Behati-hati Memilih Obat Pelangsing

Diposting oleh malamjumat on Mar 24, 2009


Banyak yang tidak terdaftar
Kalau memang berbahaya, mengapa obat-obatan itu (obat pelangsing tubuh, obat diet) masih banyak beredar di berbagai belahan dunia? Dalam sebuah Kongres Internasional Nefrologi di Australia beberapa tahun lalu, Charles van Ypersele, Guru Besar Kedokteran pada Universitas Louvain di Brussels, Belgia, menyesalkan tidak adanya quality control, baik di Cina yang mengekspor obat langsing maupun di negara van Ypersele sendiri, Belgia. Perusahaan-perusahaan Belgia yang mengimpornya menuding yang bertanggung jawab untuk menganalisis produk tersebut adalah para farmakolog.

Bagaimana di Indonesia? Menurut Marius, yang pernah menemukan obat mengandung fenfluramine di pasaran dalam negeri 2002 silam, di negeri kita lebih buruk lagi. la tidak tahu dengan jelas dari mana masuknya semacam obat pelangsing tubuh itu. Dan ia yakin bukan diimpor dari Cina, karena harga obat diet tsb cukup murah. "Bukan tidak mungkin itu buatan Sawah Besar atau Daan Mogot. Tulisan Cinanya hanya sebagai pemantas," ungkapnya dengan nada setengah bercanda. Anehnya lagi, di Indonesia produk yang dijual dengan harga murah biasanya hanya dipandang sebelah mata. Tetapi, begitu harganya mahal, misalnya ratusan ribu rupiah, langsung diserbu atau mendapat perhatian.Yang cukup mengganggu adalah bahasa Cina yang tercantum dalam kemasan obat-obatan tersebut. Sebenarnya ada peraturan yang menyatakan bahwa obat-obatan termasuk produk diet dan obat pelangsing tubuh yang beredar di Indonesia harus mencantumkan keterangan dalam bahasa Indonesia pada kemasannya.

Sementara sebagian besar obat pelangsing Cina hanya mencantumkan bahasa Cina. Jangankan bahasa Indonesia, bahasa Inggris pun tidak ada. Di antara 50-100 obat pelangsing yang ditemukan di pasar pada tahun 2002, sebagian besar memang tidak terdaftar. Artinya, tidak mencantumkan tanda registrasi dari Depkes atau Badan POM. Semestinya tanda registrasi itu dicetak pada kemasan. Nah, di pasar ada yang tanda registrasinya pakai sticker. Jadi, tanda itu dapat dipindah-pindahkan. Aneh memang. Marius menjelaskan, ada peraturan bahwa produk yang diindikasikan untuk mengobati penyakit, tetapi tidak memiliki bukti ilmiah, akan diregistrasi sebagai ’TR’ (tradisional). Inilah yang tercantum pada obat Cina yang terdaftar di Indonesia. Termasuk produk pelangsing tubuh.

Sedangkan produk yang tidak diindikasikan untuk mengobati, akan dimasukkan sebagai suplemen makanan dengan registrasi ’MD’ (untuk makanan dari dalam negeri) dan ’ML’ (untuk makanan Dari Luar Negeri). Sedangkan bila dapat ’Berperan’ sebagai obat dan makanan, akan diberi registrasi ‘B’ "jadi, dibuat grey area. Padahal, seharusnya ada criteria yang tegas. Jadi tergantung produk pelangsing itu mau dipromosikan sebagai apa. Marius lalu mencoba menyimpulkan bahwa semua produk obat yang tidak memiliki tanda registrasi dapat dikatakan ’ilegal’. Artinya, risiko yang timbul akan ditanggung sendiri oleh konsumen.

Berkonsultasi Dahulu
Obat dapat diumpamakan sebagai pisau bermata dua. Dapat menyembuhkan, dapat pula membahayakan. Lebih sulit lagi memonitor risiko dan efek samping pengobatan naturopatik dan herbal yang biasanya belum melalui uji ilmiah. Kita sendirilah yang dapat mengatur penggunaan ’pisau bermata dua’ ini. Seperti kata Marius, bila Anda akan mengkonsumsi obat-obatan termasuk obat pelangsing tubuh, konsumsilah sesuai dengan indikasinya. Ada baiknya sebelum mengkonsumsinya, Anda mencari informasi sebanyak-banyaknya. Jangan tergiur oleh harga yang mahal. Carilah jenis obat termasuk produk diet dan produk pelangsing yang sudah terdaftar.

"Kalau ingin langsing, lebih baik Anda menjalani pola makan sehat dan melakukan olahraga secara teratur. Bukannya minum obat langsing. jadi, jangan langsing secara ’karbitan’. Efeknya bisa panjang." Sedangkan Mochtar mengatakan, bila memang ingin memanfaat-kan obat pelangsing tubuh, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter gizi terlebih dahulu, agar mendapatkan obat yang sesuai, sehingga hasilnya maksimal. Dan seperti Marius, ia juga menekankan pentingnya diet seimbang dan olahraga teratur.

www.jadilangsing.com

Temukan informasi lainnya mengenai Produk Diet - Obat Diet - Obat Pelangsing - Obat Langsing - Pelangsing Tubuh - Produk Pelangsing - Obat Pelangsing Tubuh - Produk Pelangsing Tubuh hanya di Produk&Obat Diet : Obat Pelangsing&Obat Langsing-Pelangsing Tubuh Jakarta pada 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }