Tips & Cara Scan Pas Foto di Scanner untuk Membuat Foto Fisik Menjadi Foto Digital

Diposting oleh malamjumat on Feb 6, 2009



Pada jaman canggih dan modern seperti sekarang ini pas foto digital dalam bentuk file data non fisik sangat dibutuhkan untuk berbagai keperluan sehari-hari. Contoh yang paling sering menggunakan pas foto pribadi untuk melamar lowongan pekerjaan di internet, untuk gambar profil pribadi di friendster serta situs internet lainnya, untuk avatar forum dan internet instant messenger, untuk membuat curriculum vittae atau cv biasa agar terlihat lebih profesional, dan berbagai kebutuhan lainnya. Ada juga menampilkan foto produk (foto product) daripada memanfaatkan jasa fotografi/jasa photography.

Berikut adalah tips dalam membuat foto digital agar terlihat bagus dan profesional :

1. Foto Baru / Update
Gunakan foto terbaru untuk kegiatan yang bersifat formal. Jangan gunakan foto sma ketika anda hendak ngelamar kerja setelah lulus kuliah. Kalau produk yah photo product baru.

2. Foto Terbaik dan Rapi
Foto anda mencerminkan kepribadian anda yang sesungguhnya. Buatlah pas foto yang baik di tempat khusus studio foto baik yang manual maupun digital karena hasilnya akan lebih baik daripada anda menggunakan foto digital sendiri atau foto pada ponsel hp anda. Ya tentunya begitu juga dengan photo product.

3. Skala Pada Pas Foto yang Tepat
Gunakan piranti lunak / software pengolah gambar seperti acdsee, corel draw, adobe photoshop dan lain sebagainya untuk membuat foto anda tidak terlalu jauh maupun dekat, wajah lebih terlihat jelas, posisi berada di tengah-tengah foto (foto produk, dsb), dan lain sebagainya.

4. Foto Berwarna
Sebaiknya anda menggunakan foto berwarna untuk berbagai keperluan yang bersifat formal. Apabila diperlukan foto hitam putih, maka anda tinggal mengkonversi menjadi pas foto hitam putih / bw / black and white. Pastikan background atau latar belakang pada pas foto anda tidak gelap jika dikonversi menjadi foto hipam putih. Foto product juga alangkah baiknya menggunakan foto seperti itu.

5. Resolusi yang Tepat dan Tidak Buram
Jika anda ingin membuat gambar yang besar janganlah menggunakan gambar yang ketajaman gambar atau resolusinya kecil agar saat gambar diperbesar tidak pecah atau terlihat buram.

Disamping itu cara untuk membuat pas foto dijital adalah dengan cara nyecan atau scan menggunakan scanner :

A. Scan di Tempat Umum Komersial
Biasanya di warnet, tempat rental pengetikan, tempat cuci cetak foto digital memiliki layanan scan foto atau layanan jasa photography fisik menjadi digital dengan tarif-tarif tertentu. Biasanya tarif didasarkan atas jumlah scan dan juga besar kecil yang discan. Sebaiknya anda minta scan beberapa pas foto sekaligus agar biayanya lebih murah dan minta scannya dengan resolusi atau ketajaman gambar yang tinggi agar nantinya bisa fleksibel dalam pengolahan di kemudian hari untuk berbagai keperluan. Hati-hatilah memilih tempat jasa fotografi.

B. Scan Sendiri di Rumah atau Kantor
Untuk melakukan scan gambar atau teks diperlukan mesin scanner, kabel-kabel, software river dan juga software untuk scanning. Pastikan semuanya telah lengkap serta anda membawa alat penympan data secukupnya baik berupa disket maupun usb flash disk. Untuk scanning pastikan scanner telah menyala dan berjalan dengan baik. Lalu buka software scanning dan kemudian tinggal melakukan scanning gambar yang diingainkan sesuai selera. Sehingga foto pribadi atau fotografi produk Anda maksimal.

http://organisasi.org

Temukan informasi lainnya mengenai Foto Produk, Foto Product, Photo Product, Jasa Photography, Jasa Fotografi, Photography Product, Fotografi Product hanya di Foto Produk / Photo Product: Jasa Photography & Fotografi Product pada 88db.com

{ 0 komentar... read them below or add one }