Memulai Bisnis Baru Dengan Teori 4P

Diposting oleh Si Jenggot on Mar 30, 2009



Beberapa waktu lalu saya ngobrol dengan teman lama. Setelah lulus kuliah, dia melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Tidak berapa lama, dia resign dari perusahaan tersebut dan pindah ke kantor lain. Menurutnya dia sudah beberapa kali pindah kantor karena ingin mencari suasana baru. Dan ketika dia mendapat pekerjaan di kantor baru, dia tetap saja merasakan suasana kerja yang sama. Harus siap bekerja dibawah tekanan, begitu syarat yang diajukan oleh pimpinan perusahaan.

Kebetulan pas waktu ketemu kemarin dia sedang jadi pengangguran setelah resigh dari pekerjaannya. Dan dia sedang mengirimkan lamaran kerja ke beberapa perusahaan, bahkan sudah ada yang memanggilnya untuk wawancara. Lalu saya menawarkan, kenapa tidak usaha bisnis sendiri aja? Dia bilang tidak punya pengalaman dan tidak tahu tentang usaha bisnis. Bingung bagaimana memulai bisnis baru. Dengan modal kecil kita bisa menciptakan peluang usaha bisnis untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu bisnis usaha kecil memberikan keuntungan bagi orang lain.Banyak orang ingin memulai bisnis baru mandiri. Dia ingin meninggalkan kantor tempat dia bekerja, tetapi dia belum tahu apa yang harus dilakukan untuk memulai usaha barunya. akhirnya dia jadi penganggurandan malah jadi beban buat orang lain. Tentu baik bila punya keinginan untuk berwirausaha, peluang bisnis baru tetapi harus menyiapkan segala sesuatunya sampai benar-benar siap.

Saya teringat dengan teory 4P yang pernah saya baca. Saya katakan kepada dia, kalau mau usaha bisnis, paling tidak kita harus mengenali teory 4 P. Sebuah teory yang disebut Marketing Mix yang deperkenalkan oleh Neil H. Borden ketika dia mepublikasikan artikelnya, The Concept of the Marketing Mix. teori tersebut melupiti:

1. Product, baik produk barang fisik maupun jasa. Sebelum memulai usaha bisnis, harus menentukan produk barang atau jasa apa yang akan dijual (bisnis modal kecil).

2. Price (harga). Yaitu menentukan harga dari produk tersebut dengan menghitung segala biaya bisnis baru yang terkait dalam penjualan agar bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan produk (peluang bisnis murah).

3. Place (tempat). Selain memikirkan produk dan harga, juga harus memikirkan tempat yang pas untuk usaha. Tempat yang mudah dijangkau oleh konsumen dan mudah untuk mendistribusikan produk ke konsumen. Di jaman sekarang, banyak orang berjualan dan tidak bergantung pada tempat secara fisik. Orang bisa berjualan dari internet. Yang dipikirkan hanya bagaimana mendistribusikan pesanan agar sampai ke konsumen dengan cepat dan biaya yang murah (peluang bisnis murah).

4. Promosi. Dan setelah semua siap, lakukan promosi yang effektif melalui media yang pas. Bisa melalui iklan koran, telefisi, selebaran pamflet, maupun melalui internet lewat blog, website, milis, ebook, dan lain-lain (usaha modal murah).Tentu pembahasan ini sangat mendasar. kalu dijabarkan, masih banyak hal yang harus dijelaskan dengan lebih detail (perusahaan bisnis). Paling tidak ada gambaran apa saja yang harus dikuasai sebelum melakukan aktifitas usaha baru.

Sumber: klik-peluangusaha.com

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di usaha bisnis ~ modal kecil ~ modal bisnis ~ perusahaan bisnis ~ usaha baru ~ bisnis murah ~ bisnis baru ~ usaha modal kecil ~ bisnis modal kecil ~ peluang usaha bisnis ~ usaha murah ~ bisnis usaha kecil ~ peluang usaha modal kecil ~ peluang usaha baru ~ peluang bisnis baru ~ peluang bisnis modal kecil ~ bisnis mudah murah ~ peluang usaha murah ~ modal usaha bisnis ~ peluang bisnis murah ~ bisnis modal murah ~ usaha modal murah dan Usaha Baru : Bisnis & Usaha Modal Kecil - Usaha & Bisnis Murah di 88db.com

{ 0 komentar... read them below or add one }