Membuat Acara Dengan Bantuan

Diposting oleh karpetitem on Apr 16, 2009


Persiapan pesta ulang tahun, kendati menggunakan Hip Hip Hooray party organizer, layaknya dilakukan jauh-jauh hari. Dari mendaftar nama undangan, membuat kartu undangan, menyiapkan gift, tempat, makanan, acara dan sebagainya.

ANEKA LOMBA
Dekorasi kids party sangat tergantung tema dan tempat pesta. Bisa dari styrofoam dan backdrop bahan kanvas. Tentu saja dekor party kids Hip Hip Hooray di ballroom berbeda dengan di garasi rumah atau di taman. Dekorasi panggung kids party bisa dibuat macam-macam, bentuk rumah-rumahan, gua, istana sampai suasana laut. Dilengkapi dengan berbagai asesoris, seperti balon-balon, baik balon gate maupun hanging, nametag untuk yang berulang tahun, dan kursi kecil warna-warni.

Waktu party kids paling tepat umumnya dilakukan sore hari dan mengambil hari libur. Biasanya tak semua undangan datang tepat waktu. Karena itu disediakan counter games yang dijaga dua orang berkostum dari party organizer. Seperti permainan pancing ikan, lempar bola, main golf dan face painting (melukis atau mencoreng-coreng wajah). Jadi sambil menunggu undangan lainnya anak bisa bermain games yang diatur oleh organizer party.

Untuk kemeriahan pesta, MC dari kids party organizer akan berperan aktif melibatkan seluruh peserta pesta dengan berbagai permainan/perlombaan. Undangan biasanya dikelompokkan sesuai usia. Untuk anak usia 1-3 tahun diadakan lomba menyanyi yang di atur oleh kids party organizer, menunjukkan anggota tubuh, atau kontes kostum, topi dan sebagainya. “Keberanian tampil di depan umum buat anak batita menjadi hal luar biasa.” Sedangkan permainan anak usia 4 tahun biasanya lomba menjawab teka-teki atau pengetahuan umum. Hal ini mendorong mereka menjadi aktif dan kreatif. Masing-masing lomba yang diadakan oleh organizer party biasanya ada hadiahnya.

Usai lomba, acara tiup lilin segera dilangsungkan. Lalu, acara makan sekitar 20-30 menit. “Sebaiknya memilih makanan yang praktis, tidak membuat repot anak. Perlu juga menyediakan makanan untuk orang tuanya.”
Acara bergulir dengan pertunjukan, seperti sulap, akrobat, badut, dongeng atau panggung boneka. Lamanya sekitar 30 menit. Pertunjukan disesuaikan dengan tempat dan jumlah undangan. “Bila di hotel atau tempatnya cukup luas dengan jumlah undangannya banyak, boleh saja mempertunjukkan operet.”

PUNCAK ACARA
Kenyataannya memang operet menjadi semacam acara yang istimewa. Anak-anak sangat menyukai tokoh-tokoh kartun, seperti Mickey Mouse, Pocahontas, Winnie the Pooh, Putri Salju, Peter Pan dan Kapten Hook, dan sebagainya. “Tema operet dipilih sesuai tren, semisal yang lagi ngetop film Tarzan, ya karakter itu yang dipilih.”
Menurut Athya, naskah operet dibuat sendiri dengan mengambil bahan dari berbagai sumber, seperti buku-buku, film dan sedikit improvisasi. Lantas, diramu sedemikian rupa agar mudah dicerna anak-anak, ceritanya tidak kaku, terasa hidup dan membuat anak-anak senang.

Pertunjukan operet ada dua; rekaman dan live (berdialog langsung dengan anak-anak). Tentu saja operet yang dipentaskan ini mengandung pesan-pesan, baik di sepanjang jalan cerita maupun di akhir cerita yang dituturkan oleh narator (pembawa cerita). Pesannya antara lain, kejahatan kalah oleh kebaikan.
Lamanya pertunjukan operet bisa pendek, sekitar 30-45 menit dan panjang sekitar 45-50 menit. “Operet menjadi puncak acara pesta ulang tahun anak. Setelah selesai, anak-anak bisa berfoto bersama dengan para pemainnya.”

TARIF BISA DITAWAR
Mahal? Relatif. Tapi, tentu saja agak lebih mahal dibandingkan bila Anda menyiapkan dan menyelenggarakan sendiri. Keuntungannya, lebih praktis dan tidak repot mengurus ini-itu karena langsung beres. Soal tarif tentu bisa “ditawar” di sana-sini. Semisal, menu bisa dipilih mau yang komplit atau hanya item tertentu saja. Sewa paket dekor berkisar 700 ribu-1 juta. Paket operet lengkap dengan sound system 2-2,5 juta.

Pertunjukan lain, misalnya panggung boneka, akrobat, sulap, magic balon, masing-masing 500 ribu. Untuk counter games seperti pancing ikan, lempar bola, golf, basket, face painting, masing-masing 400 ribu. Jasa pembawa acara (MC) lengkap dengan properti seperti kaset, karaoke dengan perlengkapan permainan seharga 400 ribu. Ada juga music live dengan iringan keyboard seharga 500 ribu. Sementara harga gift yang dibawa pulang disesuaikan permintaan orang tua si anak. Harga-harga tersebut bukan harga mati, lo, karena masih ada diskon. Besarnya? Lumayanlah!

http://www.pestaultah.com/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Hip Hip Hooray - Kids Party Organizer - Kids Party - Party Organizer - Party Kids - Organizer Party dan Hip Hip Hooray - Kids Party Organizer di 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }