Membangun Kolam Renang di Pekarangan Rumah

Diposting oleh malamjumat on Apr 21, 2009



Bersyukurlah Anda yang memiliki rumah indah dengan ukuran tanah yang luas karena segala ide dan kreasi bisa dibuat menjadi nyata tanpa terbentur keterbatasan lahan.

Untuk Anda yang masih memiliki space kosong di pekarangan rumah, kenapa tidak memaksimalkan fungsi lahan kosong tersebut menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat, seperti dibuat kolam renang misalnya. Menurut arsitek Mila Djuanda, kolam renang memiliki banyak fungsi, terutama fungsi rekreasi.

"Daripada lahannya menganggur karena kosong, lebih baik dibuat menjadi kolam renang saja. Selain itu, anggota keluarga di rumah juga akan lebih senang dengan swimming pools idea tsb.

Kolam renang biasanya terletak di bagian belakang rumah, tetapi bukan berarti pekarangan depan tidak bisa dijadikan kolam renang. Asalkan konsep pembuatan swimming pools design kuat dan tetap memperhatikan kaidah-kaidah yang ada, Anda tetap bisa mengaplikasikannya.

"Untuk swimming pools ideas pada pekarangan bagian depan rumah, pastikan Anda tidak membuatnya terlalu menjorok keluar. Akan lebih baik lagi apabila pagar rumah Anda cukup tinggi karena berenang merupakan kegiatan yang cukup pribadi. Anda tidak ingin kan semua orang yang lewat di jalan memperhatikan saat Anda dan keluarga sedang berenang?" papar Mila.

Sebelum mendesain dan membangun kolam renang (swimming pools design), Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu, misalnya ukuran kolam dan kedalamannya. Bentuk serta ukuran kolam renang juga harus dibuat berdasarkan pertimbangan penting. Pertimbangan penting itu adalah, kolam renang yang fungsinya hanya sebagai sarana rekreasi atau tidak selalu digunakan, sebaiknya dibuat tidak terlalu dalam. Kalaupun Anda ingin membuat area yang dalam, pastikan kedalamannya tidak lebih dari 2 meter dan area yang lebih dangkal harus lebih mendominasi. Persentase kedalaman tersebut adalah 70 persen area dangkal dan 30 persen area dalam.

"Untuk Anda yang memiliki anak kecil di rumah, kolam renang tidak perlu dibuat terlalu dalam. Sangat perlu pula untuk membuat lantai dengan kemiringan yang tepat. Maksimal kedalaman kolam mungkin hanya sampai 1,5 meter," saran Mila.

Adapun bentuk kolam renang bisa dibuat persegi, lingkaran, oval, maupun bujur sangkar. Keempat bentuk kolam renang tersebut bisa memperindah tampilan pekarangan Anda. Empat jenis kolam itu juga paling sering terdapat di perumahan.

Pada dasarnya, swimming pools designs/ kolam renang dengan bentuk persegi jauh lebih mahal daripada kolam renang dengan bentuk kurva-kurva atau kolam renang yang memiliki lengkungan. Ini karena untuk beberapa pembuat kolam renang, mereka mematok harga berdasarkan batas garis keliling (perimeter) bentuk kolam.

"Agak sulit sebenarnya untuk membuat swimming pools dengan bentuk yang tidak biasa. Ini karena lanskap pekarangan perumahan pada umumnya sudah cenderung ditampilkan sebagai point of interest. Akan tetapi, kalau bentuk lanskap pekarangan Anda memang minimalis, maka kolam renang/swimming pools designs bisa Anda buat lebih kreatif. Misalnya bentuk persegi di satu sisi dan bentuk kurva melengkung di sisi lainnya," papar Mila.

Agar swimming pools tidak berkesan terlalu kaku dan monoton, Anda bisa meletakkan elemen hidup, seperti tanaman atau bunga di beberapa sudut pinggir kolam. Patung ukiran besar juga dapat menambah kecantikan sudut kolam renang Anda.


http://lifestyle.okezone.com


Temukan informasi lainnya mengenai Swimming Pool Ideas | Swimming Pools Design | Swimming Pools | Pool Design | Swimming Pool | Pools Designs | Pool Idea | Pool Ideas | Pools Ideas | Swimming Pools Designs | Swimming Pool Idea hanya di Swimming Pool Ideas:Swimming Pools Design & Swimming Pools Designs – Pool Idea Jakarta pada 88db.com

{ 0 komentar... read them below or add one }