Cara / Tips Melakukan Perjalanan

Diposting oleh malamjumat on Dec 1, 2008


Langkah efektif untuk mencegah kecelakaan adalah persiapan yang baik untuk perjalanan yang akan dilakukan. Walaupun mungkin kita memanfaatkan jasa agen travel dengan beragam paket wisata hemat. Minimal kita mengetahui dasar-dasarnya. Pengetahuan tentang area, cuaca, daerah, kemampuan diri serta sedikit indera yang tajam dapat membantu untuk memastikan keamanan serta kenyamanan dalam perjalanan.

Ini adalah beberapa tips untuk perjalanan :

  • Bersama dengan orang lain. Kita tentunya tidak ingin sendirian pada saat terjadi kondisi emergency. Tinggalkan copy dari itinerary kepada orang yang dianggap bisa dipercaya, seperti detail kendaraan, peralatan yang dibawa, cuaca yang telah kmu antisipasi dan kapan kmu akan kembali. Kalau ingin berangkat ke daerah yang sepi, diusahakan minimal 4 orang, karena dengan cara begini, apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti seseorang terluka, satu orang bias tinggal dengan korban dan yang dua orang bisa mencari bantuan. Jika ingin ke tempat yang tidak dikenal, lebih baik mengajak seseorang yang tahu daerah tersebut atau minimal mencari tau informasi tentang daerah tersebut.
  • Usahakan senyaman mungkin dalam kondisi fisik. Carilah pijakan yang paling nyaman pada saat kamu berjalan. Jika berjalan dengan tim, maka perjalanan dibuat berdasarkan orang terlemah dari tim tersebut. Pastikan belajar tentang pengetahuan dasar dari jenis perjalanan yang akan dilakukan.
  • Berpikir tentang pijakan kita apabila berjalan di dekat jurang. Pohon dan semak-semak tidak bisa dianggap akan selalu bisa menopang berat badan.
  • Gunakan pakaian yang sesuai dengan jenis perjalanan dan kondisi daerah yang akan dituju.
  • Check peralatan sebelum berangkat, pastikan semuanya berfungsi dengan baik.
  • Bijaklah dengan cuaca sekitar. Selalu perhatikan cuaca disekitar. Hindari daerah perbukitan yang tinggi, tanah yang kosong, pohon yang berdiri sendiri, sungai, dan bebatuan selama terjadi badai. Bangunlah tenda atau shelter pada tanah yang banyak pohonnya agar bisa melindungi kmu dari angin dan badai.
  • Belajarlah P3K sehingga bisa mengidentifikasi dan mengobati luka. Bawalah selalu kotak P3K. Belajarlah tentang gejala kelelahan di ketinggian, stroke di ketinggian, hypothermia dan dehidrasi supaya bisa mencegah hal tersebut.
  • Buatlah tenda atau shelter sebelum gelap. Berjalan pada saat gelap beresiko lebih tinggi dibanding berjalan pada siang hari. Apabila terpaksa harus berjalan malam, maka usahakan berjalan bersama rekan yang lain dan gunakanlah senter atau penerangan yang lain.
  • Hati-hati terhadap jalur yang licin dan jangan terburu-buru untuk menghindari agar tidak terpeleset.
  • Berpikir sebelum minum. Air yang bersih belum tentu sehat, maka hati-hati pada saat minum karena itu bisa menyebabkan sakit perut.

Jika melakukan jenis perjalanan wisata yaitu memanfaatkan jasa agen travel dan menginginkan paket wisata hemat, salah satu referensi bagi Anda adalah Gamatra Tour Travel Agent.

nief.multiply.com

Temukan Paket Wisata Hemat, Agen Travel, Gamatra Tour Travel Agent hanya di Paket Wisata Hemat / Agen Travel : Gamatra Tour Travel Agent 88db.com

{ 1 komentar ... read them below or add one }

. said...

ow good informations thanks