Asuransi Fraud dan ceritanya

Diposting oleh tangandingin on Mar 28, 2009


Banyak perusahaan Asuransi Kendaraan salah satu perusahaan yang terkenal adalah Adira Autocillin. Justru karena banyak nya perusahaan sekelas Adira Insurance ini banyak pihak yang tak bertanggung jawab mulai melakuan penipuan asuransi. Mari kita bahas tentang penipuan yang terkadang Asuransi Autocillin menjadi korbannya.

Penipuan asuransi atau insurance fraud merupakan suatu tindakan melanggar hukum dan pihak Asuransi Adira sering mendapatkan kasus seperti ini. Pelanggaran terhadap kepentingan perusahaan asuransi salah satunya adalah Asuransi Kendaraan, dengan tujuan mendapatkan keuntungan finansial secara tidak sah dari penutupan suatu resiko. Penipuan asuransi dapat dikategorikan menjadi 2 yaitu hard fraud (penipuan berat) seperti memalsukan kejadian kecelakaan atau sengaja menciptakan kejadian yang dilakukan secara terencana seperti merusak mobil dengan sengaja agar pihak dari Asuransi Autocillin bisa menggantinya, dan soft fraud (penipuan ringan) seperti melebihkan nilai klaim. Seperti misalnya mobil hanya lecet sedikit tapi klien kalim ke pihak Adira Autocillin sengant besar Kenyataan bahwa masih lemahnya sangsi hukum membuat penipuan asuransi semakin meningkat baik kualitas dan kuantitasnya.

Undang-undang No. 2 tahun 1992 tentang Usaha Perasuransian belum cukup untuk melindungi perusahaan asuransi dari usaha penipuan asuransi. Perangkat hukum lainnya yang berhubungan dengan penipuan asuransi terdapat pada KUHD antara lain pada Pasal 251 mengenai etikad buruk dengan memberikan keterangan yang tidak benar, Pasal 255-256 mengenai pertanggungan akta Polis dan isinya, Pasal 269 tentang terjadinya kerugian sebelum pertanggungan, Pasal 306 tentang asuransi jiwa.

Beberapa indikator / kondisi yang memungkinkan terjadinya Fraud Insurance antara lain:

1. Situasi pemegang polis sebelum terjadinya kerugian sedang mengalami kesulitan keuangan, hak kepemilikan tidak jelas, barang-barang yang tidak terjual dalam jumlah besar, pemasaran sedang kurang baik dan mengalami kerugian pada operasional usaha dan tidak mampu bersaing,.

2. Kondisi polis sebelum terjadinya kerugian yang sering berganti penanggung, harga pertanggungan yang dinaikkan dengan sangat tinggi, pelunasan tunggakan premi dan pembelian barang dalam jumlah besar.

3. Sifat pemegang polis setelah terjadinya kerugian yang menolak membuat pernyataan tertulis dan memberikan tekanan agar klaim dapat diselesaikan secepatnya.

4. Sebab kerugian yang tidak dapat ditelusuri, terjadi di waktu malam hari atau pada akhir pekan atau libur resmi, sumber api pada beberapa titik, mengajukan klaim tidak lama setelah berlakunya polis atau mendekati akhir periode pertanggungan, tidak berfungsinya alat pemadam dan kehilangan catatan dari angka kerugian.

Sebenarnya pihak Asuransi Adira dapat melawan penipuan asuransi dengan cara bekerja sama membentuk suatu lembaga nirlaba seperti di Amerika Serikat (Insurance Fraud Bureau). Lembaga ini dibiayai secara bersama dan bertugas untuk memonitor dan meneliti laporan klaim yang mencurigakan. Usaha lainnya mengurangi usaha penipuan asuransi adalah dengan memodifikasi produk-produk produk Adira Insurance agar bisa menghindari dari penipuan oleh pihak tak bertanggung jawab.

Temukan semua tentang


Asuransi Adira - Adira Insurance - Asuransi Kendaraan - Adira Autocillin - Asuransi Autocillin dan Asuransi Adira/Adira Insurance:Asuransi Kendaraan Adira Autocillin Cibubur Jakarta Timur semua ada di 88DB.COM

{ 0 komentar ... read them below or add one }