risiko kendaraan bermotor

Diposting oleh tangandingin on Apr 22, 2009


MEYIASATI RISIKO LEWAT ASURANSI

Risiko tidak hanya terjadi pada investasi. Lihat bencana banjir kini, membuat banyak kalangan sengsara, dari yang kehilangan harta benda bahkan nyawa. Apa mau dikata, banjir toh sudah terjadi. Namun, risiko termasuk risiko banjir - bukannya tidak biasa disiasati. Paling tidak, risiko tersebut bisa dialihkan ke pihak lain. Dus, Jangan heran, jika ada beberapa kalangan yang kendati kehilangan harta benda, mulai dari mobil sampai perabotan rumah, tampak tenang -tenang saja. Kalangan tersebut boleh jadi sudah memindahkan risikonya kepada perusahaan asuransi. Jadi, perusahaan asuransi-lah yang akan menanggung risiko yang dialami kalangan tadi.

Program asuransi kendaraan sebenarnya bukan hal baru. Berbagai kalangan memahamiasuransi kendaraan sebagai lembaga keuangan pengelola risiko memang diperlukan keberadaannya. Tetapi, kesadaran untuk mengikuti program asuransi motor belum dimiliki semua orang. Biasanya, setelah "kena batunya" baru orang sadar asuransi motor itu penting. Begitupun, tidak ada kata terlambat. Dus, agar risiko yang sama tidak perlu terulang lagi, atau tidak perlu Anda tanggung sendiri ada baiknya mempertimbangkan untuk mengikuti program asuransi kendaraan bermotor.

Dengan mengikuti program asuransi kendaraan bermotor berarti Anda telah mengalihkan risiko kendaraan motor kepada pihak lain. Untuk risiko kendaraan motor yang dialihkan itu Anda mesti membayar premi yang besarnya bergantung pada risiko yang dialihkan dan manfaaat yang inginkan diperoleh. Dalam prektiknya, asuransi bermacam-macam jenisnya. tetapi, dalam tulisan ini hanya dibahas tiga jenis asuransi, yakni asuransi kesehatan, asuransi jiwa dan asuransi kerugian. kemudian, aspek apa saja yang mesti diperhatikan dalam memilih suatu program asuransi.

ASURANSI KERUGIAN
Berikutnya adalah asuransi kerugian. Asuransi jenis inilah yang ketika banjir melanda Jakarta dan beberapa kota di pulau jawa belakangan ini, telah "menolong" berbagai kalangan untuk tidak jatuh miskin. Kendaraan yang kena banjir dan mengalami kerusakan ataupun rumah berikut isinya, jika asuransi kendaraan motor dapat diklaim kepada perusahaan asuransi.

Akan tetapi, ada juga pemilik asuransi kerugian yang ternyata bisa melakukan klaim kepada perusahaan asuransi kendaraan motor karena liputan penutupan kerugian asuransi yang dimilikinya terbatas dan tidak termasuk kerugian yang disebabkan banjir. Oleh karena itu, hal utama yang mesti Anda cermati tatkala memilih asuransi kerugian adalah aspek apa saja yang ditutup perusahaan tersebut. Anda mesti jeli mencermati semua itu, sebab kebanyakan perusahaan asuransi tidak begitu saja mau menjelaskan kepada Anda.

Simpulannya, risiko bukan tidak bisa disiasati. Salah satunya adalah dengan mengalihkan risiko tersebut kepada perusahaan. Jika kondisi keuangan Anda cukup baik, bisa dipertimbangkan untuk paling tidak memiliki tiga polis asuransi, yaitu asuransi kesehatan, jiwa dankerugian. Tetapi, jika keadaan keuangan Anda relatif terbatas, tentukan pilihan sesuai kebutuhan Anda. Kemudian, dalam memilih perusahaan asuransi, pertimbangkan faktor paling mendasar, seperti bonafiditas perusahaan dan premi yang menjadi beban Anda.

http://www.asuransi-mobil.com

Temukan semua

Asuransi Kendaraan | Asuransi Motor | Kendaraan Bermotor | Kendaraan Motor | Asuransi Kendaraan Motor danAsuransi Kendaraan Bermotor:Asuransi Motor&Asuransi Kendaraan Motor Jakarta semua ada di 88DB.Com

{ 0 komentar ... read them below or add one }