Khasiat Cokelat Untuk Anak-Anak

Diposting oleh sabuk item on Aug 29, 2008


Toko coklat sangat mudah ditemui, anak- anak umumnya senang coklat. Tapi anda mungkin enggan memberikannya karena cokelat tidak dikatakan sebagai makanan sehat. Kini, riset baru menunjukkan, coklat dapat membangkitkan semangat anak, melindungi perkembangan sel-sel dan khasiat lainnya. Berikut, khasiat aneka coklat untuk anak menurut para ahli.
Mencegah cedera Untuk mencegah anak cedera saat lomba atletik, tinggalkan minuman sport. Lebih baik berikan susu coklat. Selain memberikan kalsium 25% angka kecukupan gizi untuk anak, 1 gelas susu dapat menurunkan resiko cedera selama aktivitas, begitu menurut sebuah studi dalam International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism. Glukosa dan protein di dalam minuman susu coklat memberi bahan bakar pada otot untuk meningkatkan stamina dan kinerja selama latihan. Rasio karbohidrat protein yang mudah dicerna membuat khasiat mulai terasa hanya dalam hitungan menit. Brownies mencegah stress dan sakit
http://id.shvoong.com/
Coklat hitam kaya polyphenols, antioksidan yang melindungi sel-sel dan tubuh dari radikal-radikal bebas penyebab penyakit. Coklat hitam juga mengaktifkan zat kimia otak pembangkit semangat serotonin untuk mencegah depresi dan anxiety. Karena anak-anak lebih suka coklat susu, tambahkan coklat hitam ke dalam minuman coklat susu dan makanan panggang
SelengkapnyaKhasiat Cokelat Untuk Anak-Anak

Memburu Kerajinan Tangan Unik Di Pekalongan

Diposting oleh sabuk item on

Pekalongan memang sangat identik dengan batik, namun sekarang kota di pesisir pantai ini pun mulai dikenal dengan berbagai kerajinan tangan unik berupa perkakas rumah tangga yang terbuat dari bahan-bahan alami.
Di kesempatan pulang ke kampung halaman, liburan panjang lalu, saya menyempatkan diri berburu berbagai ragam kerajinan tangan rakyat. Usaha rumahan yang telah digalakkan selama beberapa tahun ini, terbukti menguntungkan bagi masyarakat Pekalongan.

Salah satu sentra membuat kerajinan tangan yang menjadi pilihan pertama saya adalah 'Medono', letaknya tak jauh dari kota sehingga mudah untuk dicapai. Tinggal pilih, mau naik angkot atau becak, semua orang Pekalongan tahu tempatnya.

Sesampainya di sana, saya memasuki sebuah rumah toko yang bernama "Rossa", letaknya di Jl. Dharma Bakti. Di dalamnya, aneka barang kerajinan tangan yang umumnya perkakas rumah tangga ini dijajakan.

Bahan-bahan alami seperti tanah liat, anyaman serat enceng gondok, akar wangi, dedaunan kering, tenun ATBM (alat tenun bukan mesin), kerajinan bambu dan lainnya, di sulap si empunya rumah - yang juga bernama Rossa - menjadi perkakas menarik.
Di outletnya, berbagai barang seperti serbet, taplak meja, sajadah, tempat tissue, sandal, lampu meja dari tanah liat, tas berbagai bentuk dan ukuran, ukiran kayu, yang semuanya terlihat indah dan unik, dipamerkan.

Tapi yang paling membuat saya bahagia, harga barang-barang tersebut tidak membuat kantong jebol, karena ditawarkan dengan harga relatif murah. Orang yang akan menerima pun akan bahagia, sebab bentuknya unik dan menarik.

Salah satu contohnya, aneka tas yang unik dijual sekitar R. 10 ribu hingga Rp. 80 ribu. Sementara pelengkap alat makan, seperti serbet, alas piring dan taplak meja, dijual dengan harga antara Rp. 5.000 sampai Rp. 75.000. Sedang sandal, sajadah hingga hiasan dinding, dibanderol seharga Rp. 10 ribu sampai Rp. 100 ribu.

Bagi yang senang tawar menawar, boleh mengadu kebolehannya, sebab harga barang-barang di atas masih bisa ditawar. Apalagi bila Anda membeli dalam jumlah banyak, atau untuk dijual kembali.
Puas memborong oleh-oleh di Medono, saya langsung cabut menuju sebuah pasar kulakan yang letaknya dipinggiran kota Pekalongan. Namanya Pasar Grosir Setono, nama pasar ini diambil dari nama daerahnya, yaitu Setono.

Di pasar ini, Anda bisa menjumpai jejeran toko yang menjual berbagai barang industri kerajinan khas Pekalongan. Termasuk puluhan toko batik yang tentunya menyediakan produk batik dan batik cirebon, serta toko-toko kerajinan tangan, seperti tenun serat alam dan kerajinan tangan seperti di toko Rossa.

Tujuan saya adalah mampir ke toko 'Fariz' milik Ferry, yang merupakan teman adik saya. Di toko ini, saya menemukan tempat menyimpan koran yang terbuat dari kayu dan tenun surat alam ATBM dengan beragam bentuk dan warna yang sangat menarik. Harga? Luar biasa menarik, karena sebuahnya hanya Rp. 25 ribu.

Barang lainnya yang membuat tangan saya gatal untuk membeli adalah, satu set alas piring dan serbet makan yang dikemas dalam boks cantik, tikar ATBM, tas-tas mungil dari serat alam awrna-warni, kerajianan rotan, sandal dari enceng gondok dan batik, gorden, lukisan kaca serta lainnya.

Bagi penggemar batik, Pekalongan adalah surganya. Anda akan terpuaskan dengan berbagai pilihan melimpah yang tersedia di pusat pasar grosir ini. Sebab hampir setiap toko memiliki produk yang unik dan menarik, tinggal pilih yang sesuai dengan selera Anda.

Bila dibandingkan dengan produk batik yang dijual di pusat-pusat perbelanjaan di Jakarta, dengan produk kerajinan batik yang dijual di sini, sebenarnya hampir sama. Tapi harganya jauh lebih murah, dijamin akan membuat Anda tercengang-cengang!

Itulah secuil cerita mudik saya yang telah menjadi wisata belanja kerajinan Indonesia menyenangkan. Semoga perburuan saya kali ini bisa menjadi panduan bila suatu hari Anda bertandang atau berwisata ke kota kelahiran saya, Pekalongan.

(Anto Chasanny)
http://www.halohalo.co.id/
SelengkapnyaMemburu Kerajinan Tangan Unik Di Pekalongan

Tips Membeli Furniture

Diposting oleh sabuk item on

Beli furniture rotan memang gampang-gampang susah. Bila kita tidak jeli atau mempunyai pengetahuan yang cukup baik dengan interior design dan kerajinan rotan.

Maka bisa jadi furnitur kita bisa-bisa malah menjadi tidak sedap dipandang.

Langkah pertama yang dilakukan adalah 'mensurvey' kecil-kecilan industri rotan dan ruang dalam rumah yang akan kita isi dengan mebel rotan. Perhatikan warna dinding, luas ruang, tinggi plafon, aksesoris ruang serta hal-hal lainnya yang menyangkut tema yang dipilih, misalnya tema klasik, atau mediterania, atau minimalis, atau tradisional, bali dan sebagainya.

Ruang yang besar bisa diisi dengan bermacam-macam furniture atau ayaman rotan atau kursi rotan. Dalam sebuah ruang yang besar, Anda bisa membagi area-area kedalam beberapa area yang berbeda. Ruang yang besar bisa memberikan banyak pilihan untuk penataan interior. Tetapi jangan lupa, bila terlalu banyak ruang yang kosong, bisa terjadi kesan 'dingin'.

Untuk ruang yang sempit (ruang 3 x 3 meter adalah ruang yang cukup sempit), gunakan furniture cirebon atau furniture lain yang terkesan ringan dan kecil. Furniture kecil bisa memberikan efek kelegaan pada ruangan tersebut. Ruang kecil juga dapat terkesan besar bila jumlah furniture sedikit dan terdapat obyek dinding yang cukup besar (disini maksud saya bisa merupakan lukisan atau foto yang memenuhi salah satu dinding).

Furniture bisa dipadu-padankan dengan warna dinding. Idealnya, warna perabot adalah warna yang senada dengan cat dinding. Bila tembok ruangan berwarna krem, usahakan warna perabot berkisar dalam warna monokrom krem atau yang senada. Anda dapat mengambil contoh warna-warna dalam tabel-tabel berikut dan mencocokkannya pada usaha mebel.

Warna krem dan kemungkinan padu padan:






Warna-warna tersebut merupakan warna dasar dan bisa juga menjadi warna yang lebih pastel atau lebih gelap. Sebaiknya untuk hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakan jasa desainer interior untuk memilih rotan cirebon terbaik dari industri cirebon dalam menata ruang Anda.

Untuk pemilihan tema, sesuaikan dengan karakter diri atau keluarga Anda. Sebuah tema mencerminkan kepribadian pemiliknya dan penataannya pun haruslah konsisten. sebagai contoh; bila Anda adalah orang muda yang sibuk dan praktis, adakalanya Anda lebih menyukai desain minimalis. Tentunya tidak lucu bila Anda mempunyai sebuah kursi klasik pada ruangan dengan gaya minimalis.
http://www.realty.web.id/
SelengkapnyaTips Membeli Furniture

Street Racing Harian Jangan Sekedar Fashion

Diposting oleh sabuk item on Aug 27, 2008


Membuat mobil jadi lebih keren dari tampilan original pasti sangat didambakan bagi setiap orang. Terutama buat yang doyan modifikasi otomotif, banyak gaya atau aliran yang bisa diaplikasikan untuk kendaraannya. Aliran modifikasi elegant dan street racing lebih sering dijumpai di jalanan dibanding aliran ekstrim yang lebih sering dilihat hanya dalam sebuah kontes.
Melakukan modifikasi mobil pastinya tidak terlepas dari selera dan kemampuan financial sang pemilik mobil. Dari aliran yang ada, penerapan modifikasi pada mobil ada yang hanya memprioritaskan segi fashion, ada juga yang prioritas pada segi fungsional. Anda bisa datang ke bengkel mobil. Sebelum Anda melakukan modifikasi, Anda bisa membuat gambar modifikasi terlebih dahulu sebagai sketsa.

Hal itu sah-sah saja untuk dijadikan pilihan, akan tetapi menurut Mr. Dalvin pentolan dari CK motorsport,' modifikasi khususnya untuk konsep street racing, owner mobil seharusnya lebih mengutamakan segi fungsional dan kualitas produk, terutama buat mobil yang masih dipakai untuk sehari-hari, selanjutnya baru bisa melirik segi estetika dan fashion'. Lain halnya jika mobil modifikasi diperuntukkan hanya untuk kontes modifikasi saja, prioritas pada segi fashion dan estetika tidak menjadi masalah. Ada sebagain orang yang suka melakukan modifikasi body saja, itu hak mereka.

Buat yang doyan modifikasi mesin, 'Khusus buat aliran street racing, hal yang pertama dilirik untuk dirubah biasanya adalah aplikasi produk aftermarket mulai dari muffler, header, air filter. 3 sektor ini adalah yang paling sederhana untuk dilakukan dan dapat sedikit menambah performa mesin mobil', tukas Mr. Dalvin. Selanjutnya baru bisa meneruskannya ke sektor kaki-kaki atau suspensi yang biasanya diganti dengan yang lebih keras sampai aplikasi piggyback dan bermain di rem dan kanvas racing aftermarket, tambahnya.

Buat yang ingin mengusung aliran modifikasi sporty atau street racing harian sesungguhnya, ada beberapa tips sebelum melakukan modifikasi/reparasi kendaraan agar dapat memperoleh konsep street racing yang maksimal, berikut adalah tipsnya :

  1. Pastikan untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan penggunaan mobil dan cara mengemudi, sebaiknya konsultasikan dulu dengan modifikator otomotif yang sudah memiliki kredibilitas.
  2. Selalu memprioritaskan segi fungsional dan kualitas produk, karena hal ini berkaitan dengan faktor safety mobil.
  3. Pilih produk racing aftermarket yang mempunyai kualitas baik, usahakan memakai produk aftermarket racing original yang memang dibuat oleh produsen khusus merk mobil terkait, agar kualitas terjamin serta memudahkan proses aplikasi. Contoh : Honda (Mugen / Spoon), Toyota (TRD), Suzuki (Suzuki Sport), dsb.
  4. Jika ingin mengganti suspensi original dengan produk aftermarket, pilihlah sistem suspensi dari 1 merk saja atau bila budget memungkinkan langsung beli produk suspensi 1 set khusus racing yang berkualitas, karena bagian ini sangat menentukan faktor keselamatan (safety riding). Bisa dibayangkan bagaimana jika mobil kehilangan kendali atau suspensi patah saat mobil dibesut pada kecepatan tinggi, pastinya akan berakibat fatal.
  5. Pilih rims / velg yang terbuat dari bahan yang ringan dan kuat namun telah teruji kualitasnya.

Memang produk aftermarket yang telah teruji kualitasnya selalu memiliki harga yang relatif lebih mahal ketimbang dari produk yang biasa. Akan tetapi jika tekad sudah bulat untuk melakukan modifikasi aliran sport atau street racing namun memiliki budget yang minimal, solusinya bisa melakukan modifikasi kendaraan secara bertahap dengan cara membeli produk aftermarket berkualitas tersebut satu per satu.

Dengan begitu konsep Sport atau Street Racing sesungguhnya juga akan anda dapatkan, nuansa layaknya mengemudikan mobil sport pada mobil daily use dengan faktor safety driving dan tenaga mesin yang mumpuni juga dapat dirasakan. Jadi mobil tetap nyaman buat dipakai harian, mumpuni buat diajak ngebut. Jadi intinya semua kembali kepada Anda. Apakah Anda akan melakukan modifikasi sendiri atau memanfaatkan jasa modifikasi mobil.

http://id.88db.com/
SelengkapnyaStreet Racing Harian Jangan Sekedar Fashion

Cara Mengirim Surat & Paket Di Kantor Pos Indonesia Dengan Baik Dan Benar

Diposting oleh sabuk item on

Ada banyak cara dan sistem pengiriman barang. Ada yang memanfaatkan jasa ekspedisi atau pengiriman cargo, apakah itu pengiriman domestik atau internasional. Bagi anda yang sudah sering melakukan pengiriman barang/paket atau surat di kantor pos dan juga melalui jasa pengiriman barang / perusahaan pengiriman lain mungkin tidak begitu membutuhkan petunjuk ini. Tetapi bagi yang belum pernah ada baiknya membaca tulisan ini sebagai petunjuk dasar.
A. Siapkan Surat Atau Paket Yang Akan Dikirim
Bungkus surat atau paket anda dengan tertutup rapi dan baik sebelum dikirim. Jangan mengirim sesuatu yang isinya berbahaya, terlarang, sangat mudah pecah, berbau tajam, tidak tahan lama dan lain sebagainya agar paket atau surat anda sampai ke tujuan dengan baik. Jangan sampai Anda melanggar sistem pengiriman barang yang telah ditetapkan.

Tuliskan nama dan alamat lengkap dengan jelas dan rapi mulai dari nama jalan, nomor, kavling, blok, kelurahan, kecamatan, kotamadya, provinsi, negara dan kode pos. Tulis identitas nama dan alamat penerima surat atau paket di depan sebelah kanan bawah dan pengirim surat atau paket pos di belakang sebelah mana saja atau di depan sebelah kiri bawah. Cantumkan kata "penerima" dan "pengirim" untuk memudahkan petugas pos memahami alamat penerima surat atau paket yang kita hendak kirim.
Kodepos sangat penting dicantumkan untuk memudahkan tukang pos dalam menyortir surat. Efek kode pos adalah surat kita biasanya akan lebih cepat sampai daripada yang tanpa kodepos.

B. Pilih Jenis Layanan Dan Bayar Biaya Kirim Surat Atau Paket
Setelah sampai di kantor pos indonesia, kita akan dihadapkan oleh berbagai jenis produk layanan jasa pengiriman surat dan paket. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan yang ada di situs www.posindonesia.co.id di mana anda juga bisa melihat tarif biaya pengiriman barang masing-masing.

Umumnya cara pengiriman bagi sebagian orang akan menggunakanlayanan biasa, kilat dan kilat khusus. Jika tidak mengetahui tarif yang akan dikenakan sebaiknya berikan surat atau paket pada petugas loket dan memberitahukan jenis layanan pengiriman yang akan kita gunakan. Setelah ditimbang petugas akan menghitung biayanya dengan melihat jauh dekat jarak alamat tujuan kita dengan tempat kita mengirim.
Akan diberikan beberapa pilihan pembayaran yaitu dengan perangko atau tanpa perangko. Untuk produk yang perlu pencatatan seperti kilat khusus tidak dibutuhkan tempelan prangko pada surat maupun paket barang kita. Jika harus dikirim dengan perangko maka tempelkan perangko di depan sebelah kanan atas dengan nilai sesuai tarif dengan memakai lem atau air ludah kita. Setelah menempelkan perangko serahkan surat atau paket ke petugas pos indonesia untuk diproses dan dikirim ke penerima.
Untuk pengiriman dengan bukti tercatat seperti kilat khusus, akan memudahkan kita dalam klaim apabila surat atau barang kiriman tidak sampai ke tangan yang seharusnya menerimanya. Kalau mengirim dengan perangko, maka kita akan kesulitan untuk klaim. Namun pengiriman dengan perangko ada keunikan tersendiri yaitu di mana perangko adalah salah satu benda yang bisa dikoleksi dan bisa bernilai tinggi.
http://organisasi.org
SelengkapnyaCara Mengirim Surat & Paket Di Kantor Pos Indonesia Dengan Baik Dan Benar

Tips Memilih Rental Mobil di Bali

Diposting oleh sabuk item on


Bisnis sewa mobil  mobil di Bali dan telah mencari iklan rental kendaraan/mobil di koran, kami akan memberikan tips-tips jitu dalam bidang rental mobil. Pada umumnya penyewaan mobil di Bali menawarkan harga yang relatif sama, kalau ada perbedaan tarif sewa paling hanya 10-25 ribu rupiah saja, tapi ada faktor yang lebih penting ketimbang yang satu itu.
1. Referensi
Usahakan untuk mencari tahu dari teman-teman dekat anda, adakah penyewaan mobil yang bagus di Bali yang mereka sudah pernah pakai. Dengan begitu anda akan mengetahui kekurangan dan kelebihan yang ditawarkan, termasuk kualitas mobil sewaan di tempat tersebut.
2 . Asuransi
Itu merupakan faktor yang sangat penting juga, namun seringkali diabaikan oleh pengunjung. “Saya kan sudah sering menyetir dan pelan-pelan lagi” alasan yang sering terdengar. Kesialan seperti kecelakaan memang hal yang tidak bisa diprediksi dan tidak kita inginkan. Mungkin anda sudah teliti dan hati-hati dalam mengemudi, namun apa orang lain semuanya begitu? Dengan adanya asuransi dari perusahaan rental kendaraan/rental mobil, anda akan merasa aman dan nyaman saat mengemudi. Please note, asuransi yang ditawarkan di tempat rental sewa mobil di Bali biasanya ada excess insurance yang besarnya berbeda-beda mulai dari Rp. 500.00. Pastikan anda membaca agreementnya terlebih dahulu dengan teliti, jangan asal memilih jasa rental mobil.
3. Pelayanan, harga dst
Setelah itu baru dipertimbangkan faktor-faktor lainnya seperti pelayanan (hanya bisa dirasakan ketika anda sudah memakai layanan), harga sewa mobil dan hal-hal lainnya. Jangan sekedar memilih rental mobil murah tetapi pelayanannya kurang optimal.
http://e-kuta.com
SelengkapnyaTips Memilih Rental Mobil di Bali

Tips Memilih Amplifier Berkualitas

Diposting oleh sabuk item on


1. Pilihlah besar daya yang sesuai dengan kebutuhan sound system anda. Untuk penggunaan pribadi seperti latihan cukuplah memilih amplifier dengan daya 1-20watt. Pada kebanyakan alat elektronik / amplifier berdaya kecil seperti ini telah tersedia fasilitas jack head phone (misal:amplifier guitar laser20) yang sangat berguna terutama bagi kawula muda yang punya kebiasaan bermain musik hingga tengah malam. Dengan memanfaatkan saluran untuk headphone ini, maka dijamin seisi rumah yang lain ataupun tetangga tidak akan terganggu “atraksi” kita. Apabila amplifier sound sistem tersebut akan kita gunakan untuk berlatih bersama dalam suatu group band lengkap dngan drum dan alat band, maka sebaiknya anda memilih amplifier yang berdaya 70watt atau diatasnya. Dengan demikian suara yang dihasilkan dari amplifier tersebut tidak akan tenggelam oleh bunyi dentuman dan hentakan beat drum. Untuk penggunaan diatas panggung, anda akan memerlukan daya yang lebih besar, yakni sedikitnya 125watt atau lebih, karena amplifier ini akan dapat sekaligus kita gunakan sebagai monitor dari instrumen musik yang sedang kita mainkan.

2. Pilih fasilitas yang kita perlukan. Jangan membeli multimedia system / amplifier yang memiliki fasilitas yang sebenarnya tidak kita butuhkan, bila hal tersebut menambah harga yang harus kita bayar. Kecuali bila dengan harga yang sama kita bisa mendapatkan fasilitas yang lebih baik, maka tidak ada salahnya kita memilihnya.

3. Pilih amplifier yang berkualitas baik. Bila kita membutuhkan amplifier untuk keyboard, maka sangat disarankan untuk memilih amplifier yang tidak merubah warna asli yang dihasilkan oleh keyboard tersebut (flat). Ada banyak amplifier alat musik indonesia yang menghasilkan suara yang berbeda dari suara aslinya, bila hal ini terjadi maka akan terjadi suara-suara yang lain yang akan mengurangi karakter asli dari bunyi yang sebenarnya dihasilkan keyboard dikarenakan terjadinya penambahan atau pengurangan terhadap frekuensi speaker system tertentu. Biasanya hal ini terjadi pada frekuensi yang sangat rendah. (low bass) atau frekuensi yang sangat tinggi (high treble). Untuk Lighting System, amplifier Electric Guitar dan Electric Bass hal ini (karakteristik flat) tidak berlaku karena khusus untuk kedua jenis instrument ini diperlukan kekhususan karakter frekuensinya. Pada dasarnya untuk amplifier Electric Guitar tidak dipelukan keluaran untuk frekuensi yang rendah dan yang tinggi. Untuk Electric Bass diperlukan frekuensi yang rendah, tetapi tidak diperlukan frekuensi yang tinggi.

4. Model dan penampilan amplifier dapat menjadi petimbangan terakhir. Model yang diinginkan akan bergantung pada selera masing-masing. Model yang bagus menurut seseorang belum tentu bagus juga menurut orang lainnya.
Pada kebanyakan musisi professional, model akan menjadi pilihan yang terakhir atau tidak terlalu dipentingkan. Mereka akan lebih mementingkan kualitas dan fasilitas dari amplifier untuk alat musik. Tapi jika anda mengalami kebingungan, anda bisa saja sewa alat atau menggunakan jasa sound system rental perlengkapan tersebut.
ndahttp://www.bengkelmusik.com/
SelengkapnyaTips Memilih Amplifier Berkualitas

Sejarah Dangdut

Diposting oleh sabuk item on


Dangdut merupakan salah satu dari genre seni musik yang berkembang di Indonesia artis. Bentuk musik dangdut ini berakar dari musik Melayu pada tahun 1940-an. Dalam evolusi menuju bentuk kontemporer sekarang masuk pengaruh unsur-unsur musik India (terutama dari penggunaan tabla) dan Arab (pada cengkok dan harmonisasi). Perubahan arus politik Indonesia di akhir tahun 1960-an membuka masuknya pengaruh musik barat yang kuat pada dangdut indonesia pada indonesian artis dengan masuknya penggunaan gitar listrik dan juga bentuk pemasarannya. Sejak tahun 1970-an kumpulan artis dangdut boleh dikatakan telah matang dalam bentuknya yang kontemporer. Sebagai musik populer, penyanyi dangdut dan artis dangdut sangat terbuka terhadap pengaruh bentuk musik lain, mulai dari keroncong, langgam, degung, gambus, rock, pop, bahkan house music.
Penyebutan nama "dangdut" merupakan onomatope dari suara permainan tabla (dalam dunia dangdut disebut gendang saja) yang khas dan didominasi oleh bunyi dang dan ndut. Nama ini sebetulnya adalah sebutan sinis dalam sebuah artikel majalah awal 1970-an bagi bentuk musik melayu yang sangat populer di kalangan masyarakat kelas pekerja saat itu.
http://id.wikipedia.org
SelengkapnyaSejarah Dangdut

Dari Musik Melayu ke Dangdut

Diposting oleh sabuk item on

Musik dangdut kontemporer telah berbeda dari akarnya, musik Melayu, meskipun orang masih dapat merasakan sentuhannya.
Orkes Melayu (biasa disingkat OM, sebutan yang masih sering dipakai untuk suatu grup musik dangdut) yang asli menggunakan alat musik seperti gitar akustik, akordeon, rebana, gambus, dan suling, bahkan gong. Pada tahun 1950-an dan 1960-an banyak berkembang orkes-orkes Melayu di Jakarta yang memainkan lagu-lagu Melayu Deli dari Sumatera (sekitar Medan). Pada masa ini mulai masuk eksperimen masuknya unsur India dalam musik Melayu. Perkembangan dunia sinema pada masa itu dan politik anti-Barat dari Presiden SukarnoP. RamleeMalaya), Said Effendi (dengan lagu Seroja), Ellya (dengan gaya panggung seperti penari India), Husein Bawafie sang pencipta Boneka dari India, Munif Bahaswan, serta M. Mashabi menjadi pupuk bagi grup-grup ini. Dari masa ini dapat dicatat nama-nama seperti (dari (pencipta skor film "Ratapan Anak Tiri" yang sangat populer di tahun 1970-an).
Gaya bermusik masa ini masih terus bertahan hingga 1970-an, walaupun pada saat itu juga terjadi perubahan besar di kancah musik Melayu yang dimotori oleh Soneta Group pimpinan Rhoma Irama. Beberapa nama dari masa 1970-an yang dapat disebut adalah Mansyur S., Ida Laila, A. Rafiq, serta Muchsin Alatas. Populernya musik Melayu dapat dilihat dari keluarnya beberapa album pop Melayu oleh kelompok musik pop Koes Plus di masa jayanya dan manajemen artis pada saat itu.


Lagu dangdut modern, yang berkembang pada awal tahun 1970-an sejalan dengan politik Indonesia yang ramah terhadap budaya Barat, memasukkan alat-alat musik modern Barat seperti gitar listrik, organ elektrik, perkusi, terompet, saksofon, obo, dan lain-lain untuk meningkatkan variasi dan sebagai lahan kreativitas pemusik-pemusiknya. Mandolin juga masuk sebagai unsur penting. Pengaruh rock (terutama pada permainan gitar) sangat kental terasa pada musik dangdut terbaru. Tahun 1970-an menjadi ajang 'pertempuran' bagi musik dangdut mania dan musik rock dalam merebut pasar musik Indonesia, hingga pernah diadakan konser 'duel' antara Soneta Group dan God Bless. Praktis sejak masa ini musik Melayu telah berubah, termasuk dalam pola bisnis bermusiknya.

Pada paruh akhir dekade 1970-an juga berkembang variasi kumpulan dangdut humor yang dimotori oleh OM Pancaran Sinar Petromaks (PSP). Orkes ini, yang berangkat dari gaya musik melayu deli, membantu diseminasi dangdut Indonesia di kalangan mahasiswa. Subgenre ini diteruskan, misalnya, oleh OM Pengantar Minum Racun (PMR) dan, pada awal tahun 2000-an, oleh Orkes Pemuda Harapan Bangsa (PHB).

http://id.wikipedia.org
SelengkapnyaDari Musik Melayu ke Dangdut

Tips & Trik mendesain / Sablon Baju Distro

Diposting oleh sabuk item on


Mungkin ini sedikit tips aja...dan mungkin ada bro2 sekalian yang hobi buat ngedesain  sendiri &untk dijual he2... menggunakan digital sablon
Satu hal yang pasti, harus simple
ini menjadi pakem utama dalam pembuatan desain baju saat ini. Pembuatan baju yang sederhana akan menghemat biaya dan tentunya sesuai filosofi awalnya akan menjadi lebih murah. Walaupun mungkin pengaruh desain minimalis ikut berperan didalamnya.

Mulai dengan permainan layout font dalam menyablon souvenir pernikahan.

permainan font adalah cara paling mudah untuk mendapatkan basic feel atas suatu desain baju yang sederhana tetapi masih inline dengan semangat awalnya, yaitu simplisitas.
sebuah font sans serif seperti arial atau yang lebih bagus seperti Helvetica cukup baik untuk digunakan sebagai fokus utama dalam desain dengan base layout font. Bila mau lebih advanced, anda bisa mengubah warnanya menjadi lebih menarik, misalnya dengan warna merah atau yang lain, dan bila mau, bisa sedikit merobek desain anda supaya terlihat efek usang, atau seperti produk sablon yang telah mengelupas

Tambahkan pemanis berupa gambar
Karena desain baju pada awalnya biasanya menggunakan teknik sablon, maka desain dengan gradasi biasanya susah dikerjakan, oleh karena itulah muncul aliran desain yang menggunakan teknik trace dan kontras hitam putih, cara untuk mendapatkan efek ini sebenarnya mudah, biasanya saya akan memulai dengan program Photoshop. Photoshop sangat membantu untuk menseting kontras hitam-putih sehingga akan lebih mudah untuk di trace diprogram pengubah bitmap ke vektor, seperti Corel Trace.


Gunakan alat sablon berkualitas
gunakan alat sablon yang berkualitas untuk mendapatkan hasil terbaik untuk baju anda, tentunya alat - alat tersebut dapat di beli di toko percetakan
.sering -seringlah bertanya pada ahli sablon 

 
http://www.duniasex.com/forum/archive/index.php/t-193394.html
SelengkapnyaTips & Trik mendesain / Sablon Baju Distro

Sewa Mobil

Diposting oleh sabuk item on


Membeli atau Sewa Mobil ?

Penggunaan jasa sewa mobilsebagian besar adalah perusahaaan, terutama perusahaan-perusahaan besar. Dan, biasanya penyewaan itu dilakukan untuk jangka panjang, yakni dua sampai empat tahun. Hal itu disebabkan banyak perusahaan besar mempekerjakan tenaga-tenaga ahli, baik domestik maupun asing (expatriate), yang masa kontraknya dua sampai empat tahun. Kepada mereka diberikan fasilitas mobil berikut dengan sopirnya. 

Membeli mobil hanya untuk keperluan dua sampai empat tahun dianggap tidak efisien. Karena, setelah kontrak dengan tenaga ahli berakhir, mobil dan sopirnya tidak diperlukan lagi. Mobil dengan mudah bisa dijual, walaupun harganya telah jatuh. Tetapi, bagaimana dengan nasib sopirnya?
Pertimbangan-pertimbangan seperti itulah yang membuat banyak perusahaan menggunakan jasa penyewaan mobil. Dengan membayar uang sewa, semua urusan selesai. Sebab, tarif mobil sewaan yang ditetapkan itu sudah mencakup segala sesuatunya. Mulai dari biaya ganti oli, perbaikan, perawatan rutin, sampai asuransi. Dan, karena tarif sewa itu juga mencakup asuransi, maka segala risiko yang mungkin terjadi pada mobil yang disewa, seperti kecelakaan atau hilang, akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Sebuah perusahaan minuman yang tergolong besar di kawasan Jakarta Barat, misalnya, memanfaatkan perusahaan untuk para manajernya. Untuk mobil Toyota Kijang tahun 1996, misalnya, perusahaan ini menyewa sekitar Rp 4 juta per bulan tanpa pengemudi. Dengan pengemudi tarifnya tentu lebih mahal lagi.

Tarif sewa kendaraan mobil yang ditetapkan bervariasi, tergantung pada jenis kendaraan, lama sewa, jumlah unit yang disewa, dan lain sebagainya. Antara satu dengan lainnya, tarif yang dipasang hampir sama, dan jika ada perbedaan tidak terlampau mencolok. Beberapa karyawan perusahaan sewa mobil yang sering beriklan di media cetak menuturkan, biasanya untuk perusahaan harga sewa mobil lebih murah dibandingkan perorangan. Alasannya, di samping alasan keamanan, juga ada beberapa faktor lain seperti misalnya pembayaran akan lebih mudah jika dengan perusahaan.
carilah rental mobil murah  dan ajaklah bekerjasama, hal ini berguna supaya anda tidak perlu repot lagi mencari perusahaan penyewaan mobil.
http://www.hadirentcar.com/news-sewamobil-membeli-atau-menyewa.htm
SelengkapnyaSewa Mobil

Bagaimana memilih dan membeli kabel untuk komponen audio anda?

Diposting oleh sabuk item on

Kabel makin mahal makin bagus sound sistem anda?
Semua kabel sama saja, tidak mempengaruhi kualitas sound audio / video?
Pada suatu kesempatan saya bertemu dengan seorang pengusaha yang kebetulan juga seorang audiophile. Pas obrol – obrol santai saya menanyakan mengenai kabel audio. Menurut dia: Kabel yang dipilih adalah merek yang beken dan makin mahal makin bagus.

Pada kesempatan lain saya bertemu seorang audiophile yang berpendapat bahwa pengaruh kabel tidak banyak mempengaruhi kualitas maupun warna suara pada sebuah sistem audio video.

Mari kita jabarkan strategi tersebut menjadi strategi ampuh dalam memilih dan membeli kabel.
1. Analisa selera anda

Mulailah menganalisa apa yang anda inginkan. Apa selera musik anda ( tergantung kebutuhan band anda )? Bagaimana warna musik tersebut ingin anda dengar? manis? hangat? lembut? dinamik? natural? Suara vokal yang terkesan lebih maju? Sound Stage yang lebar? Trebel yang open? Berhati – hatilah dengan istilah – istilah diatas. Terkadang istilah tersebut diatas dapat dengan mudah dipelintir misalnya treble yang open di istilahkan menjadi suara yang terang atau sound stage yang maju di istilahkan menjadi suara yang menyerang.
Percayakan selera anda di dalam tangan anda sendiri. Buatlah catatan singkat mulai dari daftar lagu kesayangan anda. Kemudian buat daftar harapan anda misalnya: saya ingin mendengar suara cello yang airy, woody dan tebal, saya ingin mendapat sound stage live show dari sebuah Jazz Club dan seterusnya.
Tabel ini kita sebut tabel selera dan harapan.

2. Analisa karakter konponen dan harmonisasikan dengan kabel anda
Setelah anda sudah merinci satu persatu selera dan harapan anda ( music entertaiment ) . Kini saat nya anda mendata karakter komponen yang anda miliki.
Ada beberapa pedoman sederhana untuk hal ini:
· Teliti spesikasi besaran output dan input komponen anda. Buatlah catatan singkat. Tabel ini kita sebut tabel input-output. · Dengar baik – baik karakter tiap komponen yang anda miliki dengan memakai kabel yang tersedia. Mulailah dari speaker audio. Buatlah catatan singkat. Tabel ini kita sebut tabel karakter komponen. · Setelah itu buatlah tabel perubahan. Karakter CD: trebel kurang open > treble open dan halus dan seterusnya. Tabel ini kita sebut tabel perubahan.

3. Analisa ruang dengar anda dan harmonisasikan dengan kabel anda
Bagaimana dengan ruang dengar anda? Luas atau sempit? berakustik baik atau seadanya?
Pemasangan kabel: teratur atau tidak teratur? Apakah kabel yang anda pasang melewati medan listrik lain atau tidak dan yang tak kalah penting adalah posisi sound sistem and posisi duduk anda serta panjang kabel yang dibutuhkan. Buatlah catatan singkat. Tabel ini kita sebut tabel ruang dengar.

4.Konsultasi
cobalah anda melakukan konsultasi dengan pihak jasa sewa sound sistem, hal ini berguna untuk anda, agar anda tidak salah membeli kabel, dan memugkinkan anda salah membeli kabel sound system atau kabel untuk lighting pada acara yang akan anda buat.
Setelah merangkum semua permasalahan dengan ruang dengar, sistem yang ada dan selera anda kini saat nya anda menentukan kabel yang cocok untuk anda.
http://www.vokuz.com/forums/showthread.php?p=249
SelengkapnyaBagaimana memilih dan membeli kabel untuk komponen audio anda?

Tips Membeli Mainan Edukatif

Diposting oleh sabuk item on Aug 22, 2008

Berikut tips membeli mainan anak / mainan eduaktif :
  • Mainan anak / edukatif harus bisa dipakai anak. Mengingat banyak terjadi di orangtua yang membeli mainan tidak sesuai dengan umur anak.pastikan pada saat kita membeli mainan melihat untuk anak usia berapa tahun, mainan tersebut dipe untukkan jangan segan bertanya kepada pemilik atau penjaga toko mainan / toko mainan online ( jual mainan )
  • orangtua harus jeli menyesuaikan mainan dengan minat anak. Leli * menegaskan bahwa mainan itu harus mendukung perkembangan anak, kalau menjadi sesuatu yang tidak bernilai maka akan sia-sia. ( anda harus mengenal dengan jeli hobi anak sesuai atau tidak dengan hobi mainannya )
  • Berkaitan dengan minat anak, maka mainan bayi / anak seharusnya dapat memberi kepuasan secara emosional kepada anak.
  • Kemudian mainan juga harus disesuaikan dengan biaya yang tersedia. Mainan buatan lokal dapat menjadi pilihan, disamping mainan impor. cth : mainan mobil, mainan robot, mainan lego dll.
  • Yang penting,mainan harus diperhatikan sisi keamanan nya. Misalnya, mainan te buat dari kayu, maka pastikan bahan -bahan dancat tidak mengandung bahan kimia berbahaya. seperti perkembangan anak setelah mempunyai mainan tersebut, setidaknya anda harus pintar - pintar memilih dan harus mengetahui apakah permainan tersebut dapat menganggu perkembangan anak.
  • Anak juga perlu diajarkan merapikan mainannya sendiri sejak usia dua tahun. Jika tidak tersedia rak khusus untuk mainan, orangtua dapat menyediakan kotak atau boks..
  • Bahwa membeli mainan dengan suatu nilai dan mainan tersebut harus dirawat. bisa saja, mainan yang lama di simpan berguna untuk di sumbangkan atau dijual kembali.

http://tips-dunia-anak.blogspot.com/2006/07/tips-membeli-mainan-edukatif.html
SelengkapnyaTips Membeli Mainan Edukatif

Memilih Kerajinan Tangan Bali

Diposting oleh sabuk item on

Bali yang dikenal memiliki tempat-tempat wisata yang berpanorama indah, natural dan eksotik juga memiliki produk kerajinan tangan yang menjadi ciri khas sebagai oleh-oleh. Bali mempunyai produk kerajinan tangan yang beragam, seperti ukiran patung kayu, souvenir, lulur bali, aromatherapy, tas, sepatu dan sandal Bali.
Kerajinan tangan Bali menjadi kerajinan andalan Bali yang dicari dan sangat digemari karena kerajinan tangan dari Bali ini begitu unik dan menjadi ciri khas yang dapat dijadikan oleh-oleh atau souvenir bagi wisatawan yang berkunjung ke Bali. Begitu juga dengan desain produk/product design-nya. Kerajinan Bali memang menonjolkan keunikan.

Kerajinan tangan Bali sangat khas mengingat di Bali begitu kental seni dan budaya yang ada. Dengan adanya seni dan budaya di Bali, menghasilkan produk-produk kerajinan yang bernilai seni tinggi serta bercitarasa tinggi, sehingga menjadi produk kerajinan tangan yang selalu dicari wisatawan domestik dan juga mancanegara, untuk dijadikan hiasan rumah, taman, hotel dan kantor seperti contohnya ukiran-ukiran Bali dari kayu dan batu-batuan, serta bahan natural untuk kesehatan seperti lulur bali dan aromatherapy.
Dalam memilih kerajinan tangan, cobalah pilih kualitas produk yang oke. Jangan hanya melihat harganya sedangkan contoh produk tersebut memiliki kualitas yang tidak terjamin. Oleh-oleh akan menjadi kenangan Anda. Tentunya Anda akan memilih daftar produk yang berkualitas. Kualitas produk barang kerajinan yang bagus dimulai dari proses pembuatan produk. Tingkat profesional pengrajin menentukan hasil produk. Jadi jangan asal memilih barang kerajinan karena itu adalah kenangan Anda.
balihandycraft.com/
SelengkapnyaMemilih Kerajinan Tangan Bali

Mendirikan Studio Musik

Diposting oleh sabuk item on

Sering saya jumpai rental studio musik yang berlokasi “tidak pada tempat”-nya. Ada yang berlokasi di pinggiran jalan, dan maksud saya benar-benar dipinggiran jalan. Dibatasi oleh dinding langsung menuju jalur jalan dua arah dimana rute bis antar kota lalu lalang. Ada juga dibelakang rumah makan padang, si pemilik mempunyai jabatan ganda, sebagai penjual masakan padang dan owner studio musik. Maksudnya mungkin baik, jika para pemain sudah berlatih mati-matian, mungkin akan tersalurkan nafsu makannya dengan memesan nasi padang hangat langsung di depan pintu keluar studio dan tagihan akan disatukan dengan bill rentalnya. Effektif ? mungkin tapi tidak profesional (ini menurut saya loh!) Kemungkinan dengan keadaan seperti itu amply gitar head cabinet apapun merknya lama-lama akan tercium bau rendang. Usaha bisa digabung, tapi ada batasan ruangnya yang dibedakan berdasarkan fungsi. Dimana latihan band dan dimana acara kuliner diadakan. Alasannya terdengar tidak asing jika ditanya kenapa ?
” Ya dulunya saya coba-coba buka rental studio musik yang katanya cukup menjanjikan….. dan ternyata janji tersebut adalah gombal!” jawabnya sambil cengar-cengir

Beberapa hal yang perlu dan penting diperhatikan untuk bertahan dalam bisnis rental studio musik.

1. Selalu utamakan konsumen adalah Raja.
Perlakukan seistimewa mungkin dan tegur seramah mungkin. Sering memang stick drum patah oleh pada penyewa rental, bukan berarti kita berhak untuk marah-marah. Sering terjadi skin snare bolong karena penjiwaan lagu dengan beat menggebu-gebu kita berhak untuk ngomel-ngomel. Bagaimana pun juga penyewa mengeluarkan koceknya untuk menyewa studio musik mengasah keterampilan mereka dalam bermain musik. Di sini perlu disusun aturan mainnya, jika ada peralatan yang rusak tidak disengaja maupun disengaja, pemilik alangkah baiknya menempelkan aturan-aturan mainnya di tempat yang mudah dilihat.

2. Pemeliharaan Barang
Penting sekali untuk meremajakan peralatan studio musik secara berkala seperti perawatan alat musik gitar, drum, sound system dan lainnya, minimal maintenance-nya. Skin pada drum jika memang sudah tidak bisa mengeluarkan suara yang diinginkan bisa di ganti atau minimal di”tunning” ulang. Snar-snar pada gitar untuk diremajakan agar tetap dalam konsidi bagus. Perawatan kebersihan pada alat dan instrument lebih baik jika dilakukan 1 jam sebelum studio rental dibuka.

3. Beriklan
Secara bertahap menyebarkan iklan dan promosi studio musik berupa selebaran-selebaran di sebar langsung di jalan atau di tempel di tempat-tempat yang sering dikunjungi. Sekolah, Kampus, Wartel, toko elektronik, toko musik, rental musik dan kalau perlu di pinggir-pinggir jalan juga bisa. Dan jangan lupa sebarkan iklan-iklan tersebut sesuai dengan waktunya. Misalkan menjelang liburan atau menjelang malam minggu. Promosi ini hukumnya wajib untuk dilaksanakan minimal sebulan sekali, jangan menganggap kegiatan ini hanya buang-buang uang saja. Sebetulnya tidak, cara ini efektif untuk mencari langganan baru.
Sediakan juga stiker untuk dibagikan kepada para penyewa, trik lama ini sebetulnya sangat efektif, beneran dech ! suwer! apalagi jika sticker yang kita buat sangat menarik.

4. Program dan Diskon
Adakan selalu program diskon-diskon yang menarik. Misalnya; tiga kali menyewa studio minmal 2 jam akan diberikan gratis 1 jam penuh. Atau minimal 3 jam sewa akan diberikan free softdrink. Bisa juga minimal 3 jam sewa akan dapat voucher yang dikumpulkan sampai 10 voucher bisa ditukarkan dengan 1 jam sewa gratis. Apa saja dan bagaimana saja caranya.

5. konsultasi
melakukan konsultasi pada orang yang telah berpengalaman dalam bidang tersebut seperti jasa rental audio dengan bertanya pada mereka anda akan dapat pengetahuan mengenai pendirian studio musik yang benar.
Seperti yang pernah saya tuliskan jika usaha seperti ini adalah usaha yang “sangat lama” untuk “balik modal” Karena apalagi ini termasuk usaha Jasa. 1 tahun pertama adalah 1 tahun buang-buang uang, ya! untuk menjaring penyewa baru, untuk iklan, dan bertahan hidup jika sedang kosong penyewa, bertahan hidup ini maksudnya untuk bayar operator, retribusi sampah. listrik, telepon dan lain-lainnya. Sekedar secuil saran kecil bisa juga sambil berjualan baju-baju yang berhubungan dengan musik. Atau aksesories lainnya yang berhubungan dengan musik, misalnya selain kaos, aksesories seperti bandana, kalung, cincin, anting dan lain-lainnya.
http://gnamusic.wordpress.com/
SelengkapnyaMendirikan Studio Musik

Tips Alat Musik Dan Gitar Bass

Diposting oleh sabuk item on

Banyak faktor yang harus dipertimbangkan jika teman semua ingin membeli alat musik

Bagi teman yang tidak budget oriented alias unlimited budget, maka pilihan yang tersedia tidak terbatas dari yang harga 10 juta rupiah sampai lebih dari 25 juta....tinggal dateng ke toko alat musik, tunjuk, bawa pulang deh...(enak banget)

Tapi bagi yang sangat budget oriented (termasuk saya), tidak perlu berkecil hati, pilihannya masih tetap ada, meski tidak sebanyak teman kita yang beruntung punya unlimited budget untuk membeli alat musik / gitar bass.

1. Tune machine

Mungkin teman agak kurang ngeh dengan yang namanya tune machine. Itu loh di bagian kepala bass, tempat senar dipasang. Nah yang saya tau yang cukup bagus adalah merek Gotoh...cuma vsayangnya biasa di pake di bass yang high end gitu deh. Tune machine yang bagus ga boleh terlalu keras atau juga sebaliknya (yang sedang-sedang saja...kaek lagu dangdut).

2. Neck

Kalo teman mau beli bass, bagian ini terpenting untuk di cek. Apakah ada truss rod nya atau ga, lurus apa sudah sedikit bengkok dsb. Umumnya kalo neck terbuat dari kayu, bisa dipastikan truss rodnya ada. Truss rod ini gunanya untuk meluruskan neck yang mulai ga lurus karena pengaruh banyak hal, misalnya cuaca. Tapi kalo neck dari bahan selain kayu biasanya si truss rod ini ga ada (beberapa bass Status misalnya). Truss rod biasanya ada di atas di bagian head (deket nut) atau di deket neck pick up. Kalo ada bass yang teman suka, tapi bagian necknya sudah ga lurus, mending jangan dibeli, karena akan muncul banyak masalah nantinya.

3. Wood

Ga ada hukum pastinya bahwa sebuah bass dari kayu tertentu akan punya sound lebih asik ketimbang kayu lainnya atau malah bahan yang non kayu. Badan bass umunya dibuat dari kayu mahoni, walnut, maple dsb. Neck juga begitu ada yang dari maple, rosewood maupun wenge. Kayu wenge adalah tipikal kayu yang paling keras at least tahan terhadap perubahan cuaca seperti di Indonesia.

4. Electronics

Electronics dalam sebuah bass bisa dibagi atas 2 : Pertama, Pick up (neck & bridge pick up); Kedua, tone control / control cavity (volume, treble, bass, dsb). Pick up yang bagus tidak menghasilkan desis terlalu banyak. Pick up banyak pilihannya mulai dari Seymour Duncan yang soft, EMG, Di Marzio (agak sedikit macamnya untuk bass), Bartolini. Dari pengalaman pribadi, saya pake Alembic Epic Series dengan pick up MXY Hum Cancelling (Hum nya bener-bener ter "cancel"...hehehe...alias no noise at all).
Bagian kedua adalah tone control. Di bawah tone control banyak terdapat komponen elektronik. Tapi yang terpenting adalah back cover atau penutup control cavity ini harus dilapisi baik oleh cat khusus ataupun sejenis alumunium foil. Ini gunanya untuk meminimize 60Hz hum (kata buku seh...)

5. Bridge

Ada banyak tipe bridge, tapi kalo saya prefer yang mudah pada saat melakukan ganti senar. Artinya, senar tidak perlu dimasukan ke lubang (biasanya Fender yang pake) dari bawah. Seperti Alembic maupun Ibanez SDGR saya. Mereka pake bridge yang memudahkan tanpa harus memasukkan ujung senar dari bawah. Ini sangat membantu kalo teman pas mo ganti senar. BT banget kalo harus masukin ke lubang satu persatu...apalagi kalo senar bekas yang udah nge gulung-gulung ga karuan ujungnya...mati deh

6. Overall weight

Berat keseluruhan juga harus diperhitungkan. Kalo teman mau pake untuk recording, maka berat tidak terlalu jadi soal, tapi kalo teman mo beli bass untuk perform on stage, lebih baik pilih yang tidak terlalu berat. Biasanya bass dengan sambungan antara neck dengan body menggunakan baut biasa itu lebih ringan daripada yang tanpa baut. Contoh Alembic saya join antara neck dengan body tidak menggunakan baut. Jadi hanya di lem...tentu aja ini menambah berat keseluruhan. Alhasil kalo on stage saya ga pernah pake bass ini karena beratnya minta ampun. Tapi kalo buat recording, dia rajanya. Sebaliknya Ibanez saya lebih ringan jadi saya gunakan dia untuk perform
on stage.

mintalah pendapat pada para ahli gitar atau sound audio atau juga kunjungilah galeri -galeri musik atau juga jasa sewa / penyewaan alat musik yang sudah proffesional seperti studio rekaman ternama, karena mereka lebih berpengalaman. hal ini berguna agar anda tidak tertipu dengan penjual alat musik.silakan klik kalimat berikut untuk mengetahui tips selanjutnya pencahayaan, alat musik, toko alat musik dan sound system.
http://yahooindo.com/vb/bass/tips-membeli-bass/1787
SelengkapnyaTips Alat Musik Dan Gitar Bass

Memilih Kerajinan Tangan Bali

Diposting oleh malamjumat on

Bali yang dikenal memiliki tempat-tempat wisata yang berpanorama indah, natural dan eksotik juga memiliki produk kerajinan tangan yang menjadi ciri khas sebagai oleh-oleh. Bali mempunyai produk kerajinan tangan yang beragam, seperti ukiran patung kayu, souvenir, lulur bali, aromatherapy, tas, sepatu dan sandal Bali.
Kerajinan tangan Bali menjadi kerajinan andalan Bali yang dicari dan sangat digemari karena kerajinan tangan dari Bali ini begitu unik dan menjadi ciri khas yang dapat dijadikan oleh-oleh atau souvenir bagi wisatawan yang berkunjung ke Bali. Begitu juga dengan desain produk/product design-nya. Kerajinan Bali memang menonjolkan keunikan.

Kerajinan tangan Bali sangat khas mengingat di Bali begitu kental seni dan budaya yang ada. Dengan adanya seni dan budaya di Bali, menghasilkan produk-produk kerajinan yang bernilai seni tinggi serta bercitarasa tinggi, sehingga menjadi produk kerajinan tangan yang selalu dicari wisatawan domestik dan juga mancanegara, untuk dijadikan hiasan rumah, taman, hotel dan kantor seperti contohnya ukiran-ukiran Bali dari kayu dan batu-batuan, serta bahan natural untuk kesehatan seperti lulur bali dan aromatherapy.
Dalam memilih kerajinan tangan, cobalah pilih kualitas produk yang oke. Jangan hanya melihat harganya sedangkan contoh produk/produk desain kerajinan tersebut memiliki kualitas yang tidak terjamin. Oleh-oleh akan menjadi kenangan Anda. Tentunya Anda akan memilih daftar produk yang berkualitas. Kualitas produk barang kerajinan yang bagus dimulai dari proses pembuatan produk. Tingkat profesional pengrajin menentukan hasil produk. Jadi jangan asal memilih barang kerajinan karena itu adalah kenangan Anda.
balihandycraft.com/
SelengkapnyaMemilih Kerajinan Tangan Bali

Mempromosikan Produk Kerajinan Tangan

Diposting oleh malamjumat on

Indonesia kaya dengan produk kerajinan pahat kayu yang bisa diperoleh di beberapa desa tradisional. Berbagai produk kerajinan tangan bervariasi mulai dari tikar dan tas anyaman yang terbuat dari daun pandan hingga perhiasan emas dengan pola-pola dan desain etnik. Sebagian besar desa-desa tradisional di Indonesia merupakan pusat-pusat perajin kerajinan tangan. Begitu banyak hasil kerajinan produksi dalam negeri, begitu juga dengan jenis kerajinan tangan. Indonesia selalu memunculkan para perajin yang mahir dalam membuat kerajinan. Masalahnya mungkin dalam pemasaran.
Tidak diragukan, keunikan desain produk, bentuk kerajinan, model kerajinan suatu hasil kerajinan tangan menjadi nilai jual tersendiri. Namun berbagai kerajinan tersebut perlu menyesuaikan dengan tren-tren masa kini dan gaya modern untuk meningkatkan pesanan. Untuk memenuhi tantangan tersebut, harus dimulai dari proses produksi/proses pembuatan produk. Barulah kemudian diperoleh kualitas produk yang bisa bersaing dengan jenis kerajinan lain.
http://id.indonesian-craft.com
SelengkapnyaMempromosikan Produk Kerajinan Tangan

Tips Memilih dan Membeli Alat Musik Gitar di Toko Musik

Diposting oleh malamjumat on


Apabila anda saat ini akan membeli peralatan musik, perhatikan tips berikut untuk panduan anda dalam membeli alat musik :

(1) BERAPA DANA YANG TERSEDIA?
Ada cerita, seorang murid gitar ingin membeli gitar agak bagusan, namun orang tuanya keberatan. "Ah, cuma gitar gitu aja ngapain mesti mahal-mahal." Jadinya si anak dapat gitar yang harganya ratusan ribu rupiah (padahal mereka sangat mampu membelikan yang lebih bagus). Ironisnya, si anak baru saja dibelikan ponsel seri terbaru. Harganya? Jutaan rupiah. Situasi seperti ini bisa terjadi di sekolah musik mana saja.
Kualitas gitar menjadi penting karena ia akan menjadi penentu kemampuan Anda, baik dari segi teknik ataupun musikalitas. Tentu saja, kita memang mesti sesuaikan dengan kebutuhan maupun kemampuan keuangan kita. Bila kita betul-betul pemula, tentu akan terasa berlebihan bila langsung membeli gitar yang harganya puluhan juta rupiah. Di sisi lain, jangan pula terlalu pelit. Anda tentu tak ingin merusak kepekaan jari, pendengaran, serta musikalitas Anda gara-gara memakai gitar murahan.
Bila Anda sudah berada di tingkat lanjut, apalagi mahir, tentu perlu gitar yang lebih serius. Toko-toko musik di kota-kota besar biasanya menyediakan gitar tipe-tipe menengah ini. Mereknya meliputi Yamaha, Prudencio, Aria, dan sebagainya. Harganya di atas dua juta hingga lima jutaan rupiah.
Satu hal yang pasti, dari segi fisik, gitar-gitar untuk pemula biasanya memakai kayu lapis untuk bahan bodinya. Sedangkan gitar yang lebih bagus menggunakan kayu. Hal ini sangat mempengaruhi kualitas suara. Anda mesti coba dan bandingkan sendiri untuk memahaminya. Gitar kayu pun suaranya akan makin bagus bila makin sering dimainkan. Sedangkan gitar dari kayu lapis suaranya begitu-begitu saja.Yang mana pilihan Anda, tergantung pada kebutuhan dan isi kantong. Anda yang paling tahu.harus di ingat juga olah anda alat musik murah belum tentu tidak berkualitas, jadi harga tidak menjamin kualitas suatu barang.


(2) BAGAIMANA KONDISI FISIKNYA?
Periksa seluruh bagian dan pastikan tidak ada bagian yang kendor atau lepas. Guncang-guncangkan untuk mengetahuinya. Bila tidak ada suara apa-apa, berarti aman. Periksa putaran senar di kepala gitar, berfungsi atau tidak. Lihat juga kondisi permukaan soundboard atau sisi depan dan belakang gitar, apakah ada yang retak atau tergores.
Berikutnya, periksa leher (neck) gitar. Pastikan kondisinya lurus, tidak melengkung. Caranya, angkat pantat gitar hingga ke depan wajah Anda. Usahakan sisi depan gitar sejajar dengan mata Anda. Dari situ, luruskan pandangan Anda ke arah kepala gitar. Bila leher terlihat melengkung, cari gitar yang lain.

(3) SEPERTI APA KUALITAS SUARANYA PADA SAAT DI MAINNKAN?
Beres dengan leher, setem-lah gitar. Anda bisa minta bantuan staf toko untuk menyetemnya. Mainkan semua not pada tiap fret (bilah-bilah logam tipis di permukaan leher gitar), dan di semua semua senar. Pastikan semua menghasilkan nada yang tepat, tidak sumbang, atau samar-samar mengandung nada-nada lain. Semua not ini idealnya menghasilkan volume yang sama saat dipetik dengan kekuatan yang sama. Jangan sampai ada not-not yang lemah volumenya, sementara not di fret sebelahnya lebih kencang. Untuk pemeriksaan yang satu ini idealnya memang dilakukan teman yang mengerti gitar, atau setidaknya mengerti musik, terutama bila Anda benar-benar buta musik.perhatikan suara yang keluar dari sound system bagus atau tidak.

(4) NYAMANKAH JARI-JARI SAYA?
Kondisi gitar bagus, suaranya pun balance semua, nadanya tak ada yang sumbang, lalu apa lagi? Coba mainkan. Jika belum bisa, coba tekan sebuah fret dan bunyikan notnya. Lakukan pada fret-fret lainnya. Apakah Anda harus menekan dengan sangat keras agar bisa menghasilkan nada yang bersih? Ataukah cukup menekan ringan saja?
Semakin berat Anda harus menekan, semakin cepat pula jari-jari kita lelah saat bermain. Tentunya kita lebih suka gitar yang tidak harus ditekan kelewat keras. Selain lebih nyaman, jari-jari juga bisa bergerak lebih lincah. Kenyamanan jari kiri ditentukan oleh action. Tentang action, disarankan untuk memilih gitar yang action-nya tidak terlalu renggang. Sebab, semakin renggang, semakin besar pula tenaga yang diperlukan jari kiri untuk menekan senar. Kendati demikian, pemilihan tingkat action ini terkadang juga tergantung selera gitaris. Karena ada pula yang menyukai action agak tinggi untuk mendapatkan membal senar yang lebih responsif.

(5) Konsultasikan

lakukanlah konsultasi dengan ahli gitar atau juga pada jasa sewa alat musik ( sewa sound system / rental sound system ) seperti studio musik, studio recording, karena jasa - jasa tersebut tentunya telah mengenal suara jenis gitar apapun sehingga mereka tidak dapat di bohongin oleh harga. untuk tips selanjutanya silakan anda mengklik sound sistem.
http://jubingfantasy.multiply.com/journal/item/4
SelengkapnyaTips Memilih dan Membeli Alat Musik Gitar di Toko Musik

Tips Memilih Sound System

Diposting oleh malamjumat on


Tips perlu Anda perhatikan dalam memilih sound system:
1. Pilihlah besar daya yang sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk penggunaan pribadi seperti latihan dll, cukuplah memilih amplifier dengan daya 15-20 watts. Pada kebanyakan amplifier berdaya kecil seperti ini telah tersedia fasilitas jack Head Phone (misal: Amplifier Guitar Laser 20) yang sangat berguna terutama bagi kawula muda yang punya kebiasaan bermain musik hingga tengah malam. Dengan memanfaatkan saluran untuk Head Phone ini, maka dijamin seisi rumah yang lain ataupun tetangga tidak akan terganggu "atraksi" kita.
Untuk penggunaan acara pesta, Anda akan memerlukan daya yang lebih tinggi lagi yaitu sedikitnya 125 watts atau lebih, karena amplifier ini akan dapat sekaligus kita gunakan sebagai monitor dari instrument musik yang sedang kita mainkan. Acara pesta pernikahan memang membutuhkan sound system yang lebih besar.
2. Pilihlah amplifier yang berkualitas baik. Bila kita membutuhkan amplifier untuk keyboard, maka sangat disarankan untuk memilih amplifier yang tidak merubah warna suara asli yang dihasilkan oleh keyboard tsb (flat). Ada banyak amplifier yang menghasilkan suara yang berbeda dari suara aslinya, bila hal ini terjadi maka akan terjadi suara-suara yang lain yang akan mengurangi karakter asli dari bunyi yang sebenarnya dihasilkan keyboard dikarenakan terjadinya penambahan atau pengurangan terhadap frekuensi tertentu. Biasanya hal ini terjadi pada frekuensi yang sangat rendah (low bass) atau frekuensi yang sangat tinggi (high treble). Jadi kita harus jeli memilih sound system yang sesuai.

3. Model dan penampilan amplifier dapat menjadi pertimbangan terakhir. Model yang diinginkan akan bergantung pada selera masing-masing. Model sound system yang bagus menurut seseorang, belum tentu bagus juga menurut orang yang lainnya.
Pada kebanyakan musisi profesional model akan menjadi pilihan yang terakhir atau tidak terlalu dipentingkan. Mereka akan lebih mementingkan kualitas dan fasilitas dari amplifier.
4. Ada baiknya anda bertanya kepada jasa sewa sound system/rental sound, karena mereka merupakan orang yang berpengalaman, sehingga anda tidak akan kecewa. Jadi kita bukan hanya mencari sound system murah, tetapi kualitas harus tetap menjadi pilihan.
Semoga bermanfaat.

www.rch-sound.com
SelengkapnyaTips Memilih Sound System

Wayang Kulit dan Wayang Golek

Diposting oleh malamjumat on


Beberapa saat yang lalu, para pemerhati Wayang Kulit / Wayang Golek berkumpul dan berkatarsis bersama-sama. Cukup menarik memang karena kebanyakan dari mereka ( para pecinta kesenian indonesia ) mengeluh tentang eksistensi wayang kulit yang kalah dengan sinetron. Salah satu hal yang membuat wayang kulit tidak lagi menarik adalah pertunjukan ini sangat membosankan. Bagaimana tidak, semua pertunjukan wayang kulit nyaris sama persis, ada pakemnya. Sebagai gambaran, semua pertunjukan wayang kulit jawa ( Budaya Jawa ) terdiri tiga pathet (act)1, yang terdiri dari adegan:
1. Patih dan Punggawa rapat dengan Raja
2. Raja ke keputren, lalu disusul lawakan oleh Limbuk & Cangik
3. Patih dan Punggawa rapat bersama, kemudian seluruh rombongan dari kerajaan berangkat ke suatu tempat
4. Di tengah jalan rombongan kerajaan bertemu dengan musuh, mereka berkelahi, kemudian salah satu kalah
5. Adegan lawakan Gareng, Petruk, dan Bagong. Kemudian mereka menemani sang Satria ke hutan.
6. Di tengah hutan sang Satria bertemu raksasa Cakil dan Bragalba. Terjadi perkelahian sengit walaupun akhirnya sang satria menang (seprise!!).
7. Semua tokoh wayang ( Srikandi, Semar & Pandawa Lima ) muncul dan klimaks mulai terjadi
8. Tokoh antagonis perang dengan tokoh protagonis, dan akhirnya kalah dan mati. Terjadi resolusi.
9. Selesai!
Sebuah masalah muncul disini: pertunjukan wayang kulit dibuat baku sedemikian rupa, sehingga dalang nyaris tidak bisa berkreasi lebih dari itu. Paling mentok, dalang akan mengeksplorasi adegan perang dan adegan lawak, karena kedua adegan itu masih fleksibel.
Ketika sesuatu diulang-ulang terus menerus, akhirnya audience akan jenuh. Dan ketika mereka jenuh, otomatis mereka akan pindah ke hiburan lain. Mungkin kalau diterapkan pada budaya jawa tepatnya di jaman sunan-sunan, pakem wayang kulit tidak terlalu menjadi masalah karena frekuensi pagelaran wayang kulit masih jarang. Tapi ketika diterapkan di masa kini ketika sehari dapat diputar dua episode sekaligus, orang akan cepat bosan kalau plot cerita selalu mirip-mirip.
Ironisnya, kebanyakan para pemerhati wayang kulit (termasuk dalang), tidak suka ada inovasi pada pola pertunjukan wayang kulit. Ketika wayang kulit dipendekkan dari 9 jam menjadi 4 jam oleh Indosiar, mereka protes. Ketika urutan adegan di utak-atik mereka protes juga. Ketika Ki Sukasman membuat Wayang Ukur, mereka mencaci-maki. Wayang kulit sebagai sebuah telur dari kebudayaan tidak seharusnya dikekang dan dibakukan. Seperti kebudayaan daerah sendiri, seharusnya bisa berkembang dan menyesuaikan zaman.
Namun kita harus tetap mendukung kesenian jawa / kesenian tradisonal negara kita harus tetap di budidayakan seperti tetap mengadakan pagelaran seni wayang dengan menghadirkan para pembuatan wayang dalam even tersebut.
SelengkapnyaWayang Kulit dan Wayang Golek

Kiat Menyewa Mobil

Diposting oleh malamjumat on


Perjalanan luar kota yang cukup jauh, kita malas untuk menggunakan kendaraan sendiri. Menyewa mobil dapat menjadi alternatif pemecahannya. Jika Anda berencana untuk mencoba alternatif jasa rental mobil, berikut tips untuk membantu Anda: 



Sebelum menyewa mobil
Berapa lama Anda akan menggunakan jasa penyewaan ini? Itu merupakan pertanyaan pertama yang harus dipastikan ketika Anda akan melakukan sewa mobil. Jika Anda hanya akan mengunakan jasa ini kurang dari seminggu, akan lebih baik Anda menggunakan jasa perusahaan penyewaan mobil yang besar. Untuk penyewaan mobil lebih dari satu minggu, Anda akan mendapatkan harga yang lebih baik jika harus menggunakan penyewaan lokal, terutama pada para pedagang mobil. Namun Anda perlu waspada pada perusahaan penyewaan lokal jika Anda akan banyak bepergian, karena jika terjadi kerusakan atau kecelakaan, biasanya mereka kurang dalam dukungan servis, tidak seperti perusahaan penyewaan besar. 



Sumber Internet
Selalu bandingkan harga sewa mobil, bahkan lihatlah harga-harga di internet. Kadang perusahaan-perusahaan besar hanya memberikan diskon harga penyewaan yang hanya dicantumkan di internet, ambil keuntungan dari situ. Periksa pula pusat penyewaan mobil, begitu pula situs-situs penyewaan mobil individual. Jika Anda memsan secara online, baca dengan hati-hati segala aturan yang berlaku. Jika Anda memesan melalui telepon, pastikan untuk menanyakan kepada agen tersebut tentang aturan-aturan yang berlaku. Sebaiknya Anda telah melakukan seleksi dari beberapa perusahaan penyewaan sebelum akhirnya Anda memutuskan untuk melakukan pemesanan mobil. 

Ketika akan menyewa
Untuk perusahaan penyewaan yang besar, jangan lupa tanyakan tentang diskon yang mungkin ada di pamflet bulanan mereka atau kerjasama yang mereka jalin dengan program kartu kredit yang mungkin Anda miliki. Kadang tawaran-tawaran itu sangat bagus. Atau Anda bekerja pada perusahaan yang kerap menyewa mobil, biasanya mereka punya harga negosiasi, jangan lupa untuk memeriksa.
Pastikan Anda memahami kondisi pemesanan Anda. Apakah ada penalti yang harus dibayar jika tidak jadi, berapa lama mobil akan tetap bisa digunakan seandainya Anda terjebak dalam kemacetan ketika mengambilnya, apakah ada biaya tambahan untuk sopir dan apakah nama mereka harus dicantumkan dalam kontrak, apakah ada batasan umur bagi pengendara? Pertanyaan-pertanyaan itu penting untuk diajukan sebagai jaminan. Kalau perlu tanyakan juga tentang aturan-aturan untuk perjalanan antar kota. Untuk perlindungan Anda jika terjadi kecelakaan, pastikan alamat cabang perusahaan penyewaan tersebut di kota-kota yang akan Anda kunjungi. Untuk penyewaan sekali jalan, tanyakan tentang biaya drop off. Kadang ini bisa melebihi harga biasanya.
Harga dasar
Harga yang Anda lihat pada iklan sewa mobil kadang akan dikenai pajak negara atau daerah, biaya sewa tambahan di lapangan udara, biaya tambahan untuk supir, asuransi, tagihan bahan bakar atau biaya drop off yang pada akhirnya menyebabkan Anda harus membayar dua kali lipat dari yang Anda bayangkan.
Seperti perusahaan penerbangan, perusahaan penyewaan mobil yang besar juga mengadopsi "manajemen lapangan". Artinya komputer mereka akan dengan segera menyesuaikan harga sesuai harga berdasarkan perubahan pada jumlah kendaraan yang tersedia. Ini juga berarti harga yang Anda lihat hanya berlaku untuk waktu itu saja. Kecuali jika Anda melakukan pemesanan pada saat itu juga, harga mungkin tidak akan berubah. 

Saat pengambilan mobil
Untuk perjalanan pertama dari airport menuju hotel tempat Anda menginap lebih baik gunakan transportasi umum. Ini akan menghemat penyewaan mobil selama sehari. Lebih baik Anda mengambil mobil sewaan Anda langsung di tempat penyewaannya. Walaupun Anda melakukan perjalanan pada hari yang sama dengan waktu kedatangan Anda, paling tidak Anda tidak akan terkena biaya tambahan di airport.
Waspada pada pembayaran bahan bakar di muka. Selalu penuhi tangki bensin mobil sebelum Anda mengembalikan kendaraan karena perusahaan penyewaan mobil akan mengenakan biaya yang cukup tinggi hanya untuk beberapa liter bensin saja.
Sebelum meninggalkan tempat penyewaan, perhatikan dengan seksama kerusakan mobil yang Anda sewa. Pastikan lampu kendaraan dan lampu sen mobil bekerja dengan baik. cek juga alat pengukur jaraknya. Laporkan kerusakan-kerusakan yang Anda temukan secara personal kepada perusahaan penyewaan sebelum Anda meninggalkan tempat tersebut. 


Saat pengembalian
Waspadalah ketika Anda mengembalikan mobil lebih cepat dari perkiraan yang telah Anda sepakati. Harga sewa mobil bisa jadi lebih mahal, karena perhitungannya bisa berubah. Pastikan juga Anda ada saat pegawai mobil memeriksa badan mobil sewaan tersebut dan tercapai persetujuan antara Anda dengan petugas tersebut. Perhatikan kesepakatan yang Anda buat dengan penyewaan tempat tersebut sehingga Anda tidak akan dikenakan biaya tambahan lain.


www.rajaraja.com
SelengkapnyaKiat Menyewa Mobil

Tips Memilih Busana Pengantin

Diposting oleh malamjumat on

Pernikahan merupakan proses ritual yang sangat sakral dan privasi, oleh karena itu diperlukan persiapan yang matang untuk menyukseskannya. Salah satunya dalam memilih kebaya pengantin. Busana pernikahan baik untuk akad nikah atau resepsi perlu dipersiapkan jauh sebelum hari H agar pada pelaksanaan dapat tampil sesuai dengan yang diinginkan. Ada beberapa tips yang dapat diikuti dari beberapa sumber berkaitan dengan pemilihan busana pernikahan.
Sebelum menentukan pilihan busana pengantin sebaiknya
  • Konsultasikan dengan keluarga sebelum memilih busana yang tepat pada saat akad dan pesta pernikahan Anda (misalnya model kebaya, apakah itu mengenakan kebaya tradisional atau kebaya modern.
  • Pilih busana pengantin adat atau gaya yang sesuai.
  • Jika akan membeli pastikan model, warna dan ukuran sesuai dengan kedua pasangan.
  • Jika mau membuat sendiri, lakukan pemesanan busana jauh-jauh hari sebelum acara Anda berlangsung.
  • Pastikan fitting baju beberapa saat sebelum baju Anda gunakan untuk menghindari perubahan bentuk tubuh atau kesalahan pengukuran badan.
  • Jika dana terbatas, Anda bisa menyewa pakaian pernikahan ketimbang membeli yang baru karena pakaian pengantin adat biasanya hanya akan digunakan sekali dan tidak bisa digunakan sehari-hari.
  • Konsultasi dengan wedding organizer atau orang yang mempunyai kompetensi di bidang tersebut.
  • Pilih koleksi pakaian/baju pengantin yang memiliki warna yang membuat anda dan pasangan anda tampak berwibawa. Tentunya disesuaikan dengan rias pengantin Anda.
http://filza.wordpress.com
SelengkapnyaTips Memilih Busana Pengantin

Persiapan Lengkap Pesta Pernikahan

Diposting oleh malamjumat on


Memang pernikahan adalah perhelatan yang sangat menguras perhatian. Persiapan acara pernikahan pada umumnya persiapan pernikahan memerlukan waktu paling tidak sekitar 8-12 bulan jika segala sesuatunya dilakukan sendiri.

Jika anda tidak punya waktu selama itu, manfaatkanlah jasa wedding organizer atau wedding planner yang umumnya membutuhkan waktu sekitar 6-8 bulan. Sebetulnya apa saja sih, yang harus dilakukan dalam paket pernikahan?

1. Menentukan tanggal pernikahan
Walaupun pada dasarnya semua hari itu baik, tak ada salahnya mencantumkan tanggal dan bulan favorit sebagai tanggal pernikahan. Hal ini akan memudahkan anda untuk mengingat dan merayakannya.

2. Menentukan jumlah undangan dan anggaran
Sebelum menentukan anggaran pernikahan, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan jumlah undangan, karena menjadi tolak ukur paling tepat untuk menentukan anggaran dan besarnya ruangan untuk pesta.
Sesuai standar pernikahan Indonesia, sisihkan 40% dari total anggaran untuk keperluan catering. Sisanya sebanyak 60% dapat anda gunakan untuk 6 keperluan utama lainnya, yaitu gedung, acara dan MC, dokumentasi, dekorasi, bridal attire (baju pengantin dan rias pengantin) serta undangan dan suvenir.

3. Menentukan gedung
Saatnya menentukan lokasi dan gedung yang akan digunakan. Jika sudah terlanjur menentukan pada satu gedung yang bernuansa romantis tapi kapasitasnya tidak terlalu besar, bagilah undangan dalam 2 waktu yang berbeda. Misalnya jam 19.00-20.00 untuk orangtua dan 20.00-21.00 untuk teman-teman anda dan pasangan.

4. Menentukan gaya dan tema pesta
Demi keserasian pesta, anda harus menentukan tema, sehingga anda dan pasangan dapat menentukan busana pengantin atau gaun pengantin, jas, dan tata rias pengantin seperti yang akan dikenakan pada saat pesta berlangsung.
Padukan warna gaun dan dekorasi dengan warna yang sesuai dengan karakter anda berdua. Gaya dan pesta ini biasanya juga akan tampak pada menu makanan, suvenir dan undangan.

5. Lakukan perawatan diri
Bila 4 hal penting diatas sudah dilakukan, kini saatnya melakukan perawatan diri mulai dari lulur, mandi rempah, perawatan wajah, dan pusat kebugaran agar pada saat pernikahan nanti tampil prima. Perawatan diri ini sebaiknya dilakukan oleh kedua mempelai sehingga agar keduanya bisa tampil prima saat pesta pernikahan digelar.



http://www.gsn-soeki.com
SelengkapnyaPersiapan Lengkap Pesta Pernikahan

Souvenir Pernikahan dan Posisinya Dalam Perencanaan Pernikahan

Diposting oleh malamjumat on

Souvenir pernikahan adalah hadiah kecil yang diberikan kepada para tamu undangan pesta pernikahan sebagai gesture (simbol) atau buah tangan untuk menunjukan rasa terima kasih dari pasangan pengantin dan keluarganya.
Sebuah souvenir wedding tidak jauh berbeda dengan souvenir ulang tahun, bisa berupa kerajinan kayu atau item yang kita gunakan sehari-hari sampai pada kerajinan tangan yang tidak dapat ditemukan pada jasa pembuat souvenir pernikahan atau perusahaan kerajinan pada umumnya. Hal ini tergantung selera sang pasangan (dan keluarga) dalam memilihnya.
Tradisi memberikan souvenir perkawinan adalah tradisi yang sudah sejak lama dilakukan; bukan hanya di Indonesia tetapi di seluruh dunia. Terlepas dari ras, suku bangsa dan kebudayaan, souvenir pernikahan telah menjadi esensi dalam acara penting yang hanya sekali seumur hidup ini.
Walaupun souvenir pernikahan dapat dikategorikan sebagai bagian yang kecil, tetapi sama sekali tidak dapat dilupakan dalam paket pernikahan. Bahkan, souvenir pernikahan sudah wajib tedaftar dalam agenda perencanaan pernikahan setiap pasangan calon pengantin sebagai hadiah pernikahan.
http://www.miraclewed.com
SelengkapnyaSouvenir Pernikahan dan Posisinya Dalam Perencanaan Pernikahan

3 Ide Souvenir Pernikahan Unik

Diposting oleh malamjumat on


Trend jual souvenir pernikahan yang saat ini sedang berkembang adalah jenis souvenir pernikahan yang menciptakan sebuah pengalaman yang bertahan lama bahkan setelah acara pernikahan anda telah selesai. Wedding souvenir yang unik adalah lebih daripada sekedar souvenir. Souvenir pernikahan yang unik akan mengungkapkan keindahan hari pernikahan anda walaupun souvenir tersebut souvenir pernikahan murah.
Berikut ini adalah contoh souvenir pernikahan yang bisa menciptakan pengalaman seperti tertulis di atas.

Kalender Abadi

Souvenir Pernikahan - Kalender Abadi
Souvenir pernikahan yang satu ini akan membuat pernikahan anda diingat sepanjang masa. Souvenir ini hanya memiliki tanggal dan bulan saja. Oleh karena itu tahun tidaklah relevant dan secara otomatis membuatnya dapat dipakai sampai selama-lamanya. Kamu boleh berharap bahwa tamu-tamu pernikahan anda akan meletakan souvenir pernikahan yang satu ini ini di meja kerja mereka.

Kotak Perniasan Unik
Souvenir Pernikahan - Kotak Perhiasan
Khususnya kaum wanita pasti menyukai souvenir pernikahan jenis ini. Seperti apapun sifat seorang wanita setidaknya dia memiliki beberapa perhiasan berharga yang akan dia simpan dengan baik. Souvenir yang dia dapatkan dari pernikahan anda bisa menjadi tempat souvenir favorit penyimpanan perhiasannya.

Cute Cookie Jar
Souvenir Pernikahan - Toples
Souvenir anak berikut cocok untuk souvenir ultah atau souvenir ulang tahun. Souvenir pernikahan tidak selalu harus benda yang mahal. Souvenir pernikahan dapat berupa benda yang memang sering kita jumpai di rumah kita sendiri, dan akan lebih murah jika anda membelinya di grosir souvenir tempatnya para bisnis souvenir.
http://www.miraclewed.com/
Selengkapnya3 Ide Souvenir Pernikahan Unik