Tips Menghindari Air Mineral Palsu

Diposting oleh malamjumat on Mar 17, 2009


Sebagai penyedia barang-barang kebutuhan rumah tangga, Anda harus jeli memilih barang yang bagus, berkualitas, sekaligus aman digunakan semua anggota keluarga. Apalagi, di pasaran kini makin marak pemalsuan barang, termasuk barang bermerek. Begitu juga dengan air minum isi ulang atau isi ulang air minum. Terbayangkah dalam benak Anda, bila ternyata air mineral bermerek tertentu yang Anda konsumsi adalah air mineral palsu?

Berikut agar Anda tidak terkecoh membedakan air mineral yang asli dengan yang palsu:

1. Belilah air minum bermerek. Namun, kewaspadaan harus tetap berjalan karena banyak air mineral bermerek dipalsukan. Belilah di tempat-tempat resmi seperti supermarket. Begitu juga dengan air minum refilling. Jangan asal membeli air minum isi ulang, isi ulang air minum walaupun ada tawaran harga miring.

2. Jika di angkutan umum, hindari membeli air minum mineral dalam keadaan dingin. Ini karena kejernihan air dapat terlihat saat air dalam keadaan normal dan tidak terlihat saat dingin. Meskipun keruh, kondisinya tidak terlihat karena saat dingin air berwarna putih salju.

3. Lihat kondisi fisik botol. Mulus atau banyak goresan atau cacat. Juga apakah bersih atau ada beberapa noda. Pun tutup botol dan segelnya. Jangan beli minuman dengan banyak goresan atau cacat, apalagi jika botolnya terlihat kusam dan tutup botolnya cacat. Pastikan segel masih tertutup. Jika mencurigakan, ada kemungkinan botol yang digunakan adalah botol bekas yang didapat dari para pemulung, sedangkan isinya diisi dengan air biasa yang kehigienisannya diragukan. Apalagi jika ke depot air minum isi ulang.
4. Perhatikan juga isinya. Apakah jernih atau sedikit berlumut atau keruh. Caranya kocok air minuman mineral itu untuk mengetahuinya. Jika air menjadi keruh atau terlihat ada kotoran kecil dan halus, segera tolak. Jika ke depot air minum, segera tinggalkan.

5. Adakah layanan konsumen langsung yang tertera di label kemasan? Jika tidak, ada kemungkinan air tersebut palsu.

6. Air kemasan palsu ini berbahaya untuk kesehatan. Mungkin ada tawaran air reverse osmosis dengan teknik penyaringan bagus, tetap harus hati-hati memilih air reverse osmosis tsb. Ini karena tidak dijamin kebersihannya, baik isi maupun cara pengolahannya, sehingga bibit penyakit bisa turut serta. Dapat dibayangkan jika si kecil yang daya tahan tubuhnya masih rendah meminum air mineral jenis ini. Beragam penyakit yang berkaitan dengan pencernaan pun dapat muncul, mulai dari sakit perut, diare, mual, muntah, kembung, hingga tifus.


www.kompas.com


Temukan informasi lainnya mengenai Depot Air Minum Isi Ulang - Depot Air Minum - Depot Air Minum Isi - Depot Isi Ulang Air Minum - Air Minum - Air Minum Isi - Air Minum Isi Ulang - Isi Ulang Air Minum - Air Reverse Osmosis hanya di Depot Air Minum Isi Ulang : Isi Ulang Air Minum Reverse Osmosis Depok Jawa Barat pada 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }