Teknik Perangkaian Aksesori : Bead Stringing

Diposting oleh sabuk item on Sep 5, 2008


String adalah kata dalam bahasa Inggris yang menurut kamus Webster dapat diartikan sebagai
1. Kata benda: tali yang ringan, alat musik dengan tali / senar, senar atau kawat yang menimbulkan suara ketika digetarkan, atau kata tersebut dapat pula diartikan untuk menggambarkan suatu urutan benda yang berkaitan satu sama lain, atau deretan kata2 diucapkan ataupun tertulis, dapat pula digunakan untuk menggambarkan serangkaian objek yang dirangkai dengan menggunakan 1 tali tunggal, atau singkatnya digunakan untuk menggambarkan kalung dengan deretan objek pada seuntai tali.

2. Sebagai Kata kerja, kamus Webster mendefinisikan kata string sebagai tindakan membuat rangkaian dengan memasukkan tali kedalam lobang benda yang dirangkai ( merangkai mutiara : memasukan tali perangkai ke lobang pada mutiara). Selain itu kata string juga sering digunakan pada proses penyusunan ide, dan beberapa penggunakaan lain sebagai kata kerja.

Bila melihat pada kedua definisi tersebut, maka dapat diartikan proses dan teknik pembuatan manik-manik dengan stringing adalah teknik menyusun manik-manik dengan menggunakan tali tunggal, dimana tindakan dilakukan adalah memasukkan bahan perangkai ke dalam lubang objek ataupun manik-manik dengan susunan yang telah disiapkan.

Asesori dengan teknik stringing ini merupakan teknik yang paling dasar dan sederhana. Bahan yang dipergunakan dapat beragam mulai dari tali nylon, kawat, tali kulit, pita, kawat baja lapis nylon, nylon elastik, tali sutra dan lain-lain. Hasil akhir yang didapat bisa beragam tergantung bahan perangkainya dan jenis bahan yang dirangkainya.

Akesori paling sederhana yang dapat anda buat dalam waktu kurang dari 5 menit adalah membuat kalung dengan hanya 1 manik-manik sebagai fokus. Pada jenis ini bahan yang biasa digunakan adalah tali yang memilki ketebalan serupa tali kulit ataupun tali satin, dan penyelesaian ujung rangkaian bisa dengan ikatan aaupun dengan menggunakan komponen pengaman ujung rangkaian dan penutup kalung.

Setelah aksesori dengan manik-manik tunggal,adalah aksesori dengan rangkaian manik-manik penuh menutupi bahan perangkai. Pada penyusunan jenis ini, dapat menggunakan pola susun manik-manik terstruktur ataupun pola acak, dimana tidak ada aturan penyusunan. Yang paling utama selain pemilihan warna dan jenis keserasian manik-maniknya sendiri adalah pemilihan bahan perangkai yang disesuaikan dengan jenis manik-maniknya. Setiap jenis bahan perangkai memilki daya tahan dan karakteristik yang berbeda, sehingga ada kemungkinan bahwa bahan perangkai tertentu akan mengalami perpanjangan (melendut) bila diberi beban manik-manik melebihi kapasitasnya. Penggunaan manik-manik dengan permukaan lobang tajam juga merupakan salah satu penyebab dari terkikisnya bahan perangkai yang mengakibatkan putusanya rangkain aksesori anda.

Sedikit pengetahuan akan simpul dasar (simpul overhand dan simpul square) dapat menunjang dan memperluas ide kreativitas jual mutiara anda. Pada umumnya manik mutiara dibuat dengan menggunakan bahan perangkai tali sutra. Pada teknik perangkaian mutiara, ´dapat diberikan ikatan antara pada rangkaian dapat juga tidak. Kelebihan pemberian ikatan antara pada rangkaian mutiara adalah memberikan jarak antara mutiara sehingga tidak terjadi pergesekan yang dapat mengakibatkan rusaknya lapisan nacre batu mutiara, selain juga mencegah hilangnya mutiara bila suatu saat terjadi rangkaian putus.
Perlu diingat, untuk menjaga agar rangkaian kalung mutiara indonesia anda tetap awet dan terawat, penyusunan kembali rangkaian perlu dilakukan dalam selang waktu 2 tahun.

Membuat aksesori murah dengan bahan dasar elastik merupakan bentuk lain dari stringing ini. Tidak ada teknik khusus pada pembuatan gelang dengan bahan elastik, selain penguasaan ikatan akhir.

Namun sekalipun teknik ini merupakan teknik yang paling dasar dan sederhana, tidak berarti anda tidak dapat menghasilkan asesori yang menarik dan berkesan untuk toko aksesoris anda.
Berbagai aksesori cantik dapat anda buat hanya dengan teknik stringing ini. Pemilihan material, warna dan tekstur material akan sangat berperan dalam pembuatan aksesori jenis single strand. Namun, bila anda menggemari model kalung mutiara ramai dan berlapis-lapis, membuat multi strand necklace dengan 1 jenis manik-manik ataupun campuran jenis manik-manik juga akan menghasilkan aksesori yang menarik dan berkesan 'wah'. Selain itu, cobalah bereksperimen dengan sisa manik-manik anda untuk menghasilkan aksesori leher panjang yang dapat anda kenakan berlapis-lapis sebagai choker ataupun kalung panjang.



http://www.hobikriya.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }