Kiat Menghitung Biaya Order Percetakan

Diposting oleh malamjumat on Apr 30, 2009



Harga pokok adalah seluruh biaya yang dapat dihitung dengan uang untuk mendapatkan, mengerjakan, menyerahkan sampai pada penagihan dari suatu order. Kenapa harga pokok menjadi penting ? Ya, karena adanya persaingan, bertambahnya jumlah perusahaan percetakan, langganan menginginkan pelayanan cepat, kualitas baik percerakan seperti cetak digital dan harga murah, adanya permainan harga bahan, kurangnya jumlah pesanan.

Harga pokok, misalnya
percetakan digital juga tidak boleh mengandung unsur keuntungan/beban yang lain dari batas yang dibuat, yaitu suatu beban yang merupakan keharusan/hal yang tidak mungkin dihindari dan harga pokok harus dapat diketahui sebelum proses produksi dimulai, sehingga jika seluruh biaya tadi dimasukan sebagai unsur harga pokok dan percetakan pada suatu waktu terpaksa menjual hasil produksinya dengan harga pokok, maka perusahaan tersebut akan dapat tetap berjalan tanpa mengalami gangguan. Beberapa alat yang dikenal dalam percetakan seperti: mesin percetakan, mesin cetak, plotter indoor, ploter outdoor, dll.

Aspek
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menghitung/mengkalkulasi suatu order cetakan, seperti
cetak digital antara lain ;
1. Bahan yang meliputi kertas,tinta,film,pelat,dll.
2. Biaya persiapan meliputi, setting, desain, layout, fotorepro, plate making,dll.
3. Ongkos cetak
4. Biaya penyelesaian meliputi, ongkos lipat, ongkos pengumpul, ongkos jahit benang/kawat,ongkos pekerjaan tangan misalnya memasang cover, ongkos memotong, dll
5. Pekerjaan pihak ketiga
6. Biaya expedisi/pengiriman, seperti pengiriman
percetakan digital.
7. Prosentase keuntungan perusahaan
8. Pajak penjualan.

www.xgdigital.com

Temukan informasi lainnya mengenai Mesin Percetakan | Mesin Cetak | Mesin Digital | Percetakan Digital | Cetak Digital | Jual Plotter | Plotter Outdoor | Plotter Indoor hanya di Mesin Percetakan & Cetak Digital : Jual Plotter Outdoor & Indoor Surabaya pada 88db.com

{ 4 komentar... read them below or add one }

Software Kalkulasi Cetak said...

GOOD POSTING...!

Sangat membantu bagi ORANG AWAM maupun pelaku bisnis percetakan itu sendiri.

INFO Bisnis Percetakan Indonesia

Tx for sharing, keep on informed!

jasa kontraktor said...

saya baru di bisnis ini, artikel ini sgt membantu sekali

bangun rumah said...

saya baru mengerti caranyaa.trims sgt berguna bagi saya

wiraswasta rumahan said...

rencana saya akan membuka usaha offline yang saya impikan karena sesuai dengan disiplin ilmu saya. Percetakan menjadi tujuan wirausaha saya di rumah. Saya lagi cari info tentang biaya2nya...trims untuk infonya.