bahan makanan kue

Diposting oleh tangandingin on Apr 27, 2009


Kendati harganya naik, penjualan bahan kue dan bahan makanan meningkat menjelang Natal dan Tahun Baru. Kenaikan harga disebabkan tingginya permintaan dan langkanya bahan kue dan bahan makanan, khususnya bahan tambahan makanan kue impor. Kelangkaan terjadi karena tengah dilakukan penertiban terhadap para importir sehingga proses impor tertunda.

”Sejumlah importir pewarna makanan yang belum memenuhi syarat Badan POM diminta melengkapi. Akibatnya, proses impor sejumlah bahan kue dan pewarna kue tertunda dan stok bahan makanan kue kue impor kosong,” ujar Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia Thomas Darmawan di Jakarta, Senin (22/12).

Virgina Laksana, pemilik Toko bahan tambahan makanan Ani di Jalan Gunung Sahari, mengatakan, naiknya harga bahan-bahan pewarna makanan dan kue terjadi sejak tiga bulan lalu. Kenaikan harga pewarna kue dan makanan kue makin terasa sepekan terakhir. Untuk bahan kue impor, pemicu utamanya adalah melemahnya rupiah terhadap mata uang asing.

”Yang paling terasa kenaikannya itu bahan-bahan kue impor. Mentega yang awalnya harganya Rp 200.000 kini Rp 300.000 per kilogram,” ujarnya.

Di Toko Fortuna, Gunung Sahari, dan Toko WS di Pasar Senen hal sama terjadi. Harga bahan pewarna makanan kue kue naik 10-30 persen. Bahan kue yang harganya naik adalah susu bubuk dan keju impor. Beberapa merek susu dan keju impor kosong sejak dua minggu.

”Banyak pembeli kecewa karena tidak bisa mendapatkan barang yang dicari,” ujar Wenny Sari, si pemilik toko pewarna makanan kue .

Berhemat

Meningkatnya permintaan bahan kue makanan berbanding terbalik dengan pemesan kue. ”Jumlah pelanggan yang biasanya pesan kue jadi dalam jumlah besar, sekarang tinggal setengahnya,” papar Renna, pemilik Toko Fortuna.

Ditemui di sela-sela memilih bahan kue makanan di Toko Ani, Ninne (31), warga Bekasi, mengatakan lebih senang membuat kue sendiri daripada membeli. Alasannya, ia bisa menghemat hingga 30 persen dan penyaluran hobi

Temukan semua Bahan Makanan | Bahan Kue | Bahan Tambahan Makanan | Pewarna Makanan | Pewarna Kue | Makanan Kue | Pewarna Makanan Kue | Kue Makanan dan Bahan Makanan & Bahan Kue:Bahan Tambahan Makanan & Pewarna Makanan Kue Denpasar Bali semua ada di 88DB.Com

{ 0 komentar ... read them below or add one }