Teknik Tone Bermain Saxophone

Diposting oleh karpetitem on Mar 18, 2009


Ada beberapa persyaratan dalam Belajar Saxophone al :
Teknik Pernafasan, Tone (Ambusheer) & Fingering

PERNAFASAN
Biasanya dipelajari saat Les Saxophone. Menggunakan nafas perut dan dada, artinya nafas perut ada cara mengambil nafas yang benar mengingat perut mampu menampung 12 liter udara, sedangkan dada hanya menampung 5 liter udara. Dapat dilatih dengan alat musik yang sederhana seperti Belajar HarmonicaCara berlatih nafas perut al sbb :
Tarik nafas dengan mulut lalu disimpan dalam perut, sehingga perut cenderung membesar sampai dirasakan udara ada di perut sampai pinggang, lalu keluarkan dengan mendesis secara perlahan (efisien) dan lakukan secara berulang (apabila dada yang mengembang maka disebut nafas dada, tapi bila dada tidak bergerak dan perut membesar artinya pernafasan perut telah dilakukan dengan benar).
Tarik nafas dengan mulut lalu disimpan dalam perut, sehingga perut membesar lalu dikeluarkan sedikit2 dengan mendesis (seakan perut memompa udara keluar sebagian2).
Pernafasan yang disarankan menggunakan perut agar kita mampu meniup saxophone lebih kuat dan panjang, sedangkan nafas dada boleh digunakan untuk emergency (saat kita harus mengambilkan nafas dengan cepat)

TONE
Merupakan hal yang paling penting dalam Belajar Saxophone, karena tone/suara yang bulat/tebal/bright akan merdu di dengar dan harmonis dengan instrumen musik lainnya. Cobalah berlatih dengan Les Harmonica atau Les Flute terlebih dahulu.
Cara berlatih :
Berlatih nada panjang dengan cara staccato saat Flute Lessons di awal nada utk seluruh nada chromatic atau semua nada dasar, terdapat juga saat kita Belajar Flute.
Berlatih nada panjang pelan (piano) dan nada keras (forte) atau cressendo dan decressendo. Teori ini juga berlaku di dalam Les Flute.
Berlatih nada bawah dan atas. Dapat juga berlatih dengan alat musik lain seperti Les Harmonica
Berlatih stacato dan legato dalam Flute Lessons
Minimal berlatih nada panjang setiap hari minimal 15 menit, diluar Saxophone Lesson

FINGERING
Harus disiplin dalam Saxophone Lesson untuk menggunakan teknik agar kecepatan, akurasi dan halus setiap klep yang ditekan tidak berbunyi, dapat juga berlatih dengan Belajar Gitar atau Belajar Flute.
Cara berlatih agar fingering menjadi baik al :
Salah satunya dengan mempraktekkan Gitar Lesson. Selain itu, jarak jari dengan tuts/klep harus tetap dekat dengan tuts, agar tidak ada jarak bila jari tidak menekan tuts, seperti yang dilakukan saat Belajar Gitar.
Melatih nada tertentu secara berulang-ulang yang posisinya sulit seperti C ke D, C# ke D, D# ke E, F ke F#, F ke G#, F# ke G#, G# ke A, G kw A#, G# ke A#, A# ke B, A# ke C, B ke C dll
Melatih nada2 chord seperti C - E - G - C, C - F, A, C, D, G, B, D dan patern/etude/scale al blues (C-D#-F-F#-G-A#), pentatonic (C-D-E-G-A-C)
Sigh Reading dan Primavista
Membaca not balok merupakan salah satu persyaratan dalam bermain musik, karena membaca not balok merupakan media untuk bermain saxophone secara group dengan instrument musik lainnya (band,ensemble, orchestra) agar serasi, akurat dan sesuai arrangement yang diharapkan oleh arranger, composer & conductor. Bisa juga dipelajari dalam Gitar Lesson saat mengambil Les Gitar
Selain itu membaca not balok bermanfaat untuk mengenal dan mempelajari lagu2 standard, pop dan jazz dari buku2 musik manapun dan mempelajari scale2, patern dan contoh2 improvisasi dari buku2.
Primavista yaitu keakurasian dalam membaca not balok secara langsung dan cepat, jadi untuk mampu menguasai primavista harus berlatih membaca not balok setiap harinya (minimal 30 menit).

IMPROVISASI
Improvisasi dalam Les Saxophone dapat dipelajari dengan memenuhi beberapa syarat sbb:
Menguasai pemahaman tentang isi chord dan fungsinya, jadi sebaiknya belajar saxophone dan Belajar Harmonica harus mengambil dan mempelajari piano/Les Gitar.
Berlatih patern/etude major,major6,dominan7,major7,major9, major11, major13, minor, minor6, minor7, minor9, diminished, augtemented, whole tone dll
Berlatih blues scale seperti C-D#,F,F#,A#,C, pentatonic scale seperti C-D-E-G-A-C dll.
Menguasai solvegio artinya mampu mengindentifikasi nada dalam not angka.
Banyak referensi CD saxophonist dunia seperti david sanborn, ernie watts, charlie parker, dave koz, stan getz, pacuito de riviera, dave vallentine, winton marsallis dll
Bagi yang hanya ingin belajar memainkan lagu dengan saxophone tentunya harus menguasai urutan lagu tersebut (bait1, bait2, reff, bait3 atau chorus) dan mengetahui not lagu tersebut, minimal mampu merasakan nada2 dari lagu tersebut (by feeling/by heart).

http://komunitassaxophoney2k.blogspot.com

Untuk info lebih lanjut, bias dilihat pada
Les Saxophone - Saxophone Lesson - Belajar Harmonica - Belajar Gitar - Belajar Saxophone - Belajar Flute
Les Flute - Flute Lessons - Les Harmonica - Les Gitar - Gitar Lesson dan
Les Saxophone: Belajar Harmonica & Gitar-Les Flute & Flute Lessons di 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }