Memilih Jenis & Bentuk Lampu Sesuai Kebutuhan

Diposting oleh malamjumat on Mar 6, 2009



Penting menentukan bentuk dan jenis lampu pada hunian anda. Tentunya setelah menentukan sistem pencahayan yang diidamkan dalam ruangan anda. Karena alih-alih melahirkan pencahayaan yang anda inginkan malah bisa merusak pencahayaan rumah yang telah anda rencanakan semula.

Pertimbangkan juga fungsi serta nilai estetika saat memilih lampu. Terdapat empat jenis lampu yang bisa dipilih untuk hunian anda, yaitu lampu gantung, lampu kerja, lampu dinding, dan lampu tidur.


Lampu gantung merupakan lampu hias yang dipasang menjuntai pada plafon rumah. Lampu ini biasanya ditempatkan di ruang-ruang utama, seperti ruang keluarga atau ruang tamu. Hal yang perlu mendapat perhatian saat memilih lampu gantung adalah harus disesuaikan dengan langgam desain rumah dan sesuaikan juga ukuran lampu gantung dengan luas ruangan.
Untuk lampu gantung, lampu kristal tetap menjadi favorit hingga saat ini. Desain lampu hias seperti ini juga makin beragam, mulai model klasik hingga minimalis. Daya tarik lampu ini adalah keindahan kristalnya yang menjuntai bak anggur, susunan lilin-lilin kaca yang membentuk ranting atau tabung-tabung kaca yang tersusun simetris untuk gaya modern.

Lampu kerja biasanya dihadirkan di area atau ruang yang biasa digunakan untuk bekerja seperti di ruang dapur, ruang kerja di rumah dan ruang baca (perpustakaan). Modelnya sangat beragam, ada yang berupa lampu duduk, downlight serta lampu berdiri (standing lamp). Ada yang menonjolkan fungsi daripada hiasannya (tidak seperti lampu kerajinan hiasan seperti wood lamps, dsb). Tak hanya modelnya yang beragam, bentuknya pun makin variatif. Lampu ini memiliki ciri nyala yang terang.
Lampu dinding yang digunakan sebagai hiasan dinding atau memberikan efek cahaya pada dinding. Lampu jenis ini lebih menonjolkan nilai estetika ketimbang nilai fungsionalnya sebagai penerang. Banyak jenisnya seperti lampu kayu (wood lamps), lampu keramik, lampu kerajinan tangan, dsb. Ada yang menyebutnya lampu hiasan. Karenanya pemilihan lampu jenis ini harus disesuaikan dengan bentuk, gaya, serta desain interior ruangan. Untuk rumah dengan desain minimalis akan cocok dengan bentuk lampu dinding berupa kotak berukuran kecil. Tentu akan beda pilihan lampu hiasan untuk rumah yang memiliki desain klasik, tropis, mediteranian atau etnik.

Lampu tidur yang tentunya digunakan di kamar tidur. Lampu ini memiliki ciri khas cahayanya yang redup dan menenangkan. Lampu ini paling cocok menemani anda saat istirahat malam, karena tidak terlalu terang dan sinarnya tidak menyilaukan. Banyak pilihan lampu yang bisa anda sesuaikan dengan desain interior ruangan anda. Anda harus pandai dan cukup jeli dalam memilih jenis dan bentuk lampu tidur tersebut, karena akan sangat menentukan keindahan ruangan favorit anda. Soal harga, anda juga bebas memilih sesuai dengan kocek anda. Jadi, siap berkreasi dengan lampu sekarang?

www.perempuan.com

Temukan informasi lainnya mengenai Lampu Hias, Wood Lamps, Lampu Kerajinan, Lampu Hiasan, Lampu Tidur hanya di Lampu Hias / Wood Lamps : Lampu Kerajinan & Hiasan – Lampu Tidur Majalengka Jawa Barat pada 88db.com

{ 0 komentar... read them below or add one }