Perlunya Penguat Sistem Imun Tubuh

Diposting oleh sabuk item on Mar 13, 2009


Mengonsumsi suplemen makanan dan obat suplemen juga perlu untuk menambah daya tahan tubuh. Musim hujan memaksa tubuh untuk beradaptasi dengan perbedaan suhu udara yang kadang drastis antara siang dan malam. Tingginya kelembaban udara seharian dan hujan terus-menerus dapat berpengaruh pada penurunan daya tahan tubuh. Bila demikian, tubuh harus siap terserang berbagai penyakit.

Ada tiga faktor penyebab timbulnya penyakit atau penyebarannya. Menurut dr Sonia Wibisono dari Klinik Bulungan, Jakarta, faktor tersebut adalah lingkungan ( environment), daya tahan tubuh ( host), dan kuman penyakit ( agent).

‘’Pada saat musim hujan seperti saat ini, lingkungan menduduki peran penting dalam penyebaran berbagai penyakit. Selain itu, perubahan suhu dari dingin ke panas, atau sebaliknya, dapat menurunkan daya tahan tubuh,’’ lanjut Sonia.

Ahli nutrisi dan supplement kesehatan dari Anahata Wellness Center, Penny Sutedjo, mengungkapkan, menerapkan pola hidup sehat dan mencukupi kebutuhan food supplement dan asupan gizi harian dengan konsumsi makanan yang berimbang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Kebutuhan asupan suplemen kesehatan dan gizi tiap orang, lanjutnya, berbeda-beda, tergantung pada usia, aktivitas, jenis kelamin, dan lingkungan. ‘’Pada orang yang hidup di lingkungan yang dekat dengan pabrik, misalnya, kebutuhan vitamin C dan suplemen makanan lebih tinggi dari orang yang hidup di pedesaan karena banyaknya radikal bebas,’’ lanjut Penny.

Tubuh pintar
Menurut Penny, banyak sekali jenis bahan makanan dan supplement makanan yang ada di sekitar kita sangat baik dikonsumsi dan sangat baik untuk pemenuhan kebutuhan gizi sehari-hari. ‘’Beras merah, kacang hijau, dan kentang sangat baik dikonsumsi,’’ kata wanita yang telah berpraktik selama 20 tahun ini.

Penny menekankan pada pentingnya porsi makan dan food supplement yang berimbang, dan bervariasi. ‘’Tubuh kita itu sebenarnya pintar. Ketika kita terlalu banyak mengonsumsi sesuatu tubuh biasanya akan memberikan tanda,’’ tegas Penny. Sebab itu, memberikan variasi pada makanan dan food suplemen setiap hari merupakan salah satu kunci menjalankan pola hidup yang sehat.

‘’Sebenarnya kita boleh makan apa saja termasuk obat supplement asal tidak berlebihan. Ketika kita terlalu banyak mengonsumsi makanan atau obat suplemen tertentu, justru makanan yang seharusnya bermanfaat dapat berubah menjadi racun,’’ tutur Penny.
Misalnya, apabila kita terlalu banyak mengonsumsi pepaya, maka tubuh kita dapat berubah warna menjadi merah.

Phytochemical
Seperti Penny, Sonia menganjurkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan konsumsi makanan dan minuman yang berimbang serta supplement makanan. ‘’Jagalah kualitas kebersihan makanan yang kita makan atau minum. Hindari terlalu banyak makan makanan yang terlalu dingin, atau gorengan karena dapat mengiritasi tenggorokan,’’ ujar dokter lulusan FKUI ini.

Kontributor pada berbagai majalah kesehatan ini menambahkan, mengonsumsi
supplement kesehatan mineral dan vitamin juga perlu untuk menambah daya tahan tubuh. Selain itu, perbanyak konsumsi makanan yang mengandung phytochemical.

Penny meyakinkan, berbagai makanan dan
food suplemen bila dikonsumsi dengan memperhatikan kebutuhan harian tubuh pada asupan vitamin dan variasi yang baik akan berpengaruh baik bagi kesehatan dan daya tahan tubuh.

Agar tak Sakit
Untuk meningkatkan daya tahan tubuh selain mengkonsumsi suplemen kesehatan dan mencegah berbagai penyakit pada musim hujan dr Sonia Wibisono dan Penny Sutedjo memberikan beberapa tips sebagai berikut:

1. Perhatikan kebersihan
2. Perbanyak minum air putih
3. Hindari konsumsi berlebihan camilan yang kurang sehat, ataupun makanan instan.
4. Hindari membeli makanan di sembarang tempat.

http://ng.republika.co.id/


Temukan beragam informasi lain mengenai Food Supplement - Suplemen Makanan - Food Suplemen - Obat Suplemen - Supplement Makanan - Suplemen Kesehatan - Obat Supplement - Supplement Kesehatan hanya di Food Supplement-Suplemen Makanan: Obat Suplemen-Suplemen Kesehatan Bekasi 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }