Memilih Ruko

Diposting oleh malamjumat on Oct 21, 2008


Pilih ruko di dalam perumahan (apartemen, tempat tinggal, dsb) yang sudah banyak dihuni karena kemungkinan besar akan ramai dan mudah disewakan. Kalau bisa posisinya di blok yang banyak dilalui pengunjung. Memang, harganya lebih mahal namun lebih hidup dan lebih mudah memperkirakan dagangan yang layak dibuka, sehingga bisa menjadi tempat belanja bagi orang lain.

Kalau ruko di luar perumahan (apartemen, hotel, dsb), lihat potensi pengunjung dari daerah sekitarnya, dan apakah mudah diakses dari banyak penjuru dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum? Pada areal ruko yang jumlah unitnya sedikit cermati juga soal legalitas, keamanan, kebersihan, dan parkirnya. Para pemilik ruko harus sudah menyepakati penanganan ketiga hal terakhir.

Keamanan tidak hanya mencakup soal kriminal tapi juga kebakaran, gempa dan lain-lain. Bila salah satu pemilik tidak peduli, yang lain akan dirugikan. Cermati harga ruko (atau yang dijadikan tempat tinggal) yang dibeli, rasional atau tidak. Untuk itu bandingkan harga ruko sekelas dalam satu kawasan. Misalnya, ruko Bekasi dengan yang lain di sekitar ruko Bekasi tersebut.

Cara lain, lihat tarif sewanya. Yang normal sewa ruko sekitar 8 persen dari harga jual. Jadi, kalau harganya Rp1 miliar, sewanya Rp80 juta per tahun. Bila dagangan yang dibuka masih bisa menutup biaya sewa itu, berarti harga ruko masih rasional. Kecuali kalau Anda sekaligus akan menghuninya, kalkulasi itu boleh diabaikan. Tak ada salahnya menghubungi broker profesional untuk mengetahui pasaran harga ruko setempat.

http://www.estate.co.id

Temukan Tempat Tinggal, Tempat Belanja, Apartemen, Hotel, Ruko, Tempat Hiburan Bekasi, hanya di Tempat Tinggal & Belanja : Apartemen | Hotel | Ruko & Tempat Hiburan Bekasi hanya di 88db.com

{ 1 komentar ... read them below or add one }

ruko dijual di malang said...

tips nya lumayan bagus pak!
silahkan mampir ke website saya http://rukodijualdimalang.blogspot.com