Cara Sukses Menjalankan Bisnis Catering

Diposting oleh malamjumat on Apr 23, 2009


Berikut dijelaskan lebih rinci tips-tips yang dapat dilakukan dalam membuka usaha catering:


1. Pemasaran
Tentukan pasar atau menjemput bola. Tidak ada salahnya membuat brosur sebagai langkah promosi usaha catering selain upaya dari mulut ke mulut. Ada baiknya mereka yang berbisnis katering ini menguasai teknologi. Sekarang era-nya internet, di mana-mana orang menggunakan internet. Tidak ada salahnya menyarankan rekan-rekan mereka untuk mem-forward iklan katering ke rekan-rekan yang lainnya.

2. Harga
Biasanya pelanggan akan lebih memilih usaha jasa catering yang menetapkan harga bersaing. "Kalau jasa catering itu menerima pesanan dari ibu-ibu yang tinggal di kompleks perumahan, biasanya sedikit lebih cerewet dibandingkan dengan pelanggan dari kantoran. Agar lebih mudah menarik pelanggan, tetapkan harga tidak melampaui harga standar satu porsi makanan di kawasan sekitarnya. Catering murah belum tentu catering murahan, benar bukan?

3. Menu
Menu catering makanan bisa memabuat pelanggan tidak pindah katering adalah pilihan menu. Orang kantoran yang langganan catering makanan cenderung tidak terlalu rewel dalam masalah menu. Asal makanan tidak basi dan enak, mereka akan langsung memakannya. Berbeda dengan pelanggan dari kalangan ibu-ibu. Mereka biasanya lebih teliti terhadap jenis makanan, menu, dan kebersihannya." Gantilah menu makanan sesering mungkin untuk menghindari kebosanan dari para pelanggan. Dengan tidak melupakan teknik pembuatan yang tetap memerhatikan segi kebersihan saat pengolahan makanan. Jangan sampai hasil pengolahan mengecewakan pelanggan.

4. Rasa
Orang akan segan untuk berpindah katering jika lidahnya sudah cocok dengan katering langganannya. Walaupun menu berubah, taste makanan harus tetap diperhatikan agar para pelanggan tidak merasakan rasa yang aneh atau berubah di lidah. Makanan khas catering Anda sudah menjadi taste pelanggan. Ada baiknya juga, setiap memasarkan usaha kateringnya disertai dengan menu makanan khas yang tersedia saat itu untuk lebih menarik minat pelanggan.

5. Pelayanan
Hal ini juga sangat penting untuk terus memperpanjang umur usaha dan mempertahankan para pelanggan agar tidak lari ke katering lain. Menyeriusi bisnis katering tidak akan rugi jika memerhatikan banyak hal. Misalnya saja katering rumahan yang melayani katering melalui telepon, usahakan yang menjawab teleponnya jangan anak kecil. Jadikan katering ini sebagai usaha serius dan profesional.

http://kompas.co.id

Temukan informasi lainnya mengenai Usaha Catering | Jasa Catering | Catering Murah | Catering Makanan | Makanan Khas | Khas Palembang | Makanan Palembang | Makanan Khas Palembang hanya di Usaha Catering : Jasa Catering Murah & Catering Makanan Khas Palembang pada 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }