Tips Agar Aset Tidak Habis Tergerus Pengeluaran

Diposting oleh malamjumat on Jan 7, 2009


Apa dilakukan agar aset tidak tergerus oleh pengeluaran bulanan dan aman sampai masa mendatang? Berikut hal yang bisa dilakukan:

1. Meningkatkan Pendapatan

2. Mengurangi Pengeluaran

3. Memberikan proteksi pendapatan yang cukup

Intinya adalah melakukan manajemen keuangan. Yang harus Anda lakukan dalam meningkatkan pendapatan adalah minimal dapat menutup kekurangan terhadap pengeluaran, kalau bisa lebih biar bisa digunakan untuk masa pensiun Anda, jangan merasa bahwa Anda bisa mengantungkan masa tua kepada anak atau saudara. Anda bisa mengurangi kerepotan mereka bila Anda mandiri secara finansial. Saran kami sebelum berinvestasi dalam melakukan manajemen keuangan ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan:

1. Kenali karakter diri Anda terlebih dahulu, bagaimana toleransi Anda dalam menerima resiko investasi, hukum investasi dari dulu sampe sekarang tetap sama yaitu high risk high return, low risk low return. Nah tipe investor macam apakah Anda ? Tiap orang mempunyai tingkat penerimaan yang berbeda terhadap resiko invetasi. Hal ini dipengaruhi oleh faktor usia, pengalaman dalam berinvestasi, jangka waktu invetasi, jumlah dana investasi, dll. Tidak ada salahnya memanfaatkan jasa konsultasi atau Anda juga bisa berperan sebagai akuntan keuangan maupun akuntan publik terhadap keuangan sendiri. Atau bisa juga memanfaatkan jasa akuntan.

2. Hindari membeli produk investasi yang Anda tidak mengerti atau tidak masuk akal menurut Anda, tidak peduli berapapun tingginya return yang dijanjikan. Anda harus memahami terlebih dahulu produk investasi tersebut. Lakukanlah konsultasi dengan orang yang kompeten atau tidak ada salahnya dengan pihak jasa konsultasi. Jelilah dalam masalah ini.

3. Lakukan penyebaran resiko investasi (diversifikasi), don’t put your eggs in one basket. Bagi – bagilah penempatan dana Anda ke dalam berbagai jenis investasi yang berbeda tingkat resikonya.

Produk investasi yang sebaiknya untuk alokasi aset, Anda bisa mencoba reksadana saham bukan unit link, reksadana campuran bukan unit link dan investasi lainnya baik itu papper asset maipun pada sektor riil, asalkan bisa menutup kekurangan pada pengeluaran Anda.

Mengurangi pengeluaran juga merupakan alternatif yang bagus asalkan Anda mampu. Anda harus bisa membedakan mana yang merupakan kebutuhan dan keinginan. Keinginan bisa ditunda, sedangkan kebutuhan ada yang bisa ditunda dan ada yang tidak bisa ditunda. Sebisa mungkin yang bisa ditunda ya ditunda saja, kemudian ditabung agar nantinya bisa di investasikan.

Anda juga harus memperhatikan berapa Proteksi pendapatan yang sudah Anda miliki, dalam hal ini Anda bisa mengambil polis asuransi apabila proteksi yang sudah Anda miliki kurang. Untuk menghitung berapa proteksi pendapatan keluarga , cara yang paling mudah adalah kalikan jumlah pengeluaran Anda per tahun dengan berapa lama kira – kira keluarga Anda dapat bangkit kembali apabila terjadi resiko. Dalam hal ini kami sarankan minimal 6 tahun karena pada saat itu semua anak Anda telah selesai kuliah. Saran kami Anda bisa mengambil asuransi berjangka untuk proteksi pendapatan dan juga jangan lupa asuransi kesehatan untuk masa pensiun Anda, atau juga bisa mengambil sekaligus pada asuransi unit link. Catatlah keuangan Anda layaknya seorang akuntan, keuangan seperti akuntan publik.

Semoga bermanfaat.

www.myfinancial-planning.com

Temukan Akuntan, Jasa Akuntan, Jasa Konsultasi, Manajemen Keuangan, Akuntan Publik, Akuntan Keuangan hanya di Akuntan / Jasa Konsultasi : Manajemen Keuangan | Akuntan Publik & Keuangan 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }