Tips Belanja Printer Laser

Diposting oleh mabok euyyy on Mar 18, 2009




Printer laser warna(Printing Colours) semakin hari semakin kecil fisiknya, gegas dalam mencetak, dan murah harganya. Anda bisa memperolehnya dengan harga mulai dari US$ 300. Karena itu yang perlu diperhatikan pada printer laser warna sebenarnya bukan hanya harga unitnya yang semakin terjangkau, atau kecepatan cetak dan baki kapasitas kertasnya. Tetapi juga biaya operasionalnya. Ingat, harga consumables cukup tinggi.

Kecepatan
Sebelum membeli printer Printing Colours apa pun, hitung dulu berapa halaman yang dicetak kantor Anda setiap bulannya. Setelah itu telitilah kecepatan mesin dan duty cycle bulanan dari printer yang sedang Anda pertimbangkan, untuk melihat apakah pola pakai Anda sesuai dengan kemampuan printer.

Kecepatan mesin printer Printing Warna, dinyatakan dalam halaman per menit (ppm – page per minute) memberitahukan seberapa cepat printer bekerja dalam kondisi ideal (atau bahkan kondisi khusus yang diciptakan oleh vendor-nya).

Rata-rata printer, begitu menurut uji yang dilakukan oleh PCWorld, hanya mencapai angka 75% dari kecepatan maksimal yang disebutkannya. Bahkan menurut PCWorld, kecepatan printer laser warna yang paling murah jauh di bawah klaim vendor-nya.

Resolusi Cetak
Sebenarnya perlukan kita meributkan resolusi optikal sebuah printer / Printing Warna, tepatnya jumlah dot per inci yang dapat dicetaknya? Mungkin tidak. Printer laser warna yang paling murah pun sudah memamerkan resolusi optikal 600x600 dpi, yang cocok untuk kebutuhan kebanyakan bisnis.

Banyak juga vendor yang menerapkan algoritma khusus untuk mengemulasi resolusi yang lebih tinggi(khusus Cetak Kartu, Cetak Media, Cetak Promosi), seperti Canon Laser Shot LBP 50550N/5050 menawarkan resolusi maksimal 9600x600 dpi melalui teknik A.I.R (Auto Image Refinement). Akan tetapi beberapa, seperti Canon Laser Shot LBP 5970, yang memang menawarkan resolusi 1200x1200 dpi sesungguhnya.

Penanganan Kertas
Perbedaan besar di antara printer laser warna terletak pada caranya menangani Cetak Warna kertas – jumlah dan ukurannya. Baki kertas utama pada printer yang murah (di bawah US$ 500) biasanya menampung maksimal 250 lembar kertas. Seringkali tidak tersedia opsi untuk menambahkan baki kertas tambahan. Selain itu, printer tersebut umumnya tidak dapat menangani kertas berukuran lebih besar dari legal – satu-satunya cara melakukannya adalah dengan menggunakan baki umpan manual, seperti pada Canon Laser Shot LBP5050N/5050.

Untuk printer Cetak Warna dengan harga lebih mahal, tersedia baki kertas dengan kapasitas sampai 600 lembar kertas (midrange) atau bahkan nyaris 1200 lembar di model yang lebih tinggi. Canon Laser Shot LBP5970 menawarkan baki (feeder cassette) opsional sampai tiga tingkat yang masing-masing berdaya tampung 500 lembar, sehingga secara total (termasuk baki standarnya yang berkapasitas 100 lembar) printer laser warna ini bisa menampung kertas sampai 2000 lembar(khusus Cetak Kartu, Cetak Media, Cetak Promosi).

Temukan informasi mengenai
Printing Colours, Printing Calendar, Printing Warna, Cetak Warna, Cetak Kartu, Cetak Media, Cetak Promosi, Promosi Media dan Cetak Warna & Kartu : Printing Colours & Calendar - Promosi Media Kebon Jeruk Jakarta Barat pada 88db.com.



http://sudarjanto.multiply.com/

{ 0 komentar ... read them below or add one }