masakan tumpeng untuk pesta

Diposting oleh tangandingin on Apr 27, 2009


Rasanya seperti ada sesuatu yang kurang, jika dalam sebuah perayaan tidak dihidangkan nasi kuning / nasi tumpeng. Dan sekarang ini, orang cenderung tak mau repot membuat sendiri masakan nasi tumpeng. Mereka lebih suka pesan tumpeng catering. Karena tumpeng catering memang mempermudah dalam menyediakan nasi tumpeng. Memang agak sedikit rumit untuk meracik sebuah masakan tumpeng. Namun sebenarnya hanya perlu sedikit kesabaran dan ketrampilan untuk membuat tumpeng yang oke. Berikut ini tipsnya.

1. Bahan utama: beras
Sebaiknya pilih beras yang pulen. Untuk membuat nasi tumpeng beras sebaiknya dicampur dengan beras ketan dengan perbandingan 10 : 1. Mengolahnya sama saja seperti masakan nasi pada umumnya.

Untuk membuat tumpeng nasi kuning, bahannya sama, hanya ditambah kunyit, air jeruk nipis, dan santan. Agar nasi kuning berwarna menarik, bakar dulu kunyitnya, kupas lalu parut, dan campur dengan santan.

KLIK - DetailSetelah nasi diaron dengan santan, baru campurkan air jeruk nipis agar nasinya berkilat.
Langkah berikutnya setelah nasi tumpeng dan masih panas, langsung cetak dalam cetakan aneka tumpeng (kerucut) sambil ditekan-tekan sampai padat. Sebaiknya sebelum nasi dimasukkan ke daam cetakan, alas dulu dengan daun pisang, agar nasi mudah dikeluarkan dari cetakan.

2. Wadah:
Wadah/alat saji untuk masakan nasi tumpeng sebaiknya dipilih yang permukaannya lebar dan datar, karena di atasnya akan diberi nasi kerucut dengan lauk pauknya. Biasanya tempat yang digunakan tampah, tapi dengan berkembangnya boga, orang mencari yang lebih praktis.
Misalnya dengan menggunakan tripleks atau stirofom, yang selain mudah dibentuk juga mudah untuk di beri hiasan.

3. Isi:

masakan tumpeng Putih, umumnya berisi urap sayuran, ikan asin goreng, tempe tahu bacem, sambal goreng, rempah, ayam bumbu rujak/opor, telur pindang, rempeyek kedelai/kacang/teri.
aneka tumpeng, berisi kering kentang/tempe, abon, ayam goreng, telur dadar, perkedel, udang goreng, hati goreng berbentuk anak ayam.

4. Hiasan:
Untuk dasar tampah umumnya dialasi daun pisang atau janur. Di sisi tampah bisa diberi hiasan kacang panjang atau lipatan daun pisang dengan aneka bentuk seperti segitiga sama kaki, sama sisi, atau kuku garuda. Untuk mempercantik penampilan tambahkan hiasan bunga atau binatang yang terbuat dari wortel, lobak, bengkuang, timun, tomat, kelapa, labu parang, cabai. Untuk warna hijau biasanya digunakan peterseli, daun bawang, dan seledri. Hiasan ini tidak saja sekadar aksen menambah indahnya masakan nasi tumpeng, tapi juga berfungsi ganda sebagai wadah lauk dan sayur. Yang harus diperhatikan adalah kebersihan pada saat menghias hidangan sampai saat akan disajikan.

Temukan semua

Nasi Tumpeng - Nasi Kuning - Masakan Nasi - Masakan Nasi TumpengMasakan Tumpeng - Aneka Tumpeng - Tumpeng Catering dan Nasi Tumpeng & Nasi Kuning : Masakan Nasi Tumpeng – Aneka Tumpeng Catering Bekasi semua ada di 88DB.Com

{ 0 komentar ... read them below or add one }