuku : manicure, pedicure dan refleksi
*Tubuh : lulur tubuh namun terbatas variasinya, misalnya lulur buah dan cokelat.

Selain melayani perawatan, untuk yang mempunyai keahlian (Class Salon) bisa juga melayani make up dan pewarnaan rambut.

Sumber: riasdapur.blogspot.com

Temukan informasi lainnya mengenai Kursus Salon - Class Salon - Rias Salon - Tempat Salon - Class Make Up - Salon Make Up - Make Up Kursus - Rias Make Up hanya di Rias Salon:Tempat Kursus Salon - Class Salon & Make Up Kursus Kebon Jeruk Jakarta Barat pada 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }