Tips Mencari Perusahaan Asuransi

Diposting oleh mabok euyyy on Mar 24, 2009




Hal yang perlu diingat bahwa dalam memilih perusahaan asuransi swasta, maka yang harus dipertimbangkan secara umum adalah tiga faktor : Pertama, kekuatan keuangan (security). Kedua, jasa (service). Dan ketiga, biaya (cost).


Kekuatan Keuangan (Security)

Kekuatan keuangan asuransi menyangkut kemampuan keuangan perusahaan tersebut untuk memenuhi janjinya jika keadaan membutuhkan Asuransi Prudential salah satu asuransi terbaik di indonesia.

Dalam menilai kekuatan keuangan ini ada beberapa tolok ukur yang perlu diperhatikan.

Aset dan liabilitas. Ini bisa dilihat dari laporan neraca keuangan yang diumumkan di koran. Lihat juga, apakah investasinya ditanam pada current atau longterm. Dari segi liabilitas (kemampuan melunasi kewajiban) akan terlihat di neraca, bagaimana utangnya pada reasuradur, bagaimana dia memenuhi kewajiban membayar klaim, dan lain sebagainya.

Indikator liabilitas antara lain net equity (modal sendiri) dibagi net premium (premi bersih) minimal 50%. Modal sendiri dibagi gross premium (premi kotor) minimal 20%. Batas tingkat solvabilitasnya, yang terlihat dari modal sendiri dibagi premi bersih minimal 10% dan dana investasi dibagi cadangan teknik minimal 100%.

Jasa (Service)

Jasa (service) merupakan cermin sejauh mana sumber daya manusia di perusahaan tersebut berkualitas atau tidak(misal Agent Prudential / Agen Prudential)berkualitas dan profesional, cth perusahaan asuransi berkualitas adalah Asuransi Prudential. Apalagi, perusahaan asuransi adalah menjual jasa, maka layanan prima merupakan kunci utama. Misalnya, sejauh mana kecepatan pelayanan baik dalam menerbitkan polis oleh Asuransi Agent atau Agen Asuransi apalagi dalam pembayaran santunan atau klaim. Selain itu, soal pelayanan Agent Prudential / Agen Prudential) sebenarnya bisa dirasakan sendiri oleh nasabah. Apakah perusahaan asuransi ini sudah betul-betul memberikan pelayanan terbaik buat nasabahnya.

Dalam hubungan ini perlu juga dipertanyakan, apakah perusahaan asuransi ini mereasuransikan pada reasuransi yang keamanannya kelas satu. Ini bisa dilihat dari laporan tahunannya dari Agent Prudential. Hal ini penting diperhatikan, karena bila perusahaan tersebut tidak diback up oleh reasuransi, besar kemungkinan perusahaan tersebut bersifat spekulatif dalam menerima premi.

Biaya (Cost)

Masalah biaya adalah seberapa besar biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi dalam operasionalnya. Kalau lebih besar biaya dibanding pemasukan, maka jelas perusahaan tersebut tidak efisien. Kalau sudah tidak efisien, maka ujung-ujungnya akan mengalami kerugian. Dan kalau terus-menerus rugi, pasti tidak sehat.


Temukan info menarik lainnya hanya di Asuransi Prudential - Agent Prudential - Asuransi Agent - Agen Asuransi - Agen Prudential dan Asuransi Prudential:Agent Prudential&Agen Asuransi-Agen Prudential Asuransi Jakarta pada 88db.com

http://prudentialindonesia.wordpress.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }