Mengenal arsitektur lebih dalam

Diposting oleh tangandingin on Mar 28, 2009


Pada saat ini banyak dari arsitektur rumah memadukan keindahan ruang dapur dan ruangan lainnya, ruang dapur ini bukan hanya sebagai pelengkap saja, tetapi dengan desain dapur atau istilahnya desain kitchen yang baik, ruanngan ini akan menjadi bagian dari elemen penting ruangan rumah.



Mungkin pada jaman dahulu kita belum menemukan arsitektur dapur yang sebaik sekarang, dimana arsitektur dapur mengkombinasikan kitchen set sebagai interior dapur yang menarik. Dengan interior dapur yang menarik bisa menghasilakan desain dapur yang menawan. Apakah jaman dulu desain kitchen masih di gunakan dalam mendesain rumah ya? Apakah jaman dahulu interior kitchen set seperti sekarang ya? Yuk kita lihat sejarah tentang arsitek sebelumnya, mungkin saja interior kitchen sudah ada ataupun interior kitchen sudah diterapkan.







Aliran arsitektur desain Neo-Modern muncul pada masa antara tahun 1980 seiring dengan perkembangan arsitektur ruang sejak dinyatakannya kematian arsitektur ruangan modern (1975) dan kemudian ditandai munculnya bangunan-bangunan baru postmodern dengan arsitektur ruang yang menawan. Neo-Modern juga berkembang bersamaan dengan aliran Dekonstruksi dimana arsitek-arsitek besar pada masa itu seperti Frank Gehry, Peter Eisenman, Rem Koolhaas, Bernard Tschumi, Zaha Hadid, Fumihiko Maki, Kazuo Shinoara dan lain-lain yang menghasilkan karya-karya Neo Modern dan Dekonstruksi dengan arsitektur interior yang menarik. Karya-karya Arsitektur Neo-Modern sangat bertentangan dengan sifat klasik (clasissism).



Ciri-ciri yang mendasar pada bangunan-bangunan Neo-Modern yaitu :



1. Memiliki konsep interior ruang yang spesifik seperti bangunan-bangunan postmodern aliran lainnya pada umumnya. interior desain bersifat abstrak tetapi juga merepresentasikan sesuatu, tidak hanya sebagai stilasi dari suatu bentukan tertentu.

2. Masih memperlihatkan kejelasan struktur interior ruang dan sainsnya dengan ide-ide yang inovatif, beralasan dan masuk akal dan adanya arsitektur interior yang lebih ideal.

3. Pertimbangan yang sangat mendasar terhadap arsitektur desain karakter bangunan dengan tetap memperhatikan segi manusia yang menggunakannya.

4. Pada umumnya merupakan pengembangan / lanjutan dari bentukan-bentukan sederhana arsitektur ruangan melalui konsep-konsep dan rekayasa baik secara karakter interior ruangan maupun fungsi struktur serta sains dengan pemikiran yang mendalam.

5. Keseragaman dan keserasian pada facade bangunan lebih diutamakan dengan penggunaan bahan dan warna terkadang bersifat monoton namun inovatif.

6. Memadukan unsur-unsur yang berkesan mungkin dan yang tidak mungkin.



Ciri-ciri diatas merupakan ciri-ciri umum yang dapat terlihat secara visual dari bangunan Neomodern. Untuk mengungkapkannya, para arsitek Neomodern memanfaatkan bentuk, interior desain, penggunaan material dan warna serta struktur dan teknologi yang membuat Neomodern berkembang juga menjadi beberapa aliran seperti Plastism, Suprematism, High-tech dan lain-lain.



Dalam aliran Plastism, banyak digunakan desain ruangan dengan bentukan-bentukan yang berkesan fleksibel dengan banyak kurva serta lengkung. Bentukan yang fleksibel ini membuat desain ruangan bangunan lebih dinamis dan memiliki karakter. Bentukan tersebut tidak selalu bersifat struktural, seringkali bersifat dekoratif namun menyatu dengan bangunan dan interior ruangan bukan sekedar “tempelan” baik secara facade maupun interior bangunan, caranya dengan menggunakan warna dan material bangunan yang inovatif. Intinya aliran Plastism berusaha mengemukakan ide melalui bentukan-bentukan yang tidak umum dari sebuah bangunan.



Hmm jadi tampaknya desain kitchen set jaman dahuku masih belum semenarik desain kitchen set yang sekarang. Jadi termasuk beruntung jika interior kitchen set kita saat ini sudah bagus sekali dan kitchen set pun bisa menjadi interior di ruangan dapur yang menarik.





Kunjungi Lainnya



Arsitektur Ruang - Arsitektur Interior - Arsitektur Desain - Arsitektur Ruangan - Arsitektur Dapur - Interior Ruang
Interior Desain - Interior Ruangan - Interior Kitchen - Interior Kitchen Set - Interior Dapur - Ruang Dapur
Desain Ruangan - Desain Kitchen - Desain Kitchen Set – Kitchen Set - Desain Dapur juga Arsitektur&Interior Ruang:Desain Ruangan-Desain Kitchen Set&Dapur Jakarta Selatan semua ada di 88DB.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }