Tips Mudik Mengendarai Mobil

Diposting oleh malamjumat on Mar 5, 2009


TIPS bagi pemudik yang mengendarai mobil :


* Periksa atau periksakan kondisi mesin mobil Anda, dan lebih baik lagi jika Anda masukkan ke bengkel untuk tune-up. Berbeda dengan melakukan sewa kendaraan atau sewa bus yang mungkin sudah diservice sebelumnya.


* Periksakan kinerja komponen-komponen vital, terutama sistem pendingin, rem, transmisi, power steering, timing belt (tentatif), kaki-kaki, AC dan lampu-lampu. Kita bisa belajar dari tempat sewa bis, penyewaan bus profesional juga tentunya.

* Periksa oli mesin, oli gardan, oli persnelleng, oli power steering, dan minyak rem. Tambah atau lebih baik ganti sekalian.

* Periksa keadaan ban, kalau sudah botak lebih baik diganti saja. Cek juga balancing roda, supaya Anda nyaman berkendaran.

* Kalau AC mobil Anda sudah kurang dingin, sebaiknya tambah freon, karena berkendara dalam keadaan sejuk akan membantu Anda lebih rileks dan tidak gampang naik darah jika terjebak macet dalam waktu lama. Seperti halnya Bus Jakarta, Bis Jakarta, Kendaraan Jakarta. Semuanya harus dibekali.

* Kalau kendaraan Anda termasuk jenis yang langka di Indonesia , misalnya mobil-mobil buatan Eropa; atau mobil yang pengapiannya sudah menggunakan sistem injection; sebaiknya Anda memiliki informasi yang cukup mengenai bengkel resmi atau layanan bengkel bergerak yang disediakan oleh dealer, di sepanjang rute yang akan Anda tempuh dan di kota tujuan.


Kebanyakan bengkel umum di pulau Jawa belum sanggup memperbaiki masalah pengapian mobil Eropa atau mobil dengan sistem injection. Atau seperti Sewa Kendaraan Jakarta, Penyewaan Bus Jakarta. * Lengkapi kendaraan Anda dengan komponen-komponen cadangan dan peralatan yang sangat bermanfaat dalam keadaan darurat : busi, bohlam, lampu halogen, baut roda, sikring, kabel lampu, flasher, relay, ban serep, kunci roda, kunci-kunci ring-pas dan sock, obeng, lampu kerja DC, senter, segi tiga pengaman, dan tambang.


Itu semua akan sangat berguna dalam keadaan darurat, kendati misalnya Anda tidak terampil sekadar membuka baut roda. Jika melakukan sewa bus, sewa bis, bis executive juga tidak masalah kan membawa hal seperti ini untuk berjaga-jaga. Pasalnya, di pulau Jawa, cukup banyak orang awam yang bisa memperbaiki kerusakan-kerusakann kecil pada mobil—tapi kedatangan penolong semacam itu akan sia-sia kalau tidak ada komponen dan peralatan.


* Pada saat berangkat bawalah dalam kendaraan Anda oli cadangan, dan air cadangan untuk radiator atau radiator coolant. Perhatikan jarak tempuh kendaraan Anda selama mudik dan perjalanan pulang, kalau sudah melebihi batas kilometer minyak pelumas yang Anda gunakan, segeralah ganti oli.

* Sangat bijaksana jika Anda melengkapi diri dengan peta. Seandainya peta digital sudah tersedia, itu lebih baik, karena praktis dan gaya. Jika Anda ke berbagai tempat penyewaan bus, misalnya bus executive Jakarta atau sewa kendaraan Jakarta mungkin akan dibekali dengan ini. Mudah-mudahan bermanfaat.

http://ayomerdeka.wordpress.com

Temukan informasi lainnya mengenai Sewa Kendaraan, Penyewaan Bus, Sewa Bus, Sewa Bis, Bus Executive Jakarta, Sewa Kendaraan Jakarta, Penyewaan Bus Jakarta, Bus Jakarta, Bis Jakarta, Kendaraan Jakarta, Bus Executive hanya di Sewa Kendaraan & Penyewaan Bus : Sewa Bis & Bus Executive Jakarta pada 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }