Geliat Rental Mobil Menjelang Lebaran

Diposting oleh malamjumat on Mar 3, 2009


Hal-hal seperti inilah yang dimanfaatkan oleh para pemain dibisnis rental mobil, karena biasanya banyak orang mulai beralih untuk mempergunakan jasa car rentals.

Masing-masing tempat penyewaan mobil mulai dari yang besar semacam TRAC, Cipaganti dll sampai dengan rental berskala kecil bersaing untuk menggaet konsumen. Persyaratan atau prosedur bagi mereka yang ingin menyewa mobil saat ini tidak lagi terlalu berbelit-belit. Memang ada sebagian yang memberikan persyaratan yang agak berbelit tapi semata-mata demi keamanan dan kenyamanan bersama.


Prosedur Penyewaan
Untuk persyaratan hampir disemua tempat memberikan prosedur yang kurang lebih sama. Seperti salah satu rental penyewaan mobil APY Rent A Car dibilangan Tebet, Jakarta Selatan, mereka memberikan persyaratan yang mengharuskan para penyewanya untuk memenuhinya, berbagai kriteria itu sebagai berikut :
  • Mencantumkan nama
  • No.telepon rumah
  • No.telepon kantor
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi KK
  • Fotokopi SIM
  • Fotokopi PBB
  • Surat jaminan
Khusus untuk model penyewaan tanpa supir atau sering disebut dengan istilah lepas kunci, sebelumnya pihak rental mobil melakukan survei kepihak penyewa Untuk itu mereka memberikan biaya survei sebesar 50 ribu untuk wilayah Jakarta sedangkan untuk diluar wilayah Jakarta biaya survei yang dibebankan sebesar 100 ribu. Untuk survei ini pun hanya diberikan apabila mereka yang ingin menyewa kendaraan dengan model bulanan.

Sedangkan untuk biaya car rental, mahal-murahnya tergantung dari rental dan dari jenis kendaraan yang akan disewa. Menjelang lebaran seperti tahun-tahun yang lalu, umumnya rental-rental sudah mulai mengeluarkan produk paket penyewaan dan biaya sewanya lebih murah dibandingkan dengan menyewa secara harian. Paket yang ditawarkan biasanya dihitung minimal 10 hari penyewaan baik dengan atau tanpa supir.


*Sama seperti yang dituliskan dalam majalah Autobild, '”Perusahaan Sun Rent Car juga menyediakan paket mudik 7 hari dan bila dikalkulasi biayanya dapat lebih murah. Biaya car rental yang dikenakan hanya selama 6 hari dan satu hari lagi tidak dihitung. Selain ada batas minimal penyewaan, harga auto rental juga disesuaikan hingga 25% dari harga normal per hari. Sementara sekitar 5% dari seluruh 1500 unit diperuntukan menjelang peak season ini.


Sedangkan Toyota Rent A Car (TRAC), menyediakan paket auto rental secara Long Term dan Short Term. Didalamnya tersedia pilihan paket 4, 7 dan 10 hari. Biaya tambahan akan dikenakan apabila waktu penyewaan bertambah. Tambahan biaya sewa car rentals harian akan dibebankan sebesar 650ribu, biaya-biaya tersebut belum termasuk servis pengemudi dan Ppn 10%.*


Fasilitas Plus Menjelang Mudik
Fasilitas lain yang biasanya disediakan pada hari biasa dengan hari raya biasanya sedikit berbeda. Untuk lebih memanjakan para penyewa menjelang hari raya, biasanya kemudahan-kemudahan selalu diberikan. Bagi auto rent car - auto rentals besar, kemudahan-kemudahan yang diberikan antara lain mobil pengganti, layanan darurat 24 jam, bengkel rekanan, serta asuransi. Sedangkan untuk automobile rental non institusi biasanya mereka hanya memberikan kemudahan fasilitas semacam penggantian mobil dan juga bengkel rekanan.


Bagi yang sudah memutuskan atau berkeinginan untuk melakukan auto rent car - auto rentals untuk merayakan hari raya dikampung halaman, ada baiknya memperhatikan beberapa tips berikut:
  • Sebaiknya menyewa mobil sedini mungkin agar dapat leluasa dalam memilih mobil yang sesuai dengan pilihan serta kebutuhan.
  • Kenali karakter mobil dari auto rent, car rent yang akan dipergunakan, baik dari segi kenyamanan maupun keamanannya serta layanan darurat 24 jam, pilih yang sekiranya sesuai dan familiar untuk dikemudikan.
  • Minta catatan bengkel rekanan dan posko darurat dari tempat penyewaan mobil tersebut.
  • Minta contact person/tempat automobile rental yang mudah dihubungi apabila ada keadaan darurat atau musibah.
  • Ada baiknya mengetahui jaringan kerja rental mobil yang dipergunakan untuk lebih mempermudah koordinasi
  • Tanyakan mengenai jaminan asuransi yang diberikan oleh auto rent / car rent apakah jaminan asuransi komprehensif mencakup third party liability (TPL) dengan begitu anda akan merasa aman dalam mengendarai kendaraan sewaan.
www.situsotomotif.com

Temukan informasi lainnya mengenai Auto Rent, Auto Rent Car, Car Rent, Auto Rentals, Car Rentals, Auto Rental, Car Rental, Automobile Rental hanya di Auto Rent Car & Car Rent : Auto & Car Rentals - Automobile Rental Jakarta Selatan pada 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }