Souvenir ciri khas daerah

Diposting oleh tangandingin on Mar 28, 2009


Ketua umum DPP IKPS (Ikatan Keluarga Pesisir Selatan) H Hasdanil berharap Kabupaten Pessel sudah memiliki sebuah souvenir handicraft (pernak-pernik khusus daerah). Pasalnya, selaku daerah destinasi wisata di Sumbar, hal ini jelas dibutuhkan.

” Untuk lokasi penjualan barang kerajinan, bisa diplot dilokasi wisata atau dibuatkan ’shop’ khusus. Sasaran utama para wisatawan lokal, mancanegara dan perantau, yang mencari kerajinan handicraft” ujarnya, Kamis (1/5) di Padang.

Disebutkan Hasdanil, kerajinan handicraft (buah tangan) atau oleh-oleh bagi sebuah daerah jelas penting. Bagi para wisatawan (pelancong), souvenir handicraft merupakan satu unsur yang tidak pernah luput dalam rencana perjalanan mereka. barang kerajinan ataupun oleh-oleh tersebut bisa macam-macam rupanya. Entah itu baju, makanan dan minuman, kerajinan barang bekas, aksesoris sampai ke potret kenangan.

design souvenir dibeli karena dianggap mampu mewakili tempat-tempat yang pernah menjadi tujuan. Oleh sebab itu, design souvenir tersebut haruslah mempunyai ciri khas daerah—mencirikan budaya maupun tampilan fisik suatu daerah.

Pessel merupakan daerah yang multi potensi. Terutama tempat-tempat tujuan wisata. Ada Mandeh, Langkisau, Cerocok, Bayang Sani dan lainnya. Melalui design kerajinan tadi, potensi ini bisa kita perkenalkan ke daerah luar. Harapan, bisa memancing kedatangan wisatawan.

” Kalau mau jujur, kita pasti bakal gagap menjawab seandainya ada wisatawan bertanya: Pessel apa design handicraft spesifiknya ? Dimana bisa didapat? Ini mesti cepat disikapi pihak pemkab Pessel,” kata Hasdanil.

Tak cuma itu, di sisi ekonominya, design kerajinan pun diyakini bisa mengangkat perekonomian masyarakat. Lapangan kerja secara langsung terbuka dengan sendirinya. Sejumlah pengusaha kecil (UKM) bakal menggeliat serta terpancing berkreasi membuat ide-ide handicraft design cantik made in Pessel.

” Kita contohkan saja Bukittinggi. Mereka bisa membuka lapangan kerja secara tidak langsung melalui design handicraftnya. Ini layak dijadikan contoh dan yakinlah, Pessel pasti bisa,” tandasnya.

shop centre

Bupati Pessel H Nasrul Abit menyebut, kegiatan mengarah ke sana (menggiatkan pembuatan souvenir) sudah dimulai. Salah satunya, telah beroperasinya pusat penjualan hasil handicraft design Pessel di Sago.

” Kita sudah punya shop centre penjualan hasil kerajinan barang bekas daerah. Tempat ini dikelola langsung Dewan Kesenian dan Kerajina Daerah (Deskranasda) Pessel. Berlokasi di jalan umum Sago Kecamatan IV Jurai Pessel,” katanya.

Disana, tambahnya, sudah bisa diperoleh hasil kerajinan tangan dari barang bekas asli Pessel. Sasaran utama kita juga para pendatang (wisatawan). Menyoal souvenir dari barang bekas, beberapa upaya untuk itu tengah diupayakan.

” Kita memang ada rencana bikin Mou (kerja sama) dengan para pengusaha tour travel (Asita) di Sumbar. Semua tak lepas dari keinginan pemkab mensukseskan Visit Indonesia Years (VIY) 2008. Serta menjadikan ranah pasisia sebagai salah satu daerah destinasi favorit para wisatawan,” harap Nasrul.

http://pesisirselatan.wordpress.com/

Kunjungi semua tentang

Handicraft Design - Souvenir Handicraft - Design Handicraft - Design Souvenir - Design Kerajinan - Kerajinan Barang Bekas -
Barang Bekas - Kerajinan Handicraft - Barang Kerajinan

Dan Handicraft Design & Souvenir Handicraft : Kerajinan Barang Bekas Jakarta hanya di 88DB.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }