Tips Memilih Penginapan Bagi Mahasiswa Baru

Diposting oleh malamjumat on Mar 24, 2009


1. Sewa rumah bareng temen
Pada cara ini, kita joinan ama temen-temen untuk kemudian menyewa sebuah rumah yang disewa per tahun. Biasanya dengan cara seperti biaya kost lebih murah dan akrab / kenal dengan penghuni rumah. Dengan menyewa rumah bareng dengan teman harus ada jadwal piket bergilir, membayar listrik+air, dll. Kita juga bisa buat program di rumah kost dengan membuat kegiatan tadarus, belajar bersama sehingga kemampuan akademik dan spiritualitas kita dapat meningkat. Kalau tidak mau, silahkan cara yang ke dua ini mudah-mudahan fasilitas lengkap dengan kos murah.

2.Rumah kost-kost an
Rumah tempat kost-kost an ini ada yang jadi satu dengan rumah pemiliknya maupun terpisah bangunannya. Dan ada rumah kost yang kosong maupun kost yang sudah ada barang-barang / furniture nya. Biasanya tempat kost disewakan per bulan. Kita tidak lagi memikirkan bayar listrik, telpon, air, karena pada umumnya dikoordinir oleh pengelola kost.

Tips-tips lainnya :

1. Usahakan cari tempat rumah kost yang tidak begitu jauh dengan kampus

2. Cari tempat kost yang aksesnya mudah (baik dengan kendaraan pribadi /umum /jalan kaki).

3. Perhatikan juga jenis angkutan apa saja yang melewati kost baik siang maupun malam hari.Kalo bisa jangan ngekost di pinggir jalan banget, soalnya pasti bakal bising dengan suara kendaraan dan jangan pula nyari kost yang letaknya jauh dipedalaman.

4. Cari tau keberadaan tempat-tempat penting di sekitar kost, seperti misalnya :Tempat fotokopian, Warung / Minimarket / Pasar, Wartel, Warnet, Rental Komputer / Printing, Tempat cuci cetak foto, Puskesmas / Dokter, Terminal / Stasiun, Tempat ibadah.

5. Tanyakan pula kepada penghuni-penghuni kost yang ada disitu…. udah berapa lama mereka kost disitu?. Kalo misalnya ada yang udah kost sampe 2 tahun atau lebih, tandanya mereka betah dan kost-an tersebut kondisinya baik-baik saja.

6. Jangan lupa liat dulu anak-anak kost yang ada disitu. Cari tempat yang anak-anak kostnya orang baik-baik dan pintar. Contoh tempat kos misalnya kos Menteng / rumah Menteng.
7. Tanyakan sumber air bersihnya, apakah dari sumur ataukah dari PAM? Gimana kondisi air pada musim kemarau? Jangan sampe nggak mandi gara-gara di kost kehabisan air. Cari tahu keberadaan kamar mandi / WC. Salah satu contoh tempat kost misalnya kost Menteng.

8. Jangan lupa tanyain berapa daya listrik yang ada di kost tersebut. Apakah uang kost sudah termasuk biaya listrik atau belum?. Kalo misalnya uang kostnya udah termasuk dengan uang litrik, peralatan elektronik apa saja yang boleh dibawa, kadang peralatan dibatasi atau nambah biaya listrik.

9. Lihat kondisi rumah kosnya, gimana pencahayaan dan sirkulasi udaranya. Jangan tinggal di rumah kost yang tak puny aventilasi udara dan tidak masuk cahaya matahari. Kost Menteng / kos Menteng bisa dijadikan contoh.

10. Jangan lupa liat keadaan sekitar tempat kost. Jangan sampe pas kita udah ngekost ternyata kita barui nyadar kalo daerah sekitar kost-an kita itu ternyata banyak premannya.
11. Terakhir, cari yang harganya murah, fasilitas lengkap. Dengan harga kos murah tentunya menghemat biaya. Jangan sampai harga tinggi fasilitas minim.

http://ldkraudha.wordpress.com


Temukan informasi lainnya mengenai Tempat Kost | Rumah Kost | Kos Murah | Kost Menteng | Kos Menteng | Rumah Menteng hanya di Tempat Kost & Rumah Kost : Rumah Kos & Kos Murah - Kost Menteng Jakarta Pusat pada 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }