Tips Agar Tidur Nyenyak

Diposting oleh malamjumat on Mar 30, 2009


Sangat mengesalkan bila Anda sudah sangat ingin tidur, tapi mata tak juga mau terpejam. Apalagi, bila besok harus bangun pagi-pagi karena ada rapat atau kegiatan yang tak tak bisa ditinggal. Panik karena waktu sudah makin larut tapi Anda belum juga tidur, justru membuat tubuh enggan tidur. Agar tidur terasa nyenyak, simak kiat berikut.

1. Pergilah ke tempat tidur hanya bila mengantuk. Kalau bisa tutupi kaki dengan bed blankets, misalnya japanese Blanket.

2. Jangan makan, menonton, membaca atau melakukan kegiatan lainnya (kecuali berhubungan seks) di tempat tidur.

3. Selalu bangun tidur tepat waktu, pada pukul berapa pun Anda pergi tidur. Walaupun bed blanket (misalnya japanese blanket) masih nyaman. Karena, ini akan merusak jam biologis Anda. Toleransi sebaiknya tak lebih dari 1 jam. Bila Anda masih butuh tambahan waktu dan mengantuk di siang hari, tidurlah selama setengah jam.

4. Jangan minum kopi atau merokok minimal 5-6 jam sebelum tidur.

5. Hentikan kebiasaan minum minuman beralkohol.

6. Berolahraga yang teratur. Namun, sebaiknya dilakukan minimal 4 jam sebelum tidur. Olahraga berat membuat Anda terlalu segar dan susah tidur.

7. Lakukan relaksasi sebelum tidur untuk menghilangkan ketegangan dan melepaskan gangguan pikiran.

8. Jangan makan makanan berat di malam hari. Tapi juga jangan terlalu sedikit karena bisa lapar susah tidur. Makan berat akan menekan diafragma dan menyebabkan napas terganggu. Juga akan berpengaruh pada pembentukan hormon awet muda. Makanlah minimal 2 jam sebelum tidur. Kalau masih lapar, tambahkan susu. Makanan untuk membantu mengantuk antara lain kangkung, buah pala dan pisang. Dengan memakai selimut Jepan mudah-mudahan bisa membantu. Bisa dibeli di blankets shop, atau tempat jual selimut (sell blanket) lain.

9. Bila Anda bekerja dalam shift dan harus bekerja pada malam hari, Anda harus "mengubah" siang menjadi malam. Hindari cahaya, bunyi berisik dan apa pun yang bisa membuat Anda merasa berada di siang hari.

www.kompas.com

Temukan informasi lainnya mengenai Japanese Blankets | Blankets Shop | Japanese Shop | Jual Selimut | Selimut Jepang | Sell Blankets | Bed Blankets hanya di Japanese Blankets Shop : Jual Selimut Jepang – Sell Bed Blankets Duren Sawit Jakarta Timur pada 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }