Handy Talkie Di Kepolisian

Diposting oleh karpetitem on Mar 24, 2009


Alat komunikasi yang paling efektif di jajaran kepolisian, dan sampai saat ini masih banyak digunakan dan diakui kehebatannya, adalah alat komunikasi handy talkie (ht) dari rental handy talkie. Bagi setiap anggota polisi yang memegang alat handy talky dari sewa handy talky ini, otomastis mengetahui apa yang terjadi di daerahnya. Sebab, informasi lewat handy talkie (ht) dari rental handy talky itu akan menyebar dalam waktu bersamaan.
Tetapi, handy talkie dari rental handy talkie yang sebelumnya dibanggakan oleh jajaran kepolisian, kini sudah tidak diminati lagi. Kalau sebelumnya hampir semua anggota polisi mempunyai handy talky dari sewa handy talky, kini hanya beberapa orang saja yang rental ht. Hanyalah Bagian operator dan Samapta serta anggota yang piket, yang masih mempertahankan alat komunikasi dari sewa ht itu.
Waka Polres Metro Bekasi Purwadi Arianto, juga mengakui bahwa sewa handy talkie tersebut kini kurang diminati anggotanya. Kalau dulu, katanya seorang polisi memegang sewa handy talkie, ada rasa kebanggaannya. Tetapi saat ini, seorang angggota polisi memegang HT dari rental handy talky, dinilai sudah kuno dan tidak zamannya lagi. Saat ini tambahnya, kebanyakan anggota polisi di jajaran Polres Metro Bekasi ini sudah mempunyai hand phone (HP).
Padahal, dalam operasional, manfaat HT dari sewa ht sebenarnya jauh lebih efektif dibanding HP. Sebab, informasi atau kabar berita yang disampaikan melalui HT dari rental ht, semua jajaran anggota yang mempunyai HT memperoleh informasi seraca serentak dan bersamaan. Maka, kalaupun perlu pengejaran, lebih cepat dilakukan karena anggota yang memegang HT menyebar di berbagai tempat.
Namun, kalau melalui HP, hanya orang yang bersangkutan yang mendapat berita atau informasi. Purwadi mengakui, selain tidak zamannya lagi dan dinilai kuno, harga HT jauh lebih mahal dibanding HP. Kalau HP harganya ada yang Rp 500.000, harga HT jutaan rupiah. Dari segi harga, otomatis anggota memilih HP ketimbang HT, selain itu dapat pula digunakan buat keperkuan keluarga.
Purwadi mengakui, kalau ada HT yang di tangan anggota, sebagian besar dibeli dengan uang pribadi. Kalau HT dinas, hanya beberapa unit saja karena tidak ada anggaran dinas untuk setiap anggota polisi memiliki alat komunikasi HT tersebut. Padahal, dari segi manfaat, HT jauh lebih berguna daripada HP dalam tugas-tugas kepolisian. Jangan-jangan penjahat memanfaatkan kelemahan ini, sehingga banyak yang lolos dari kejaran.
(SH/jonder sihotang)

http://www.sinarharapan.co.id

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Rental Handy Talkie - Sewa HT - Rental HT - Handy Talkie - Handy Talky - HT - Sewa Handy Talkie -
Sewa Handy Talky - Rental Handy Talky dan
Rental Handy Talkie & Sewa HT : Rental HT - Handy Talky & Talkie Jakarta di 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }