Tips Mengatur Keuangan

Diposting oleh malamjumat on Oct 10, 2008


Hampir semua orang khususnya ibu rumah tangga merasa kesulitan mengatur keuangan. Kalo di perusahaan mereka menggunaka jasa akuntan apakah itu akuntan publik, akuntan keuangan, dsb untuk melakukan manajemen keuangan yang baik. Apalagi jika sumbernya hanya pas untuk kebutuhan rutin bulanan. Dalam keluarga ibu rumah tangga bisa memanfaatkan jasa konsultasi apakah melalui tv atau secara personal (tetangga, dsb). Ada enam hal penting yang perlu diperhatikan untuk mengatur keuangan Anda agar bisa meningkatkan kualitas hidup:

1. Lakukan perencanaan keuangan.
Kita biasakan melakukan pekerjaan seperti seorang akuntan (akuntan publik, akuntan keuangan, dsb). Buat pos-pos penting dalam amplop yang diberi nama seperti belanja harian, belanja bulanan, kontrak rumah, transpor, uang sekolah, serta keperluan rumah yang mencakup listrik, telepon dan air PAM. Tak perlu melakukan penghematan secara drastis. Yang penting Anda harus disiplin dan mematuhi anggaran yang telah dibuat. Seperi halnya berdiet, jika sedikit saja melanggar kesepakatan maka pengeluaran akan tetap ‘gendut’.

2. Mulailah menabung di awal gajian.
Anggaplah menabung sebagai bagian dari setoran rutin yang harus dilakukan. Jika belum sanggup, jangan terlalu memaksakan diri menabung dalam jumlah yang besar, cukup 10 persen dari gaji.
3. Biasakan juga memasukkan uang sisa belanja harian ke dalam celengan tanah liat yang tidak bisa dibuka sesuka hati. Jika celengan sudah terasa berat, pindahkan uang tersebut ke dalam rekening banka tanpa kartu ATM sehingga tidak bisa diambil sesuka hati Anda.

4. Saat tabungan sudah mencapai jumlah tertentu, tak ada salahnya jika Anda menginvestasikan dalam bentuk saham, unit link atau managed fund.

5. Simpan kartu kredit di bagian yang paling tersembunyi di dompet. Walaupun keberadan kartu ini sering menggoda kebiasaan Anda berbelanja, kartu ini tetap berguna di saat-saat darurat seperti ketika harus ke rumah sakit di saat malam buta sementara tidak ada mesin ATM di sekitarnya.

6. Mulailah berpikir untuk menyiapkan dana pensiun yang akan berguna di kemudian hari.

Jika dirasa perlu, ada perencana keuangan (untuk manajemen keuangan) di beberapa bank atau lembaga keuangan (jasa konsultasi, dsb) lainnya yang bisa membantu Anda.

http://kumpulantipspilihan.blogspot.com

Temukan Akuntan, Jasa Konsultasi, Akuntan Publik, Akuntan Keuangan, Manajemen Keuangan, hanya di Akuntan / Jasa Konsultasi : Akuntan Publik | Keuangan & Manajemen Keuangan hanya di 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }