Kerajinan Undustri Gerabah

Diposting oleh karpetitem on Apr 30, 2009


Kerajinan gerabah di Daerah Istimewa Yogyakarta dewasa ini berkembang sangat cepat dan menunjukkan pertumbuhan yang sangat besar. Pada mulanya kerajinan gerabah ini hanya sebatas pada pembuatan perlengkapan dapur seperti tungku, kwali, gentong, layah dan alat rumah tangga lainnya.

Setelah melalui berbagai pembinaan yang dilakukan oleh Pemerintah dan Swasta bahkan para seniman
pottery maka mulai berkembanglah industri gerabah di Yogyakarta. Pertumbuhan ini bukan hanya pada jumlah pengusaha gerabah tetapi juga pertumbuhan strata pengusaha pottery dan pertumbuhan sentra industri poole pottery di Yogyakarta.

Upaya penganekaragaman produk
hand made pottery pun berkembang sangat cepat sehingga barang yang dihasilkan bukan hanya untuk keperluan dapur yang sederhana tetapi sudah mampu menghasilkan berbagai benda fungsional maupun benda hias yang dibeli oleh masyarakat menengah ke atas.

Proses finishing
poole pottery pun sangat bervariasi mulai dari warna asli terakota sampai dengan pewarnaan hand made pottery menggunakan cat dan pelapis dengan berbagai warna yang menarik. Pemasaran produk pottery bowl dari Yogyakarta bukan hanya pada tingkat lokal tetapi gerabah Jakarta telah mampu menembus pasar ekspor ke berbagai Negara dengan nilai ekspor gerabah Jakarta yang cukup tinggi.

Beberapa sentra industri penghasil barang kerajinan
pottery bowl ini antara lain Desa Kasongan, Desa Pundong, Desa Kedung Prahu dan beberapa desa lainnya.

http://craft.jogja.com/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di
Kerajinan Gerabah - Poole Pottery - Hand Made Pottery - Pottery Bowl - Gerabah Jakarta - Gerabah - Pottery dan
Kerajinan Gerabah & Poole Pottery : Hand Made Pottery - Pottery Bowl & Gerabah Jakarta di 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }