Desain Layout Rumah Impian

Diposting oleh karpetitem on Apr 3, 2009


Jika anda ingin membangun rumah, tentu anda ingin rumah yang sesuai dengan keinginan dan rancangan gambar layout yang anda inginkan bukan…??

Masih membahas tentang rumah, pada tulisan sebelumnya saya pernah memberikan sedikit gambaran tentang bagaimana membuat gambar layout desain rumah anda dengan tool yang praktis dan mudah digunakan. Anda dapat menggambar rumah seperti apa saja, baik dengan bantuan jasa arsitek ataupun anda bisa menggunakan desain rumahan. Kenapa saya menyebutnya desain rumahan…? Karena di desain sendiri, hasil dari produk rumahan maka saya menyebutnya desain gambar online rumahan. Begitu kira-kira…

Berikut ini saya berikan sedikit gambaran tentang beberapa poin keuntungan kerugian dari rumah online hal tersebut:
1. Segi ekonomis: Mendesain sketsa rumah sendiri tentu memiliki keuntungan ekonomis yang lebih besar dibandingkan anda menggunakan jasa arsitek untuk membuat layout rumah. Anda tidak perlu merogoh kantong jika anda mendesain sketsa layout rumah sendiri bukan…? Besar kecilnya nilai ekonomis layout online tersebut bergantung dari keinginan yang ingin anda capai. Desain layout rumah yang saya buat menggunakan desain sketsa layout saya dan keluarga, dan kebetulan saya tidak pernah menanyakan jasa arsitek dalam pembuatan sketsa online rumah yang saya bangun. Jadi saya tidak tahu berapa besarnya kisaran tarif jika anda menggunakan jasa arsitek.

2. Segi praktis & efisien: Mendesain gambar rumah dengan jasa arsitek tentu memiliki segi praktis dan lebih efisien yang lebih ketimbang anda mendesain gambar sketsa sendiri. Jika anda tdak ingin repot, anda dapat menggunakan jasa arsitek untuk layout online. Mengingat dalam hal membangun bangunan sketsa rumah seperti ini adalah memang pekerjaan yang dilakukan oleh arsitek, maka anda dapat sekali mempercayakan sketsa online kepadanya. Anda tentu tinggal memberikan gambar sketsa dan ekspektasi yang anda inginkan sesuai dengan lahan yang tersedia. Selebihnya biarkan arsitek yang mendesainkannya untuk anda.

3. Segi kreatifitas: Jika anda memiliki kreatifitas yang cukup, ide-ide anda dapat anda tuangkan dalam desain yang anda rencanakan. Bagi yang anda yang membuat desain rumah online sendiri, kreatifitas tersebut dapat sepenuhnya anda tuangkan dalam desain yang anda kerjakan sendiri atau di kolaborasikan dengan ide-ide dari keluarga yang membantu pembangunan rumah tersebut. Jika anda menggunakan jasa arsitek, semua ide-ide anda juga dapat anda tuangkan bersama dipadukan dengan ide-ide dari sang arsitek.

Hal tersebut diatas yang menurut saya sedikit banyaknya perlu dipertimbangkan dalam hal mendesain rumah. Pertanyaannya kemudian adalah hal apa saja sih yang perlu di desain…? Apakah sulit jika anda mendesain sendiri…? Kemudian apa saja sih yang bisa anda dapatkan jika menggunakan jasa desain arsitek…? Pertanyaan tersebut akan saya uraikan satu persatu.

Hal apa saja sih yang perlu di desain…?
Yang paling penting anda desain tentu gambar lay out desain rumah (bangunan utama) dari lahan yang ada. Gambar di desain dan disesuaikan dengan lahan yang ada. Anda juga perlu membuat skala yang sesuai agar cocok ketika akan dibangun.
Jika anda ingin mendesain hal lain juga boleh untuk bangunan sekunder juga boleh. Atau untuk desain lain seperti desain taman, penempatan tata letak jalan, septic tank, perembesan air, desain kelistrikan, pembuangan air kotor dan air hujan, saluran pembuangan dan lain sebagainya.

Apakah sulit jika anda mendesain sendiri…?
Setiap orang tentu akan menjawab hal ini berbeda-beda. Tidak setiap orang memiliki jawaban yang sama. Jika pertanyaan tersebut ditujukan kepada saya maka saya akan menjawab “tidak terlalu sulit kok”. Demikian menurut saya. Anda tentu dapat saja tidak sependapat dengan saya. Boleh-boleh saja, tidak apa-apa kok.

http://blog.iqbalir.com/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Gambar Sketsa - Sketsa Rumah - Gambar Rumah - Gambar Layout - Rumah Online - Layout Rumah - Layout Online - Sketsa Layout -
Sketsa Online - Gambar Online dan Gambar Sketsa & Sketsa Rumah : Gambar Layout - Layout Rumah Online & Sketsa Layout Online di 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }