Bagian Melon Yang Perlu DIperhatikan

Diposting oleh karpetitem on May 20, 2009


Berat melon fruit harus terasa sesuai ukurannya, bebas dari memar, retak. Kulit fresh melon harus kering dengan warna yang seragam, dan bentuk buahnya bundar. Gurat-gurat "jaring' pada kulit melon fresh fruit export mesti menonjol di seluruh permukaan kulit.

Bagian 'pantat'
melon export mesti berbau harum dan bisa ditekan dengan tekanan ringan ibu jari tangan. Bagian ini juga mesti berwarna pucat dengan jaring-jaring yang lebih renggang.

Jangan memilih melon
fruit export yang masih ada tangkai buahnya. Tangkai ini akan memisah
sendiri ketika melon fruit sudah masak pohon. Kalau bekas ujung tangkai buah fresh melon kelihatan dipotong paksa, berarti melon export itu sudah dipanen sebelum masak.

Melon
fresh fruit utuh bisa disimpan dalam kulkas selama 10 hari. Bisa juga disimpan dalam suhu kamar 2-3 hari agar lebih lunak. Dari semua keluarga melon fruit export, hanya melon honeydew yang bisa makin masak ketika disimpan. Yang lainnya hanya melunak namun aromanya tidak meningkat.

Jika sudah dipotong, melon
export bisa disimpan 2-3 hari dalam kulkas, dan bisa lebih lama jika dibekukan. Melon yang sudah dipotong dua dan disimpan di kulkas sebaiknya bijinya jangan dibuang dulu. Biji-biji ini mencegah daging melon mengering.

Melon yang matang berbau harum dan tajam, dan aroma ini bisa menyebar ke makanan lain. Melon juga menyerap aroma makanan lain. Melon potongan yang disimpan dalam kulkas mesti dibungkus rapat dengan plastik.

Sebelum memotong melon, cuci melon dalam air hangat bersabun, untuk membuang
kotoran yang ada di permukaan kulit buah, yang bisa terbawa pisau pemotong ke daging buah.

Umumnya melon akan punya citarasa lebih enak jika ditambah perasan buah jeruk lemon dan disajikan pada suhu ruang.

http://www.mail-archive.com/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di
Melon Fruit ~ Fresh Melon ~ Fresh Fruit ~ Melon Export ~ Fruit Export ~ Export dan Melon Fruit : Fresh Melon Fruit – Melon Fruit Export Jawa Timur di 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }