Kegiatan Menyelam

Diposting oleh Tukang Tambal Ban on Oct 29, 2008



Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Selam UGM merupakan satu unit kegiatan unik (olahraga air) yang dipunyai UGM. Dari namanya bisa diketahui, dengan mengikuti unit ini, kita akan belajar menyelam (scuba diving). Unit Selam UGM dicetuskan pertama kali oleh Kusnadi, seorang dosen UGM, pada tahun 1984. Diklat pertama pun diadakan pada tahun 1991. Saat ini unit selam yang saat ini diketuai oleh Risca Ruti Wardani ini memiliki anggota sebanyak 25 orang.

Banyak hal yang bisa didapatkan dengan menjadi anggota Unit Selam ini. Selain teknik menyelam, para anggotanya juga akan belajar tentang ilmu lingkungan dunia bawah air. Jadi, tak cuma bisa belajar menyelam saja, tapi juga tahu bagaimana menjaga dan melestarikan dunia bawah air (olahraga air).

Sebelum terjun ke laut dan menyelam, anggota diberikan meteri-materi tentang dunia penyelaman (scuba diving). Untuk materinya sendiri dibagi 2, yaitu materi kelas kursus menyelam dan materi alat. Materi kelas kursus menyelam sendiri meliputi materi fisika penyelaman, kesehatan, prosedur penyelaman dan tabel penyelaman. Sedangkan materi alat menjelaskan mengenai cara-cara penggunaan dan perawatan alat (teknik menyelam). Untuk pemateri sendiri unit selam UGM tidak jarang mendatangkan pemateri yang berkompeten di bidang selam. Sebagai kelengkapan UKM, Unit Selam UGM juga telah memiliki memiliki peralatan dasar menyelam yang lumayan lengkap. Peralatan yang dimiliki antara lain, masker, snorkle, tabung oksigen, regulator, BCD (alat pengatur daya apung), weightbelt (sabuk pemberat), dan sebagainya.

Latihan rutin anggota Unit Selam memang tidak dilakukan langsung di laut. Namun mereka praktek di kolam renang terlebih dahulu. "Pada acara pelantikan, kita akan melakukan penyelaman laut," kata Risca yang berstatus mahasiswi Hubungan Interasional UGM angkatan 2003. "Untuk penyelaman laut kita biasa menyelam di daerah Karimunjawa," tambahnya.

Selain kegiatan berlatih menyelam (belajar diving), Unit Selam UGM juga telah melakukan berbagai kegiatan lingkungan. Dibawah bimbingan Jaringan Kerja Reef Check Indonesia (JKRI), UKM ini kerap melakukan kegiatan reef check. Kegiatannya antara lain meneliti, merawat, dan melestarikan karang laut. Beberapa anggotanya yang telah dilatih untuk bergabung dengan team SAR pun kerap diterjunkan untuk membantu pelaksanaan acara-acara yang berkaitan dengan laut tidak hanya belajar diving


Temukan informasi mengenai Olahraga Air, Kursus Menyelam, Belajar Diving, Belajar Menyelam, Teknik Menyelam, Scuba Diving dan Olahraga Air / Kursus Menyelam: Belajar Diving | Menyelam & Teknik Menyelam - Scuba Diving di 88db.com

http://www.trulyjogja.com/index.php?action=news.detail&cat_id=8&news_id=395



{ 0 komentar... read them below or add one }