Mengatasi Gangguan THT Dengan Ear Candle Terapi

Diposting oleh malamjumat on Mar 3, 2009


Ear candling adalah terapi dengan memasukkan alat berbentuk lilin yang tengahnya berlubang ke dalam telinga. Alat yang diberi nama ear candle ini terbuat dari campuran bahan sarang lebah dan linen kualitas tinggi. Di Indonesia kita mengenal ear candle Indonesia.

Proses pengobatannya, ear candle yang telah masuk ke dalam telinga dibakar. Ear therapy candle yang dibakar akan menimbulkan api. Api dalam ear candle menimbulkan panas.

Adanya panas di batang ear therapy akan menimbulkan tekanan di dalam daun telinga. Semakin lama, tekanan di dalam telinga semakin besar.

Sementara itu, adanya api akan menimbulkan asap. Asap yang timbul dari batang ear candles itu akan turut masuk ke dalam telinga hingga memenuhi ruang telinga.

Pada kondisi itulah asap yang telah memenuhi ruang telinga mencari jalan keluar. Karena tekanan yang besar dan keberadaan aliran udara di dalam telinga, asap keluar lagi lewat lubang batang ear candle.

Ketika asap hasil bakaran ear candles keluar lewat lubang batangnya, kotoran yang menempel di gendang telinga ikut terangkat. Nah, kotoran-kotoran itulah yang mengakibatkan gangguan kesehatan di sekitar telinga, hidung, dan tenggorokan. Jadi sebenarnya sistem kerja ear wax candle ini seperti sedot debu dengan vacuum cleaner.

Dua Kanan Dua Kiri

Seperti halnya dokter, ia akan menanyakan setiap keluhan yang dialami pasien. Pasien yang datang biasanya mengeluh pusing menahun dan sinusitis.

Pernah ada pasien dengan keluhan sakit kepala serta pegal-pegal di leher bagian belakang. Lima belas tahun berobat, penyakitnya tak kunjung membaik.

Menurut beberapa pasien yang pernah berobat, setiap kali minum obat, keluhan yang dideritanya hilang. Tapi, beberapa lama kemudian sakit kembali terjadi. Setelah terapi dengan ear wax candle, biasanya tak lagi mengalami pusing dan pegal-pegal di leher.

Setelah mengetahui keluhan pasien, berbaring miring di ranjang di ruang praktiknya. Kemudian ia memeriksa ruang dalam telinga hingga mencapai kedalaman gendang telinga dengan senter khusus.

Biasanya, dari penglihatannya dengan senter itu, ditemukan kotoran yang menyelimuti gendang telinga pasien. Semakin banyak kotoran yang menutupi gendang telinga, bisa dipastikan daya pendengaran akan semakin berkurang dan sakit kepala akan sering terjadi.

Langkah selanjutnya, setelah mengetahui kedalaman kotoran yang menempel di gendang telinga, Susana akan menanyakan lagi daerah yang sering dirasa sakit, kanan atau kiri bila sebelah kanan, ia akan menerapi telinga sebelah kiri terlebih dahulu.

Terapinya dengan memasukkan batangan ear candle yang telah dipasangi lempengan ke dalam telinga. Setelah itu ujung batang ear candle dibakar.

Secara bertahap ear candle therapy dibakar hingga bersisa kurang lebih 5 cm. Sisanya dicabut, lalu dipasang ear candle baru. Setiap kali terapi ia menggunakan dua batang untuk telinga kiri dan dua batang telinga kanan. Lamanya terapi untuk sebatang lilin sekitar 15 menit. Total, untuk seorang pasien, ia bisa menghabiskan waktu selama satu jam.

Dua Kali

* Setelah proses pembakaran selesai, kemudian membersihkan telinga pasien dengan otolin, cairan antibiotik semacam baby oil.

Menuruthya, karena besarnya, seringkali kotoran tidak bisa terangkat atau menempel di ear candle. Untuk itu, ia menggunakan pinset untuk menariknya.

Proses pembersihan selesai, kemudian minum air putih. Supaya tenggorokan tidak kering akibat tekanan saat ear candle therapy. Selain itu, supaya telinga tidak berdengung.

http://griyaterapisehat.wordpress.com

Temukan informasi lainnya mengenai Ear Candle Indonesia, Ear Candle, Ear Therapy, Ear Wax Candle, Ear Candles, Ear Candle Therapy hanya di Ear Candle & Therapy : Ear Candle Indonesia - Ear Wax Candle & Candles pada 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }