Sejarah Perkembangan Paintball

Diposting oleh Wikey on Apr 22, 2009


Sejarah tentang perkembangan Paintball Games dimulai dari aktivitas paintball pertama hingga sekarang yang sudah masuk ke Indonesia.

Permainan perang-perangan (
Paintball Gun Game) yang dipopulerkan di Amerika sebenarnya bermula di tahun 1970, dimana James Hale dari Daisy Manufacturing, membuat alat pertama yang melontarkan bola cat (paintball). Pada saat itu, alat ini digunakan untuk menandai (marking) pohon & ternak. Dengan sedikit improvisasi, beberapa orang mulai menggunakan alat ini sebagai sarana main perang-perangan (Paintball Gun Game) sebagai salah satu rekreasi di peternakan.

Permainan antar tim pertama dilakukan di Amerika bulan May 1981 walaupun di beberapa negara bagian di Amerika masih mempertanyakan legalitas marker paintball(
Paintball Gun). Seperti di New Jersey misalnya, baru di tahun 1988 marker paintball (Paintball Gun) dinyatakan bukan senjata api oleh pemerintah setempat setelah diadakan uji coba di lapangan tembak polisi dan disaksikan oleh hakim.

Paintball Game terus berkembang dan mulai banyak lapangan paintball yang dibuka untuk umum. Paintball juga mulai merambat ke Negara-negara Eropa seperti Inggris, Perancis dan Denmark. Untuk membedakan antara Paintball Game dan senjata api, maka secara internasional, disebutlah Paintball Gun sebagai “marker”

Pada tahun 1992 terbentuklah NPPL (National Professional Paintball League) yang menyelenggarakan NPPL Pro-Am Series di Negara-negara bagian Amerika. Alhasil,
Paintball Fun Games mulai dikategorikan sebagai olah raga, bukan sarana rekreasi lagi. Dengan perkembangan paintball yang makin pesat, terbentuklah turnamen-turnamen yang lain seperti Millenium series, X-ball, dll.

Menurut Superstudy® survey, di tahun 2002,
Paintball Fun Games sudah termasuk olah raga terpopuler urutan ke 3. Semakin banyaknya peminat olah raga ini, unsur keselamatan pemain juga makin diperhatikan. Paintball juga menempati urutan ke 3 di extreme sports ranking setelah skateboard dan wallclimbing.

Perkembangan pesat paintball bisa dirasakan setelah
Paintball Gun Game mulai meninggalkan karakter militernya. Memang disaat paintball dimulai, kegiatan ini selalu beriringan dengan tentara, baju loreng, dan kriteria-kriteria army look yang lain. Hasilnya, kegiatan ini hanya diikuti oleh orang-orang berbadan kekar dan maskulin saja.

Disaat paintball mulai bergeser kearah olah raga, semakin banyak penggemar kegiatan tersebut (
Paintball Multiplayer). Mulai banyak anak-anak muda dan wanita yang mulai ikut serta karena unsur “machoman” mulai menghilang. Perlengkapan paintball pun mulai menggunakan warna-warna cerah seperti biru, merah dan kuning. Seni bermain pun berubah dari mengendap-endap ala tentara menjadi lari sambil menembak. Semakin lama paintball semakin enak untuk dilihat karena sudah tidak diadakan di hutan-hutan yang bernyamuk dan berpohon(Paintball Games Multiplayer), tetapi diadakan di hamparan rumput hijau yang dikombinasikan dengan bunker beraneka bentuk dan warna, dan mudah dinonton seperti sepak bola.

Sumber: paintball indonesia

Temukan informasi laiinya pada Paintball Fun - Fun Games - Paintball Fun Games - Paintball Games - Paintball Games Multiplayer - Paintball Multiplayer - Paintball Gun - Paintball Game - Paintball Gun Game - Paintball Game Multiplayer dan Paintball Fun Games:Paintball Games Multiplayer&Paintball Gun Game Sukabumi hanya di 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }