Pengetahuan Dasar Untuk Menjadi Web Designer

Diposting oleh malamjumat on Feb 10, 2009


Dalam pembuatan web atau pembuatan website dibutuhkan beberapa pengetahuan/keterampilan standar sehingga website yang dihasilkan menaikkan citra perusahaan. Tulisan ini sebagai dasar bagi pemula untuk berani memulai membangun atau dalam proses pembuatan web atau pembuatan website dan memulai memasuki cakrawala baru yang dapat meningkatkan ketrampilan dan pendapatan anda.

Untuk memulainya, anda harus mengetahui dan menguasai beberapa pengetahuan/software diantaranya:

1. Perencanaan website

Proses ini merupakan awal dalam merencanakan halaman web dan seluruh web. Dimulai dengan mengumpulkan seluruh data dan informasi kemudian hasil akhirnya adalah sebuah “sitemap” lalu dimulai dengan merancang tata letak (layout) halaman, biasanya dilakukan mendesain tata letak halaman depan dan halaman kedua (melakukan desain website). Dalam membuat desain website dalam hal ini mendesain halaman ini beberapa komponen penting biasanya masuk adalah navigasi, content, rencana letak image, copyright (bagian footer), komponen website dan hal lain yang dianggap perlu. Bisa menggunakan software aplikasi. Ada juga yang menggunakan software desain lain. Software yang biasa digunakan adalah: Microsoft Visio dan menggunakan Concept Draw Webwave (http://www.conceptdraw.com).

2. Desain Halaman Web Dasar

Berdasarkan hal diatas selanjutnya kita mulai melakukan desain web dengan menterjemahkan perencanaan ke dalam software desain, keahlian yang mesti diperdalam adalah typografi (kemampuan memilih font yang tepat), tata letak halaman (menguasai kemampuan membagi ruang halaman), pewarnaan (menguasai konsep warna dan pemilihan warna berdasarkan warna perusahaan dan teori pencampuran warna). Ada beberapa software yang digunakan, misalnya ada yang menggunakan software aplikasi atau software website lainnya. Software yang digunakan salah satunya Adobe Photoshop, dengan mempelajari pembuatan tombol/navigasi, background, bekerja dengan teks, manipulasi gambar/image, dan khususnya memperdalam teknik-teknik desain web. Banyak sekali resource gratis yang bisa anda temukan di website khususnya belajar photoshop untuk website, anda bisa mencarinya di search engine dengan keyword “tutorial photoshop for web”. Untuk memudahkan anda mendesain web ini, pbisa membukaiwww.dokumenkerja.com, anda tinggal download dan modifikasi tampilan website yang anda inginkan.

3. Desain Halaman Web Lanjutan

Untuk meletakkan halaman web hasil desain photoshop di atas, diperlukan mengubah halaman web ke dalam bentuk HTML, dan diperlukan sebuah software yakni salah satunya Adobe Dreamweaver. Dreamweaver ini yang membantu pengaturan halaman-halaman desain diubah ke HTML. Selain Dreamweaver banyak software sejenis lainnya seperti Microsoft Frontpage. Ada yang menggunakan software aplikasi atau software website (software web) lainnya. Seperti juga Photoshop untuk mempelajari Dreamweaver tersedia banyak sekali tutorial gratis. Jika anda ingin cepat mudah silahkan saja mencari buku tentang Dreamwever ini toko buku.

4. Membuat Video, Flash, Shockwave dan Audio

Saat ini banyak sekali software yang digunakan untuk membuat video, flash, shocwave dan audio yang bertujuan untuk membuat website kelihatan lebih apik dan powerful. Jadi web desain menjadi bagus. Gabungan beberapa komponen ini kita sebut dengan animasi web dan diperlukan rencana detail agar animasi yang dibuat tepat sasaran dan sesuai dengan isi website. Sedangkan untuk pemilihan software tergantung pada tingkat kerumitan animasi web, untuk saat ini yang sering digunakan adalah Adobe Flash.

Demikian beberapa kebutuhan dasar keahlian/keterampilan yang mesti dimiliki untuk menjadi ahli web desain/desainer web/webmaster, dan untuk menjadi ahli diperlukan latihan-latihan dan beranikan diri untuk mendapatkan project-project riil dalam membangun website.

Selamat mencoba.

http://ilmukomputer.com

Temukan informasi lainnya mengenai Pembuatan Web, Pembuatan Website, Software Web, Aplikasi Website, Web Aplikasi, Web Desain, Software Aplikasi, Software Desain, Software Website, Aplikasi Desain, Desain Website hanya di Pembuatan Web & Website: Software Web - Aplikasi & Desain Website Tangerang pada 88db.com

{ 1 komentar ... read them below or add one }

ForNez said...

bagus banged seh blognya..