Karpet dan ceritanya

Diposting oleh tangandingin on Apr 11, 2009


Banyak model carpet yang beredar di masyarakat, dari model karpet yang biasa saja sampai model carpet yang tidak biasa.

Banyak para yang jual karpet menjual karpet yang berkualitas tinggi biasanya para jual carpet menarget pembeli kelas high-end

Jaman sekarang juga tidak perlu repot beli karpet, cukup lewat internet karpet online banyak di temukan di indonesia.

Dengan kualitas yang tak kalah dari model karpet yang di jajakan di toko toko offine karpet online menyediakan berbagai model yang bisa di lihat di layar komputer anda.

Biasanya carpet online ini menggunakan jasa delivery kepada alamat yang di tuju dan bisanya carpet products pun di berikan garansi jika para pembeli kecewa dengan para jual karpet yang menjajakan dagangannya secara carpet online, karena para jual carpet tak ingin para pembeli kecewa dengan dagangan mereka.

Pernah mendengar carpet products atau melihat harga sebuah carpet export (permadani) mencapai 226.875 dolar AS sebuah? Coba bayangkan kalau dikurskan ke nilai rupiah dalam kondisi sekarang. Maka, angka-angka yang didapatkan pun makin berderet-deret. Namun, jangan lantas berkecil hati dan memutuskan untuk urung membeli carpet export. Sebab, harga yang selangit itu adalah harga salah satu karpet termahal di dunia. Karpet termahal ini pernah dipamerkan di Museum Nasional Jakarta tahun 1993 oleh seorang kolektor asal Iran.

Jika harganya bisa menjulang tinggi, tentu karpet ini memiliki banyak keistimewaan. Asal tahu saja, karpet antik yang menggambarkan perjuangan Alexander yang Agung—berdasarkan lukisan Charles Le Brun—itu dibuat tahun 1680! Terbuat dari sutra dan wol berukuran 620 sentimeter x 400 sentimeter. Dan, pembuatnya hanya membuat dua karpet saja. Sebuah lainnya kini menjadi koleksi Museum Nasional Munich di Jerman.

Karpet lain yang tergolong adikarya adalah karpet yang menggambarkan Taman Khesthi. Berukuran 405 sentimeter x 305 sentimeter dan berbahan sutra, karpet yang berasal dari Heriz, Iran Utara, ini selesai dibuat pada abad ke-18. Kelebihan lain yang dimilikinya adalah perpaduan 15 warna yang indah dengan warna utama emas, cokelat, krem, biru tua, biru muda, dan abu-abu.

Persia (kini Iran, red) memang terkenal sebagai pembuat karpet kuno yang bagus. Umumnya, karpet-karpet ini memperlihatkan teknik tenunan Persia dan mengandung nilai seni yang tinggi dari abad ke-15. Karpet sejenis hanya terdapat di Museum Seni Gewerebe Hamburg dan Museum Seni Kerajinan Tangan Frankfurt, Jerman.


Tangan

Karpet-karpet kuno umumnya dikerjakan dengan tangan dan menggunakan teknik simpul. Karena kebanyakan berasal atau meniru karpet Persia, maka ragam hias karpet bercirikan Islam. Misalnya ada bunga dan daun yang disusun dalam satu tempat (tempayan).

Menurut catatan sejarah, karpet dibuat oleh masyarakat nomaden (masyarakat yang hidupnya berpindah-pindah tempat), terlebih masyarakat berburu. Gambaran yang ditampilkan berkaitan dengan kehidupan keagamaan, kenegaraan, panjang umur, keberuntungan, keselamatan dan kesehatan. Karpet sendiri berdasarkan fungsinya terdiri atas lima jenis fungsi, yakni untuk dinding, lantai, koleksi, dekorasi, dan investasi.

Karpet untuk dinding biasanya berukuran besar. Karpet seperti ini sering digunakan di istana. Pihak istana sering pula menggunakan karpet besar untuk lantai. Sebaliknya karpet kecil digunakan di lantai dan untuk sembahyang.

Di Persia kemahiran membuat karpet sudah ada sekitar abad ke-15. Zaman dulu kebanyakan karpet dibuat oleh para wanita. Sebuah karpet besar bisa menghabiskan waktu pembuatan sekitar tiga tahun. Oleh karena itu, harganya mahal sekali.

Agar bisa menikah, seorang wanita harus mampu membuat karpet. Karpet itulah yang nantinya diberikan kepada calon suami. Tidak heran bila keterampilan itu tetap bertahan sampai sekarang.

Temukan semua :

Carpet Products - Carpet Export - Jual Karpet - Jual Carpet - Model Karpet - Model Carpet - Karpet Online - Carpet Online dan Carpet Products & Export: Jual Karpet & Model Carpet-Carpet Online Palmerah Utara Jakarta Barat hanya di 88DB.com

{ 1 komentar ... read them below or add one }

http://ruangbebas.com said...

great article