Tips penting untuk persiapan menunaikan ibadah Haji

Diposting oleh mabok euyyy on Mar 12, 2009





1. bawa uang riyal (mata uang saudi) recehan 1, 5, 10, 50 . berguna untuk memberi tips pada para porter di bandara Jeddah.

2. Tandai Koper Kaos Muslim dan tas jinjing dengan tanda mencolok seperti pita berwarna shocking atau sticker yang menyala. hal ini mempermudah mencari koper diantara ratusan koper lain yang sama.

3. Bawalah perlengkapan Mandi dalam tas kecil atau dalam travelling bag (jangan dalam koper). Hal ini berguna ketika kita menunggu di bandara jeddah yang waktunya lama dapat kita manfaatkan untuk mandi sehingga badan menjadi segar.

4. Bawa buku-buku agama yang beraneka ragam. mulai buku doa, surat-surat pendek, macam2 dzikir, hingga buku-buku agama yang ringan. membantu ketika di pesawat lama duduk dan ketika di dalam bis antara mekkah dan madina(klik Mukena Anak, Jual Mukenah)

5. Bawalah obat wajib yang sering dan cocok anda minum ketika sakit antara lain:
a. obat yodium
b. plester
c. obat sakit perut/ maag / diare
d. oralit
e. obat batuk
f. obat penurun panas
g. balsem - minyak kayu putih
h. obat anti masuk angin ( jamu juga boleh)

6. bawalah semprotan air yang ringkas. berguna untuk memelihara kelembaban wajah dan mengurangi dehidrasi?

7. pelembab wajah. (bila cuaca dingin wajah sering kering, anda tidak mau kesakitan karena wajah pecah-pecah kan, apalagi menimbulkan keriput. jangan deh)

8. Pelembab Bibir. (alasan sama diatas, ditambah ancaman dehidrasi biasanya bibir yang paling dulu menjadi kering) saran saya beli yang tanpa aroma.

9. body lotion, body butter. dinginnya udara dan dinginnya air, cepat membuat kulit kita kering. berikan body lotion atau body butter sekujur tubuh. demi kenyamanan dalam pelaksanaan ibadah haji.

10. jika anda berencana lama di tanah suci, bawalah deterjen sachet. praktis dan tidak memakan tempat dalam koper.

11. masih dalam area cuci-cuci, bawa juga Hanger. kalau ada hanger yang bisa dilipat. sekali lagi saya menyarankan ace hardware sebagai tempat mencari hanger yang bisa dilipat. lebih praktis dan tidak memakan tempat

12. tali rafia / rumput jepang. tali serba guna ini sangat membantu untuk menjemur pakaian atau mengikat yang lain lain. kalau ada yang warna mencolok bisa juga untuk item no 2

13. jika cuaca di tanah suci dingin, bawalah pakaian hangat. saya menyarankan sweater dan pakaian rajut. jangan bawa jaket yang terlalu tenal. karena memakan isi koper dan tidak praktis jika ke masjid memakai jaket yang tebal sekali.

14. bawa masker. untuk wanita bawa dan pakai masker yang talinya panjang, karena jika memakai Mukena / Mukenah/ jilbab tentunya tidak bisa menaruh di telinga.

15. ada beberapa tas yang mungkin bisa dibawa jika tidak terlalu repot.
a. tas paspor. ini pasti harus ada. di isi dengan uang, paspor, dan FOTO diri serta sertakan nomor telepon ketua romb yang bisa dihibungi, jika tas hilang, yang menemukan dapat menghubungi nomor tersebut

b. tas jinjing kecil untuk dibawa dalam bus, isinya beberapa potong pakaian atau Kaos Muslim, Mukena / Mukenah untuk wanita, handuk kecil, perlengkapan mandi, sunblock, body lotion dll

c. travel bag / koper kecil untuk dibawa di mina (perkemahan)

16. mulailah latihan fisik seperti jogging dan berenang secara rutin untuk membentuk stamina. ibadah haji sangat menuntut fisik yang prima dan mental yang baik.

17. jika membawa HP sedapatnya bawa hape yang biasa saja. jangan lupa bawa charger. oh ya stop kontak di tanah suci sama dengan di indonesia, tidak perlu membawa adaptor.

18. bawalah kamera kalau ada yang digital, jangan lupa memory perkirakan cukup untuk berfoto selama 40 hari. jangan lupa juga membawa charger kamera(klik Mukena Anak, Jual Mukenah).

19. bawa botol minum yang ringan dan mempunyai tali untuk disampirkan di pundak atau leher. berguna untuk membawa air zam-zam, sehingga kita tidak dehidrasi. ingat jangan menunggu haus untuk minum. minumlah paling tidak 8 gelas air sehari.

20. terakhir tapi yang paling penting, tatalah niat hati anda. Ibadah haji itu HANYA karena ALLAH bukan karena alasan lain. apapun itu. ikutlah manasik haji, untuk menyempurnakan pelaksanaan ibadah haji dan mengenal teman seperjalanan.


Temukan informasi mengenai Kaos Muslim, Jual Mukenah, Jual Mukena, Kaos Muslimah, Mukena Anak, Jual Mukenah, Mukena, Mukenah dan Kaos Muslim & Mukenah : Jual Mukena - Kaos Muslimah & Mukena Anak Tengerang pada 88db.com



Internet

{ 0 komentar... read them below or add one }