Tas Belanjaan Di Swalayan

Diposting oleh karpetitem on Apr 3, 2009


Tas kertas yang biasa untuk tempat belanjaan di toko-toko swalayan di tanah air, ternyata menjadi komoditi ekspor, terutama memenuhi permintaan konsumen custom paperbag asal Italia dan Jepang.

"Kita sedang menjajaki pasar lain, selain Jepang yang setiap bulannya ribuan dan 500 - 1000 buah design paper bag diterbangkan ke Italia," kata Sukanti, pemilik usaha paper bags custom di Kawasan Kuta, Jumat.

Usaha custom paper bag baru muncul di pulau wisata Bali berkat petunjuk seorang wisatawan, dan ternyata paperbag custom berkembang baik, tutur wanita, yang kini cukup kerepotan untuk memenuhi design paper bags permintaan pasar.

Importir Italia semakin gencar membeli berbagai jenis komoditi design paperbag yang diperlukan masyarakat negeri itu, seperti paperbag design, aneka barang cenderamata berbahan baku kayu, topi kulit, sandal berbahan baku pelepah pisang. Pengusaha kerajinan kecil paper bags design harus mampu melirik pasar Eropa lebih gencar pascaperang AS-Irak, mengingat perekonomian kawasan itu, tetap maju jika dibandingkan Amerika Serikat (AS), ucapnya sambil menyebutkan paper bag design produknya terus melaju ke Eropa.

Menurut dia, pengusaha paperbag custom tetap membina pasar di AS, tetapi harus mampu memperluas dengan sepakterjang lebih gencar ke Eropa yang pertumbuhan ekonominya lebih baik, sehingga ekspor nonmigas Bali custom paper bag ke negeri itu terus meningkat.

Kepala Dinas Perindag Bali, I Ketut Gde Mendra SE, membenarkan importir Italia sejak lama membeli beraneka barang kerajinan paper bags custom dari Bali, bahkan membeli matadagangan jenis aneh-aneh seperti sandal jepit dari lontar, topi kulit dan sebagainya.

Dari 15 negara uni Eropa yang tercatat pembeli barang custom paperbag bernilai seni asal Bali, Negeri Pizza adalah pengimpor terbesar selama ini, yakni mencapai 15,4 juta dolar AS selama Januari-April 2003 dari 54 juta dolar ekspor Bali ke Eropa. Setelah Italia, menyusul Perancis pembeli nomor dua senilai 12,3 juta dolar dan ditempat ketiga adalah Inggris bernilai 5,6 juta dolar AS.

Barang kerajinan paper bag design Bali ke Inggris bisa lebih banyak di masa mendatang, tutur Mendra. Ia mengatakan, ada sejumlah importir dari Kerajaan Inggris datang ke Bali, berniat membeli beragam barang kerajinan design paper bag untuk memenuhi permintaan konsumen di negerinya, dan tahap pertama membeli beberapa jenis design paper bags sebagai contoh.

"Ada empat pengusaha pertokoan design paperbag di Inggris yang khusus menjual berbagai jenis cenderamata paperbag design dari seluruh dunia, juga menyediakan barang kerajinan paper bags design Bali untuk dijual kembali kepada masyarakat internasional yang berkunjung ke sana," ucapnya.

Adanya minat pengusaha Inggris membeli aneka jenis barang kerajinan Bali, maka diharapkan ekspor Bali ke Inggris akan lebih banyak dimasa mendatang, termasuk ke negara-negara Uni Eropa lainnya yang juga gencar membeli barang kerajinan Bali.

Ia yakin, barang kerajinan Bali semakin diminati konsumen Eropa mengingat media massa cetak terutama majalah terbitan Jerman, sering memuat promosi tentang kerajinan Bali yang dibuat secara unik.  Ant/Zis

--sumber:www.republika.co.id--

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Design Paper Bag - Design Paper Bags - Design Paperbag - Paperbag Design - Paper Bags Design - Custom Paperbag - Paper Bag Design - Paper Bags Custom - Custom Paper Bag - Paperbag Custom dan Design Paper Bag & Paper Bags Custom : Design Paperbag & Paperbag Design Yogyakarta di 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }