Merawat Furniture & Kerajinan Bahan Kayu

Diposting oleh malamjumat on Mar 18, 2009


Bersihkan kotoran yang mengganggu keindahan aksesori kerajinan kayu yang bernilai seni tinggi. Caranya mudah, langkah pengerjaannya praktis.

Kayu mentah atau kayu hasil finishing jadi tahan lama. Material kayu mudah menyerap air, minyak, bahkan debu. Maka furnitur atau aksesori rumah, seperti patung, pigura, dan mangkuk hias, sebaiknya senantiasa mendapat perawatan rutin seperti yang dilakukan pengrajin barang kerajinan dalam merawat hasil karyanya.

Cara melindungi dan merawat kerajinan kayu itu tergantung kondisinya: apakah kayu yang masih mentah (belum dilapisi) atau kayu yang sudah dilapis (finishing). Untuk merawat kedua kondisi kayu itu tentu beda perlakuan. Namun cara merawatnya tak sulit. Anda bisa memakai bahan pembersih dari pabrik atau bahan tradisional.

Kayu Mentah

Kayu mentah ini adalah kayu yang belum pernah dilapisi dengan lapisan antiair dan antiminyak, misalnya melamin atau pelitur.

Langkah-langkah pengerjaan:

1. Ampelas permukaan kayu hingga ke sudut-sudutnya. Ini seperti pengrajin kerajinan yang telah terbiasa melakukan hal ini. Gerakan mengampelas searah dengan serat kayu. Setelah selesai, bersihkan permukaan kayu menggunakan kuas.

2. Sapukan cairan linseed oil dengan memakai kuas. Tunggu beberapa menit agar cairan meresap ke dalam kayu.

3. Gunakan lap bersih untuk meratakan sisa cairan pada permukaan kayu. Biarkan hingga kering antara 1-2jam.

4. Ulangi langkah 2 dan 3 agar permukaan kayu tertutup sempurna layaknya pengrajin kayu. Nah, kerajinan dan furnitur kayu Anda jadi terlindungi dari minyak, air, dan kotoran lainnya.

Kayu dengan Finishing

Langkah merawat barang kerajinan kayu yang sudah dilapisi oleh pelapis melamin atau pelitur.

1. Bersihkan kerajinan tangan kayu menggunakan lap kering dan bersih.
2. Oleskan furniture wax pada kain lap bersih. Gosok pada permukaan kayu searah serat kayu -jangan terlalu menekan, tipis-tipis saja. Jika aksesori kayu Anda banyak ukiran, encerkan wax dengan sedikit bensin atau terpentin. Gunakan kuas lukis untuk mengoleskannya pada bagian detailnya.
3. Biarkan 15 menit, dan ulangi lagi langkah 2 agar mencapai hasil maksimal ala pengrajin kerajian profesional.

Langkah Mengilapkan Kayu

Kayu yang akan dirawat adalah kayu mentah dan kayu yang sudah dengan finishing. Dengan bekerja seperti pengrajin kayu berpengalaman, hasilnya adalah kayu lebih mengilap dan berlapis minyak. Lapisan minyak dapat menangkis air, tapi sifatnya temporer. Anda dapat melakukan perawatan barang kerajinan seperti ini satu-dua minggu sekali.
Caranya:

* Gosokkan ampas kelapa pada permukaan kayu, misalnya kerajinan tangan berbahan kayu. Gosok searah serat kayu dan agak ditekan, hingga ampas membentuk butiran-butiran seperti pasir.
* Biarkan sekitar 10 menit, lantas bersihkan sisa ampas menggunakan lap kering bersih.

www.ideaonline.co.id

Temukan informasi lainnya mengenai Kerajinan Kayu - Barang Kerajinan - Pengrajin Kayu - Kerajinan Tangan - Pengrajin Kerajinan - Pengrajin Barang Kerajinan hanya di Kerajinan Kayu: Barang Kerajinan Pengrajin Kayu & Kerajinan Tangan Bekasi Jawa Barat pada 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }