Kekuatan Bangunan Minimalis

Diposting oleh karpetitem on Mar 20, 2009


Kerumitan sering ditampilkan dalam gaya Arsitektur Minimalis klasik atau Desain Minimalis, yang karena keinginan untuk menampilkan keagungan, dibuatlah segala sesuatunya tampak sangat berlebihan, mencengangkan dan bisa juga membuat kita merasa kecil. Ini adalah suatu kekuatan yang dipicu oleh keinginan kerumitan.

Lantas, apakah Bangunan Minimalis tidak memiliki kekuatan? Oh ya, ternyata Bangunan Rumah Minimalis juga memiliki kekuatan yang tak kalah besarnya bila digunakan dengan baik. Arsitektur Rumah Minimalis itu seperti meditasi versus upacara megah. Arsitektur Bangunan Jepang versus Arsitektur Bangunan Jaman Barok.

Justru dari kesederhanaan Arsitektur Minimalis muncul keagungan, karena dalam kesederhanaan Desain Minimalis, diam, tanpa gerak dan suasana meditatif, segala Bangunan Rumah Minimalis menjadi terasa berarti, lebih mendalam, bahkan keheningan itu sendiri merupakan keagungan.

Didalam Arsitektur Rumah Minimalis, orang diajak untuk lebih aware, dalam kekosongan terdapat ruang kelegaan yang luar biasa dalam batin kita.

Interior Bangunan Minimalis
Inilah mengapa beberapa orang menjadi sangat tertarik dengan gaya Arsitektur Desain minimalis. Arsitektur Desain Minimalis kurang lebih dapat memberikan efek yang serupa seperti perasaan keagungan ketika berada di Bangunan Desain rumah berarsitektur Jepang.

Romo Mangun berkata dalam bukunya Wastu Citra yang legendaris itu, bahwa orang jepang mencari keheningan dan ketenangan dalam perasaan bersemadi. Mereka membangun Rumah Minimalis dengan bahan-bahan yang sangat ringan, dengan kayu, bambu dan jerami, dengan kertas dan sutera. Orang Jepang lebih suka pada Bangunan Desain yang transparan, hemat bahan, seolah-olah rohani tanpa membutuhkan materi.

Ketika ditarik kembali ke jaman modern ini, maka keheningan dalam berarsitektur merupakan upaya untuk menghadirkan kelegaan, kemurnian dan meninggalkan keruwetan yang sering terjadi dalam dunia modern.
Karena itu, arsitektur minimalis misalnya Rumah Minimalis, merupakan jawaban yang dicari untuk mencari kelegaan di Kota yang serba sumpek.

http://www.astudio.id.or.id

Untuk informasi selanjutnya, silahkan lihat di arsitektur minimalis,arsitektur bangunan,arsitektur desain,desain minimalis,rumah minimalis,bangunan minimalis,bangunan rumah minimalis,arsitektur rumah minimalis,bangunan desain dan Arsitektur Minimalis & Bangunan:Desain Minimalis & Rumah Minimalis Sidoarjo Jawa Timur di 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }