Metode Homeschooling: Cara Memilihnya

Diposting oleh malamjumat on Mar 19, 2009


Bagaimana cara kita memilih metode homeschooling untuk keluarga kita? Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu Anda:

a. Keluar dari tekanan keharusan
Anda tidak harus mengikuti apa yang menurut orang lain sebagai hal yang baik dan benar. Selama tidak melanggar hukum, Anda memiliki hak sepenuhnya untuk mengelola keluarga Anda, termasuk bagaimana Anda menyelenggarakan pendidikan untuk anak-anak Anda. Kata kunci dalam homeschooling bukan “harus”, tapi “boleh”. Anda boleh memilih dan melakukan hal-hal yang berbeda dengan praktek yang dijalankan orang lain, kalau itu sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk menjadi keluarga homeschooling yang sehat, Anda perlu membangun rasa nyaman dengan diri Anda, nilai-nilai Anda dan nilai-nilai keluarga Anda. Nilai-nilai itulah yang akan mempengaruhi dan menjadi tolok ukur Anda saat memilih sebuah metode atau pendekatan home schooling tertentu untuk keluarga Anda.

b. Berangkat dari keluarga
Dalam masyarakat yang umum, banyak yang hanya mengikuti saja alur mainstream. Mereka menerima semua praktek umum sebagai sebuah kebenaran yang tinggal dijalankan.

Jika Anda menjalani pendidikan alternatif semacam home schooling, Anda perlu berangkat dengan pengenalan nilai-nilai pribadi dan keluarga Anda. Nilai-nilai yang penting buat Anda dan keluarga, ke mana anak-anak Anda hendak diarahkan, apa yang menurut Anda menjadi bekal untuk masa depan anak-anak, bagaimana cara mereka belajar, dan seterusnya. Salah satu contoh yang mungkin kita kenal adalah homeschooling Kak Seto.

Anda mungkin tidak memiliki jawaban formal untuk seluruh pertanyaan-pertanyaan itu. Dan jawaban dari pertanyaan itu mungkin saja diperoleh seiring dengan waktu dan proses yang berjalan. Apa yang penting buat Anda dan keluarga akan mempengaruhi pilihan Anda pada metode-metode homeschooling yang ada, misalnya home schooling Kak Seto.

c. Perluas wawasan
Keluarga school home adalah keluarga pembelajar yang senang dan menikmati proses belajar. Tanpa minat belajar pada orangtua, sulit untuk menciptakan kultur belajar di dalam keluarga. Kultur belajar tidak bisa diciptakan hanya dengan perintah-perintah kepada anak untuk belajar.

Bacalah berbagai pemikiran mengenai pendidikan. Carilah inspirasi melalui diskusi-diskusi dengan praktisi homeschooling dan orang-orang yang peduli dengan pendidikan.

d. Fokus pada materi, bukan kemasan
Jika Anda hendak memilih sebuah metode tertentu untuk praktek school home Anda, fokuskan pada nilai-nilai dan metode yang ditawarkan oleh metode tersebut. Bandingkan nilai-nilai tersebut dengan nilai-nilai dan kebutuhan Anda. Apa yang ditawarkan? Sejauh mana sesuai dengan nilai-nilai Anda? Apakah memenuhi kebutuhan Anda? Bagaimana penerapannya? Banyak contoh homeschool saat ini, salah satu misalnya school home Kak Seto.

Anda tidak perlu terpaku pada label atau nama dari sebuah metode. Yang penting adalah mengenali esensi sebuah metode dan sejauh mana metode itu bermanfaat serta bisa Anda implementasikan. Memilih metode bukanlah sebuah gengsi atau tren, tetapi mencari alat bantu yang dapat mendukung anak-anak Anda untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan yang Anda tetapkan di dalam keluarga. Kalau misalnya terpaku pada sebuah nama misalnya homeschooling Kak Seto, dsb itu merupakan hak Anda.

Anda tak harus memilih satu metode tertentu. Anda boleh saja mengambil aspek-aspek tertentu dari sebuah metode dan menggabungkannya dengan metode lain. Intinya adalah mencari yang sesuai dengan anak-anak dan keluarga Anda. Anak dan keluarga adalah yang utama, bukan metodenya. Seperti diuraikan di atas, misalnya home school Kak Seto yah kembali lagi pada diri masing-masing.


e. Berkembang sesuai waktu
Jangan disandera sebuah metode tertentu. Kapan pun, Anda dapat berganti metode sesuai kebutuhan anak-anak Anda. Siapkan hati dan pikiran untuk terus terbuka di dalam proses menjalani home school.

Ada prinsip-prinsip dan filosofi pendidikan yang mungkin akan bertahan lama dan menjadi inspirasi dasar penyelenggaraan home school Anda. Tetapi, ada juga aspek-aspek praktis yang dapat Anda modifikasi dan kembangkan, atau Anda ganti.

www.sekolahrumah.com

Temukan informasi lainnya mengenai Home Schooling Kak Seto | Home School Kak Seto | Homeschooling Kak Seto | School Home Kak Seto | Homeschooling | Home School | Home Schooling | School Home | Kak Seto hanya di School Home & Home Schooling: Home School & Homeschooling Kak Seto pada 88db.com

{ 1 komentar ... read them below or add one }

Choi Family said...

Homeschool mudah, murah dan tidak perlu dicari karena adanya di dalam rumah kita masing-masing. Tidak perlu lembaga khusus dan tidak perlu bayar uang pangkal atau SPP. Caranya:
- kurikulum bebas, kalau ingin pakai kurikulum diknas bisa beli buku textbook yang beredar di pasaran, bekas juga bisa
- kalau perlu bimbingan belajar, cari bimbingan apa saja, tidak perlu yang bermerek HS
- Untuk legalitas/ujian, cari PKBM di dekat tempat tinggal anda. PKBM jumlahnya ribuan di seluruh Indonesia dan biasa menyelenggarakan ujian kesetaraan. Biayanya antara GRATIS sampai 100.000an rupiah saja. Kalau diatas plafon tersebut harus dikritisi dengan jeli dikemanakan dananya karena peraturannya gratis. Daftar PKBM di sekitar tempat tinggal anda silahkan dilihat di kantor diknas terdekat.

Ribuan anak ikut ujian kesetaraan setiap tahun di seluruh indonesia. Mereka sebagian besar bukan HSer tetapi tidak masalah, jangan pernah takut mengenai masalah legalitas.