Kerajianan Tangan Dari Barang Bekas

Diposting oleh mabok euyyy on Mar 31, 2009




Ada beberapa hitungan yang dapat digunakan untuk menentukan harga jual aksesori buatan(Souvenir Handicraft) anda ataupun Barang Kerajinan tangan anda lainnya, antara lain:
1. Berdasarkan harga bahan material
Biasanya ditetapkan pada aksesori / Handicraft Design dengan material yang relatif mahal namun dengan pengerjaan yang tidak terlalu rumit. Harga material(cth material murah adalah Barang Bekas )dikalikan 3 atau 4 adalah sistem hitungan yang paling gampang untuk model Souvenir Handicraft.
2. Berdasarkan kompleksitas projek
Dapat diterapkan pada aksesoris atau barang-barang kerajinan tangan lain dengan bahan baku yang relatif murah, namun membutuhkan waktu lama dan segi pengerjaan dan ketrampilan khusus dengan kata lain Handicraft Design juga harus di perhatikan.
Dalam hal ini adalah memperhitungkan harga perjam tenaga kerja dan overhead, baru kemudian ditambahkan harga material Design Handicraft yang diperlukan.
3. Gabungan keduanya4. Perhitungan Design Handicraft dalam jumlah besar.
Bila produksi besar, anda dapat menghitung berapa harga perpiece dengan menghitung kapasitas produksi. Misalnya, dalam seminggu anda memproduksi 100 aksesori. Perhitungan anda adalah: biaya material u 100 aksesori + ongkos produksi (listrik dll)seminggu + tenaga kerja seminggu + biaya lain-lain + profit yang ingin anda dapatkan / 100.
Hasil akhir ini adalah harga terendah produk anda per-buah.
Sistem manapun yang ingin diterapkan, yang penting diingat adalah dalam 1 buah produk Design Kerajinan atau Kerajinan Barang Bekasdijual itu bukan hanya material yang harus diperhitungkan, tapi juga tenaga pembuat, listrik terpakai, waktu terpakai, dan profit yang ingin anda dapatkan.
Jangan ragu untuk memasukkan perhitungan profit bila memang anda ingin membisniskan hasil karya anda. Tentukan profit yang ingin anda dapatkan dari Design Kerajinan atau Kerajinan Barang Bekas, jangan terlalu tinggi namun juga jangan terlalu rendah, karena profit inilah angka tidak tetap yang sewaktu-waktu anda dapat rubah bila anda memberikan "harga khusus" pada pelanggan istimewa anda, atau terpaksa me-diskonkan barang-barang anda.
Cara2 perhitungan ini dapat anda gunakan bila anda menjual langsung Barang Kerajinan anda kepada pembeli. Bila anda menggunakan reseller ataupun sistem konsinyasi, angka dan harga yang didapatkan disini tetap dapat anda gunakan sebagai harga dasar anda, reseller ataupihal lain melakukan mark-up sesuai kebutuhan mereka.

Temukan info tentang kerajinan tangan lainnya di Handicraft Design - Souvenir Handicraft - Design Handicraft - Design Souvenir - Design Kerajinan - Kerajinan Barang Bekas -
Barang Bekas - Kerajinan Handicraft - Barang Kerajinan dan Handicraft Design & Souvenir Handicraft : Kerajinan Barang Bekas Jakarta pada 88db.com


http://blog.manik-cantik.com

{ 7 komentar... read them below or add one }

elce said...

wah..sangat informatif..terima kasih...

wiwi said...

waaahh....kreatif bgt,..

Anonymous said...

saya teongrtarik untuk memulai usaha kerajinan, khususnya souvenir pernikahan dengan bahan dasar kulit kerang (lokan) yang banyak di daerah kami. tapi tidak memilki alatnya. dimana saya bisa mendapatkan infonya... (pemotong, gurinda, penghalus dan sejenisnya)
Thanks

ujang said...

informasinya ckup bagus..
#promosi :D
kunjungi juga ya blog saya :)
di http://www.rizkyrentalmobil.blogspot.com/
terimakasih

serba serbi dunia said...

kalau bisa sekalian ditampilkan mas cara membuat dan gambarnya ..trims

Murid pintar (Mimi) said...

Kreatif bgt! Hohoho.... Aku jadi bisa bikin PR kerajinan tangan dari barang bekas!

Aksesoris Wanita said...

Cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas gimana ya?