Anak Perempuan vs Warna Pink

Diposting oleh malamjumat on Mar 13, 2009


Kalau Anda berkunjung ke bagian mainan dan pakaian anak perempuan di pusat perbelanjaan, Anda akan mendapati dominasi warna merah jambu atau pink di sana. Fenomena ini mendapat kritikan dari para ahli yang mengatakan "wabah pink" tersebut telah mencuci otak anak perempuan dan memperkuat perbedaan gender.

Seperti dikuti oleh harian Telegraph, para ahli mengklaim, wabah pink telah membuat anak perempuan menjadi terikat dengan satu warna bahkan sebelum mereka berusia tiga tahun. Akibatnya (toko pakaian anak, toko pakaian bayi, dsb), bila mereka mendapat mainan atau baju yang berwarna lain, mereka akan menolak.

Anak-anak perempuan yang selalu dijejali dengan berbagai perlengkapan (pakaian anak - pakaian bayi, dsb) dan mainan warna pink, dikhawatirkan para ahli akan menjadi generasi "princess". "Kini sulit mencari anak perempuan berusia di atas tiga tahun yang tidak terobsesi oleh warna pink," kata Sue Palmer, penulis buku Toxic Childhood.

Pendapat Palmer cukup beralasan, mengingat saat ini cukup sulit mencari baju anak - busana anak, mainan, bahkan buku, untuk anak perempuan yang tidak berwarna pink. "Buat saya, bahaya yang sebenarnya adalah kuatnya pengaruh pasar dalam memasuki alam pikiran anak-anak kecil," katanya.

Mengapa pink?
Sebenarnya, mengapa anak perempuan identik dengan warna pink? Mengenai hal ini, ada banyak pendapat berbeda. Sebagian berpendapat, anak perempuan tertarik warna pink karena sudah dikondisikan demikian oleh orangtuanya sejak hari pertama mereka lahir. Jadi tidak heran busana anak atau baju anak perempuan selalu diidentikkan dengan pink.

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Anya Hurlbert dan Yazhu Ling, peneliti dari Universitas Newcastle, diketahui para respoden perempuan yang diperlihatkan berbagai kombinasi warna, ternyata lebih memilih warna pink sebagai warna favorit mereka. Jadi tidak heran pakaian bayi perempuan, baju bayi, busana bayi dicirikan berwarna pink. Sementara itu warna biru dipilih oleh mayoritas responden pria.

Padahal, lebih dari 100 tahun lalu, warna merah jambu justru lekat dengan anak laki-laki. Merah jambu, yang didapat dari campuran warna merah dan putih, dimana merah mewakili penggambaran ideal pria dewasa, kuat, bertenaga, dan agresif.

Namun kini warna pink lekat dengan citra kelembutan, cinta, dan perlindungan. Pink adalah warna bermacam jenis bunga dan warna bayi yang baru lahir. Jadi tidak heran jika di toko atau tempat jual busana, jual baju begitu meriahnya warna pink untuk menarik wanita.


www.kompas.com


Temukan informasi lainnya mengenai Toko Pakaian Anak - Toko Pakaian Bayi - Pakaian Anak - Pakaian Bayi - Jual Baju - Jual Busana - Busana Anak - Busana Bayi - Baju Anak - Baju Bayi hanya di Toko Pakaian Anak & Bayi: Jual Baju & Busana Anak - Pakaian Bayi Jakarta pada 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }